Ilustrasi bimbel online

5 Rekomendasi Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Sondang | Pendidikan | 10-02-2022

PARBOABOA, Siantar – Di masa pandemi Covid 19, pendidikan di seluruh dunia termasuk di Indonesia menjadi terhambat. Hal ini membuat para siswa terpaksa belajar dari rumah padahal belum tentu pelajaran tersebut bisa dimengerti.

Ujung-unjungnya, orang tua harus turun tangan untuk mengajari anaknya. Namun, cara tersebut pun tidak begitu efektif. Banyak orangtua yang tidak berprofesi sebagai guru sehingga akan kesulitan untuk mengajar anaknya.

Misalnya, ada orang tua yang sering marah karena mendapatkan anaknya yang sulit diatur sehingga mereka tidak tahan dan menginginkan anak mereka belajar kembali di sekolah.

Untuk menyelesaikan masalah itu, tidak ada salahnya mencoba mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) Online lewat aplikasi. Saat ini, ada banyak pilihan aplikasi belajar online yang bisa dipilih untuk membantu belajarmu.

Siswa hanya perlu meriset setiap aplikasi belajar online dengan melihat kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Tenang saja, Parboaboa telah merangkum 5 rekomendasi aplikasi bimbel online terbaik di indonesia.

1. Zenius

Di urutan pertama ada aplikasi Zenius yang telah berdiri sejak 2007 lalu dengan menyediakan banyak materi untuk siswa SD sampai SMA. Platform ini menawarkan dua jenis layanan, yakni gratis (free) dan berbayar (premium).

Aplikasi belajar online yang didirikan oleh Sabda PS ini menyajikan materi dalam bentuk video berbahasa Indonesia dan e-book yang berisi kumpulan soal ujian nasional serta lainnya.

Fitur-Fitur dari Zenius

Aplikasi ini pun menyediakan fitur-fitur terkini yang didesain khusus dalam 3 jenis, yakni Zenius Aktiva, Zenius Optima dan Zenius Ultima. Ketiga jenis fitur ini berpengaruh pada nominal pembayarannya karena menyajikan layanan yang berbeda-beda.

Keunggulan

- Harga standart dan bisa mengakses hingga lebih dari 80.000 video pembelajaran secara gratis.

- Hemat kuota karena format video pembelajarannya berukuran sekitar 20 MB.

- Tersedia dalam berbagai pembahasan untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD sampai SMA.

Kekurangan

- Video pembelajaran tidak dapat diunduh.

- Latihan soal untuk biologi, sejarah, dan Bahasa Indonesia hanya sedikit.

- Soal latihan matematika masih level dasar.

- Tidak semua materi tersedia pembahasan berupa video.

2. Pahamify

Pahamify merupakan sebuah aplikasi pembelajaran online khusus untuk siswa SMA mulai dari X-XII, baik jurusan IPA ataupun IPS. Seperti aplikasi lainnya, Pahamify juga dikenal sering menghadirkan diskon besar-besaran.

Mata pelajaran yang disuguhkan tentu khusus untuk anak SMA berupa Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah Wajib, Ekonomi, Sosiologi, dan lainnya tergantung penjurusan.

Fitur-Fitur dari Pahamify

Pahamify menyertakan banyak fitur unggulan yang sebagian besar hanya bisa diakses ketika sudah terdaftar sebagai pengguna berbayar, seperti Flashcard, Rangkuman materi pelajaran, Quiz dan Video pembelajaran.

Keunggulan Pahamify

- Menyediakan banyak tips dan motivasi untuk meningkatkan semangat para pelajar.

- Setiap penjelasan disajikan mudah dimengerti karena pengemasannya sederhana.

- Terdapat banyak soal tryout dan beragam latihan soal di setiap mata pelajaran.

- Memberikan penawaran harga terjangkau meski tersaji banyak materi pelajaran.

- Tersedia layanan pengembangan softskill yang akan membuat siswa bukan hanya unggul dalam pelajaran umum saja.

Kekurangan Pahamify

- Materi untuk jenjang SD-SMP sampai saat ini belum tersedia karena fokus utamanya, yakni siswa SMA.

- Terbilang aplikasi pembelajaran online baru sehingga masih perlu beberapa perbaikan.

- Materi yang tersaji di dalamnya belum terlalu lengkap.

- Saat pertama kali mengakses aplikasi ini terlalu banyak pilihan jenjang, sedangkan sebenarnya fokus utamanya yaitu peserta didik SMA sederajat.

3. Ruang Guru

Kemudian ada Ruang Guru yang merupakan salah satu platform pembelajaran online dengan pengguna paling banyak di Indonesia. Aplikasi yang didirikan oleh Belva Devara ini memiliki tujuan untuk memudahkan para pelajar mengakses berbagai konten pembelajaran dari tutor berpengalaman.

Fitur-Fitur dari Ruang Guru

- Tersedia grup khusus dengan layanan pembelajaran sesuai minat masing-masing siswa misalnya saja berkaitan dengan pendalaman Bahasa Inggris, dan lainnya.

- Tersedia free konseling bagi peserta didik mengenai minat, bakat, serta saran jurusan beserta kampus tujuan. Nantinya fitur ini akan mendapatkan bimbingan langsung dari para konselor berpengalaman.

- Terdapat materi pembelajaran sesuai dengan topik yang Anda butuhkan.

- Pengadaan try out secara berkala.

- Banyak video pembelajaran setiap materi online UTBK lengkap dan mendalam.

- Tutor selalu standby setiap harinya.

- Bimbingan belajar melalui media online live streaming.

Keunggulan

- Kualitas video dan grafis terbilang cukup baik.

- Lengkap dengan sajian kuis untuk membuat para peserta didik semakin memahami materi.

- Materi pembelajaran dikelompokan menjadi beberapa bagian agar lebih mudah siswa pilih.

Kekurangan

- Tidak cocok untuk siswa yang cenderung menyukai pembelajaran konvensional dengan tatap muka secara offline.

- Tidak menyertakan banyak penurunan rumus.

- Menghabiskan banyak kuota karena kualitas materi pembelajaran cukup tinggi.

- Banyak materi pembahasan kurang mendalam.

4. Qiupper School

Mirip dengan aplikasi sebelumnya, Quipper merupakan aplikasi belajar online untuk guru dan siswa mulai dari SMP-SMA. Hanya saja, Quipper lebih fokus pada siswa dengan jurusan IPS. Wajar jika materi dalam bidang tersebut jauh lebih banyak dan bervariasi.

Mengenai sistem pembelajarannya hampir sama dengan di sekolah yakni guru sebagai fasilitator yang akan menjelaskan materi sesuai jadwal. Selain itu, Quipper juga mengawasi perkembangan para siswa, sehingga progress-nya dapat lebih maksimal dan terjamin dengan baik.

Fitur-Fitur dari Quipper School

Quipper menyediakan fitur yang beragam untuk meningkatkan pemaksimalan selama pembelajaran melalui sistem online. Fitur tersebut terbagi ke dalam dua kategori yakni fitur untuk guru dan fitur untuk murid.

Keunggulan

- Tersedia banyak fitur pendukung baik untuk guru atau siswa.

- Aksesnya mudah.

- Hemat di kantong.

Kekurangan

- Durasi video terbilang cukup lama.

- Menghabiskan banyak kuota internet.

- Tidak banyak pembahasan tentang penurunan rumus.

5. Kelas Pintar

Terakhir, Kelas Pintar merupakan aplikasi belajar online yang didirikan oleh PT. Extramarks Education Indonesia sejak Tahun 2017. Platform ini menyediakan pembelajaran mulai dari tingkat SD-SMA dengan sistem pemaparan materinya yang cenderung sederhana dan tidak berbelit, sehingga lebih mudah dipahami.

Meski menjalankan pembelajaran berbasis online, sistem Kelas Pintar menggunakan metode komunikasi dua arah yang interaktif. Jika siswa belum paham terhadap suatu materi, maka bisa langsung menanyakan kepada tutor. Nantinya mereka akan menjelaskan secara terperinci sampai siswa paham.

Fitur-Fitur dari Kelas Pintar

Platform gratis ini menyediakan banyak fitur unggulan yang akan memaksimalkan pemahaman para penggunanya agar dapat menaikkan nilai di sekolah. Pembelajarannya sendiri menggunakan pendekatan total learning yaitu learn, practice, and test.

Keunggulan

- Tersedia fitur tanya jawab

- Memiliki fitur assessment

Kekurangan

- Sering terjadi kendala dengan kode OTP

- Setelah free trial 7 hari Anda harus menjadi pengguna berlangganan

Itulah 5 rekomendasi aplikasi bimbel online terbaik di indonesia.

Tag : #bimbel online    #aplikasi    #pendidikan   

Baca Juga