Pulau Salamona (lagiSERU.com)

5 Pulau Terkecil di Indonesia dengan Keindahan Panoramanya

Wulan | Travel | 07-04-2022

PARBOABOA, Siantar – Kamu pasti sudah tahu kalau Indonesia terdiri dari banyak pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai keindahan alam yang bahkan kerap kali memukau mata dunia. Tak terkecuali, pulau-pulau kecil.

Nah, buat kamu yang bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja, menghabiskan liburan di pulau adalah hal yang menarik dicoba.

Indahnya pantai berpadu dengan perairan biru menjadi pemandangan yang seakan mampu menghilangkan penatmu. Namun, tak hanya pulau besar, Indonesia juga punya deretan pulau kecil yang indah.

Untuk itu, kami telah merangkum lima pulau terkecil di Indonesia yang akan membuat kamu merasa terpesona dengan keindahannya. Di mana saja?
1. Pulau Samalona

Samalona adalah pulau mungil yang berada di dekat Pantai Losari, pulau ini dikatakan kecil karena memiliki luas hanya 2 hektare saja. Meski mungil, Pulau Samalona menyimpan keindahan bawah laut yang menakjubkan dan siap memanjakan siapa saja yang berkunjung ke sana.

Tak heran jika setiap hari selalu ada wisatawan, baik lokal hingga mancanegara yang menyempatkan diri untuk datang ke pulau ini. Pulau Samalona begitu elegan dengan pemandangan yang akan membuat siapa saja merasa terkagum-kagum. Laut biru yang jernih, ditambah indahnya hamparan pasir putih, dan ombak yang tenang, dijamin membuatmu betah di sana.

Berbagai aktivitas menarik juga ditawarkan di pulau ini. Misalnya saja mengeksplorasi pulau hingga snorkeling, sambil menikmati keindahan terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang cantik.

2. Pulau Pahawang

Bagi pecinta traveling, siapa tidak kenal Pulau Pahawang? Terletak di Lampung, pulau dengan luas kurang lebih 1000 hektar ini memiliki hamparan air laut serta pasir putih yang sangat indah. Pulau ini juga memiliki panorama bawah laut dengan aneka warna dan beragam biota laut. Itu sebab Pulau Pahawang disebut sebagai primadona Lampung.

Ada dua pulau di sana, yaitu Pahawang besar dan kecil. Kamu bisa mencapai pulau ini melalui Pelabuhan Ketapang dengan memakan waktu kurang lebih 45-60 menit.

3. Pulau Macan

Nah, kalau kamu warga Jakarta, kamu pasti tahu Kepulauan Seribu. Di sana ada pulau kecil yang juga sangat indah. Namanya Pulau Macan

Pulau ini sudah dirancang sedemikian rupa dengan konsep eco resorts village. Luasnya hanya 0,8 hektar. Setiap hamparan pantai berpasir putih dan perairan jernih di sana dapat kamu nikmati tanpa perlu membuang banyak waktu dan tenaga. Kamu cuma perlu tiga menit untuk mengelilingi pulau ini.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya seperti berenang, snorkeling, diving, sampai banana boat dan berkayak.

4. Pulau Kecil

Bagi Teman Traveler yang suka snorkeling, diving dan lain sebagainya, sangat cocok untuk mampir ke Pulau Kecil. Berlokasi di Kepulauan Karimunjawa, tempat ini memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Ada banyak biota laut yang dimilikinya, seperti Kepe-kepe, Ikan Badut, Anemone, terumbu karang dan masih banyak lagi.

Keunikan lain di pulau ini juga terdapat sebuah pondok kayu. Di sekitar pondok kayu terdapat pohon cemara dan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Sehingga ketika terlihat dari bibir pantai, pemandangan tersebut tampak indah dilihat.

5. Pulau Biawak

Namun, karena pulau ini menjadi habitat satwa biawak yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan, masyarakat lebih sering menyebutnya dengan sebutan Pulau Biawak.

Sebagai wisata bahari, tentu kegiatan di sana tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata bahari lainnya seperti snorkeling, main air dan pasir di tepi pantai, atau menikmati sunrise dan sunset. Bedanya, di sana kamu bisa menikmati kegiatan-kegiatan tersebut sambil melihat banyak biawak.

Kamu bisa berfoto-foto dengan biawak-biawak itu sambil berkegiatan. Kalau kamu suka trekking, kamu pun bisa menjelajahi hutan mangrove yang ada di sana.

Tag : #pulau terkecil    #indonesia    #hiburan    #pulau salamona    #pulau pahawang    #pulau macan    #pulau kecil    #pulau biawak   

Baca Juga