Wisata kuliner di Nias: Harinake

5 Rekomendasi Wisata kuliner di Pulau Nias dengan Cita Rasa Tradisional

Wanovy | Travel | 12-01-2022

PARBOABOA, Nias - Nias memiliki keberagaman adat beradat serta wisata alamnya yang sangat bagus. Selain kaya akan tempat wisata dan budayanya, Nias juga memiliki wisata kuliner yang unik dan enak.

Selain mengenali suku Nias dari adat istiadat dan budaya unik. Mengetahui kuliner dengan cita rasa tradisional yang mereka miliki adalah hal yang menarik. Apalagi daerah kepulauan ini sangat kaya akan bumbu rempah yang tentu saja menjadikan makanan khas Nias sangat beragam.

Nias memiliki tempat makan yang beragam, mulai dari cafe, tempat makan tradisional hingga modern. Cita rasa makanan dari Kota Nias yang membuat daya tarik wisatawan penasaran ingin mencobanya.

Berikut ini adalah 6 wisata kuliner di Nias yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur disini.

1. Harinake

Wisata kuliner di Nias yang pertama adalah Harinake. Sekilas hidangan bernama Harinake ini memang bikin ngiler. Yap, rasanya memang terkenal enak. Tapi, kuliner ini terbuat dari daging babi cincang yang diiris dengan ukuran kecil-kecil dan tipis-tips.

Bagi wisatawan yang tidak makan daging babi bisa puasa terlebih dahulu. Bagi wisatawan yang makan daging babi wajib sekali mencicipi kuliner yang satu ini.

Harinake sendiri merupakan makanan khas Nias yang biasanya disajikan untuk menghormati tamu dan mertua. Biasanya disajikan satu ekor babi lalu dicincang. Mau coba?

2. Babae

Salah satu ikon makanan tradisi local suku NIas yang paling populer yang oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dijadikan sebagai warisan cagar budaya tak benda dari Sumatera Utara adalah Babae.

Wisata kuliner Nias khas yang asalnya dari Teluk Dalam, Nias Selatan ini hanya disajikan pada waktu dan kepada orang tertentu saja. Secara historis, masakan tersebut biasanya dihidangkan saat mengadakan ritual budaya. Seperti acara lamaran, pesta pernikahan dam perayaan kelahiran anggota keluarga baru.

Kuliner tradisional berbentuk bubur ini bukanlah sembaran bubur. Meski tak asing bagi warga NIas, tapi tak semua orang di Pulau Nias pandai membuat Babae.

3.Köfö- Köfö

Köfö- Köfö merupakan wisata kuliner di Nias. Bahannya terbuat dari ikan yang telah dibuang kulitnya dan dimasak dengan santan kelapa setelah digoreng. Kuliner satu ini biasanya digunakan untuk lauk makan.

Sebenarnya tiap masyarakat Nias punya cara masak tersendiri. Sebelum ikan digoreng ada juga masyarakat Nias yang menumbuk ikan hingga halus dan mencampurnya dengan telur lalu di stream.

Hidangan ini cocok untuk jadi hidangan makan siang karena memiliki cita rasa mirip dengan gulai ikan yang sering jadi hidangan saat makan siang.

4. Silio Guro

Menu Silio Guro hidangan yang mirip dengan pepes bakar karena Silio Guro biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang dan di panggang di atas bara api yang membara.

Isiannya sendiri terdiri dari daging giling dan kelapa yang telah dibumbui. Yang membedakan kuliner ini dengan pepes lainnya adalah isi Silio Guro adalah berupa daging udang.

Nias dengan hasil laut yang melimpah membuat masyarakatnya menciptakan hidangan-hidangan dengan bahan dasar ikan laut, salah satunya adalah köfö-köfö.

Hidangan ini pada dasarnya mempunyai cita rasa yang tak jauh beda dari gulai ikan, namun proses pembuatan hidangan ini yang menjadi pembeda. Ikan yang ada pada hidangan ini kulitnya sudah dibuang terlebih dahulu, setelah itu ikan digoreng dan dimasak bersamaan dengan santan kelapa, bumbu, dan rempah lainnya.

5. Nibini Ogo

Dalam Bahasa Nias, NIbini Ogo merupakan sejenis wisata kuliner di Nias tradisional yang cara memasaknya menggunakan media daun pisang muda. Sebut saja pepes versi Nise. Nah, isinya tergantung selera, bisa daging atau boleh juga ikan laut/tawar.

Nibini Ogo yang sudah diolesi bumbu secara merata kemudian dibungkus rapat, tujuannya tidak sekadar agar tidak terkena asap atau debu sesaat sebelum dipanggang. Setelah 20 menit, makanan unik dari dataran rendah Nias siap disajikan.

Nah, itulah wisata kuliner di Nias yang bisa Anda coba jika berkunjung kesini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata nias    #nias    #tempat wisata    #wisata kuliner nias   

Baca Juga