Pemilik gelar akademik terbanyak di Indonesia (Dok: editorial.femaledaily.com)

Daftar 5 Orang dengan Gelar Akademik Terbanyak di Indonesia

Dimas | Pendidikan | 28-06-2022

PARBOABOA – Memiliki gelar akademik merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, banyak yang berlomba lomba untuk mendapatkannya namun tak semua yang berhasil.

Apalagi dalam mendapatkan gelar akademik, kamu perlu mengorbankan banyak hal seperti tenaga, waktu hingga biaya untuk pendidikan.

Meski begitu, ternyata di Indonesia ada beberapa orang yang diketahui mampu meraih lebih dari sepuluh gelar sekaligus. Bahkan, salah satunya mendapat penghargaan MURI sebagai pemilik gelar akademik terbanyak di Indonesia.

Siapa sajakah mereka? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

5 Orang dengan Gelar Akademik Terbanyak di Indonesia

1. Achmad Tarmizi

Achmad Tarmizi adalah seorang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Achmad diketahui memiliki 11 gelar akademik dan 72 gelar non-akademik.

Atas raihannya tersebut, Achmad dinobatkan sebagai orang dengan gelar terbanyak di Indonesia, Bahkan namanya juga tercatat dalam MURI sebagai Sekda dengan gelar terbanyak.

Adapun gelar lengkap yang diperolehnya adalah Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC), CH, CHt, CHA, NNLP Pract, M.NNLP, CT.NNLP, CPHCM, HCBP, HCMP, CNHRP, CNPSP, CT.NPS, CHMP, CT.HM, CHLP, CT.HL, CHSP, CT.HS, CNSPP, CT.NSP, CNBLP, CT.NBL, CNSHP, CT.NSH, CNSCP, CT.NSC, CHPP, CT.HP, CNTP, CNICP, CT.NIC, CRBC, AWP, QWP, CTOT, CHRMP, C.SH, IPU, C. STMNI. Int'l, CPS, CPSP, CLA, C.PW, CSHWP, C.IB, CTAP, RFP, CPR, C.MARCOM, C.HRD, C.NLMOR, C.FH., CMFH, C.MMI., CT.MMI, CT-ALC, C.MGR, CSS.ALC, C.Pst, C.Ext, C.Hs, C.IT, C.AT, C.ME, C.Spk, C.CC, C.LA-ALC, C.LSc, CRBD, CT.NHT, CT.NHR, ASEAN Eng.

2. Welin Kusuma

Welin Kusuma adalah orang yang menjadikan kuliah sebagai sebuah hobi. Di usianya yang menginjak 41 tahun, Ia berhasil memperoleh 37 gelar dari berbagai universitas.

Ia menempuh beberapa jenjang pendidikan tersebut dengan menggunakan biaya sendiri dan beberapa di antaranya juga dibiayai oleh beasiswa. Gelar lengkap yang diperolehnya adalah, ST, SE, S.Sos., SH., S.Kom., SS., S.AP, S.Stat., S.Akt, S.IKom., S.IP, M.T., M.SM., M.Kn., RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV, CERA, CSA, ACPA.

3. Mochamad Achsin

Mochamad Achsin adalah seorang dosen Universitas Brawijaya dengan gelar terbanyak. Saat ini ia memiliki 14 gelar akademik yang tentu saja diraihnya dengan perjuangan yang berat.

Seluruh gelar tersebut berhasil diperoleh melalui tiga universitas, yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Achsin diketahui berhasil memperoleh delapan gelar akademik dan tiga gelar profesi. Ia merupakan seorang dosen ekonomi di Universitas Brawijaya Malang. Saat ini, Achsin masih aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Adapun nama beserta gelar lengkap yang diperolehnya adalah Dr. Dr. Mochammad Achsin SE, SH, MM, M.Kn, M. Ec. Dev, M.Si, Ak, CA, CPA.

4. Yenita

Yenita merupakan dosen Universitas Tarumanegara yang memiliki total 13 gelar. Gelar yang diperolehnya terdiri dari 1 gelar sarjana, 10 gelar master, dan 2 gelar doctor.

Dari gelar yang diperolehnya, Yenita memperoleh rekor sebagai perempuan dengan Gelar Master terbanyak pada 2019 lalu.

Prestasi akademik dari seluruh gelar tersebut pun sangat membanggakan, karena tiga gelar di antaranya lulus dengan IPK 4 atau sempurna. Selain itu, sembilan gelar juga diperoleh dengan predikat Cum Laude, dan dirinya juga sudah enam kali menjadi lulusan terbaik.

Adapun secara lengkap nama Yenita dengan gelarnya adalah Dr. Dr. Yenita, S.E., M.M., M.B.A., M.Si., M.T., M.H., M.Pd., M.Ak., M.E., M.I.Kom., M.M.S.I.

5. Franz Astani

Nama terakhir yang termasuk deretan orang dengan gelar akademik terbanyak di Indonesia adalah Franz Astani. Ia memiliki 11 gelar akademik dari berbagai disiplin ilmu.

Dari gelar akademik yang dimiliki ini, ia juga pernah meraih rekor MURI pada 2005 lalu untuk kategori gelar terpanjang di Indonesia.

Kini Franz Astani berprofesi sebagai Notaris dan PPAT dengan gelar terbanyak. Sebelumnya, Ia juga sempat mencalonkan diri sebagai Rektor dari Universitas Indonesia pada tahun 2012 dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasila. Gelar lengkap yang diperolehnya adalah Dr. Dr. Ir Franz Astani, SH, SpN, M.Kn, SE, MBA, MM, M.Si, CPM.

Nah, itulah seputar informasi mengenai 5 orang dengan gelar akademik terbanyak di Indonesia. Bagaimana? Tertarik mengikuti jejak mereka?

Tag : #mahasiswa    #gelar akademik    #pendidikan    #muri   

Baca Juga