Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

5 PTN Favorit yang paling diminati di SBMPTN 2021

Ester | Pendidikan | 12-02-2022

PARBOABOA, Siantar – Sampai saat ini Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi target utama dari banyak pelajar untuk melanjutkan pendidikannya.

Banyaknya pilihan PTN di Indonesia membuat banyak calon mahasiswa bingung untuk melanjutnya belajar di universitas yang mana. Untuk mengurangi rasa kekhawatiran akan banyaknya pilihan universitas di Indonesia, kami akan memberikan daftar universitas yang paling banyak diminati SBMPTN 2021.

Daftar rekomendasi ini dapat menjadi referensi untuk kalian jika sedang menggali informasi mengenai universitas dengan peluang lolos terbanyak atau universitas dengan peluang paling sedikit.

Apalagi jika kalian adalah calon mahasiswa tahun 2022, maka daftar PTN dibawah ini dapat menjadi informasi yang sangat penting untuk kalian agar dapat mengukur peluang kalian lolos ke PTN yang kalian inginkan.

Penasaran dengan daftar PTN paling diminati pada SBMPT 2021? Berikut kami berikan ulasannya.

5 PTN Yang Paling Diminati di SBMPTN 2021

1. Universitas Gadjah Mada

UGM menempati urutan pertama sebagai PTN yang paling banyak diminati di SBMPTN 2021. Sebanyak 62.507 peserta mendaftar pada kampus yang berada di Yogyakarta ini.

Untuk prgram studi Saintek, UGM memiliki fakultas Kedokteran yang menjadi favorit banyak orang dengan total pendaftar 3.565 siswa. Untuk Soshum sendiri, UGM memiliki fakultas Psikologi yang menjadi favorit banyak orang dengan total pendaftar di 2021 adalah 3.655.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, UGM juga membuka jalur test mandiri yaitu UM UGM.

2. Universitas Brawijaya

Beralih ke universitas yang ada di daerah Malang, UB menempati urutan kedua sebagai PTN yang paling diminati di SBMPTN 2021. UB memiliki peminat sebanyak 61.743 peserta pada tahun 2021. Jurusan kedokteran masih tetap menjadi favorit banyak orang di UB dengan pendaftar sebanyak 2.847.

Untuk Soshum sendiri, banyak orang yang lebih menyukai fakultas hukum yang ada di UB dengan jumlah pendaftar 2.992 peserta. Sama halnya dengan UGM, UB juga menyediakan jalur lain untuk masuk ke dalam PTN Top yang satu ini seperti Selma UB.

3. Universitas Padjajaran

Di urutan ketiga ada UNPAD dengan total pendaftar pada 2021 adalah 56.446 peserta. UNPAD memiliki 2 kampus utama yang letaknya berada di Jatinangor dan Kota Bandung.

Prodi Saintek yang menjadi favorit banyak peserta di UNPAD adalah Psikologi dengan total pendaftar 3.189. Ya, jurusan Psikologi di UNPAD masuk kedalam kelompok Saintek.

Untuk prodi Soshum, UNPAD memiliki fakultas Hukum yang menjadi fakultas yang diminati di 2021 dengan total pendaftar 3.408 peserta.

4. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak mengetahui Universitas Indonesia? Salah satu Top PTN yang identik dengan almamater kuning atau jakun ini kerap menjadi perbincangan hangat. UI meraih posisi keempat sebagai PTN yang paling diminati di SBMPTN 2022 dengan total pendaftar 54.897 peserta.

Lagi dan lagi jurusan kedokteran menjadi favorti pada kelompok Saintek dengan total pendaftar 2.747. Untuk Soshum sendiri, UI memiliki Ilmu Komunikasi yang menjadi incaran banyak orang dengan total pendaftar 1.977.

5. Universitas Sebelas Maret

UNS berada pada posisi kelima sebagai PTN yang paling diminati di SBMPTN 2021. Universitas yang berada di Solo, Jawa tengah ini memiliki jumlah pendaftar 51.947 peserta.

Jurusan di kelompok Saintek yang menjadi favorit banyak orang di UNS adalaj Farmasi. Sedangkan untuk Soshum, UNS memiliki jursan Komunikasi dengan total pendaftar 1.871.

Demikian 5 PTN yang paling diminati di UTBK tahun 2021 yang wajib kalian ketahui sebagai calon mahasiswa. PTN mana yang menjadi pilihan kamu nih?

Tag : #pendidikan    #universitas    #sbmptn 2021    #univeritas paling diminati   

Baca Juga