Kelinci Columbia Basin Pygmy (Foto:zooborns.com)

5 Spesies Kelinci Terkecil di Dunia, Lucu dan Menggemaskan

Ester | Hiburan | 13-10-2022

PARBOABOA – Salah satu jenis hewan peliharaan yang saat ini banyak dirawat dan dipelihara oleh masyarakat Indonesia adalah kelinci. Kelinci dikenal sebagai hewan yang menggemaskan berkat bulunya yang tebal dan halus.

Hewan yang dikenal sebagai pemakan wortel ini memang dapat menghipnotis siapa saja lewat tampilannya yang lucu. Apalagi jika kelinci tersebut termasuk ke dalam kelinci terkecil di dunia.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan 5 spesies kelinci terkecil di dunia yang sangat menggemaskan dan cocok untuk kamu pelihara. Penasaran dengan spesies tersebut? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Columbia Basin Pygmy

Daftar spesies kelinci terkecil di dunia yang pertama adalah Columbia basin pygmy. Kelinci ini memiliki berat dewasa yang tidak lebih dari 450 gram, dan sangat amat menggemaskan.

Sayangnya, kelinci yang satu ini sudah terancam punah di alam liar. Meski demikian, kamu tetap dapat melihat jenis kelinci terkecil di dunia ini, di Oregon Zoo, Amerika Serikat. Mereka merupakan kebun binatang pertama yang berhasil mengembangbiakkan kelinci ini dan menyelamatkan 16 keor kelinci serta menambahkan populasinya hingga ratusan ekor.

2. Netherland Dwarf

Spesies kelinci terkecil selanjutnya adalah Nehterland Dwarf. Kelinci menggemaskan satu ini hanya memiliki berat 1 kilogram saja bahkan ditahap dewasa. Penampilan dari kelinci ini juga sangat khas dengan badan yang bundar serta lehernya yang pendek.

Sayangnya, hewan menggemaskan satu ini kurang aman untuk dijadikan peliharaan karena sifatnya yang terlalu pemalu dan sering menggigit.

3. Dwarf Hotot

Kelinci terkecil di dunia selanjutnya adalah Dwarf hotot, dimana berat dewasa dari kelinci ini hanya sampai 1,5 kilogram saja. Selain itu, kelinci ini memiliki penampilan yang unik dan mudah untuk dikenali oleh siapa saja.

Sebab, Dwarf hotot dikenal sebagai kelinci yang memiliki buluh putih bersih dengan sekitar mata yagn hitam seperti menggunakan eyeliner. Bahkan kelinci satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan karena mudah akrab dengan manusia.

4. Jersey Wooly

Jersey wooly adalah salah satu spesies kelinci terkecil di dunia yang dikenal dengan penampilannya yang unik dan menggemaskan. Kelinci satu ini dikenal dengan kelinci yang memiliki telinga paling kecil, serta berat yang hanya mencapai 1,6 kilogram saja.

Selain itu, bentuk dari kelinci ini juga cukup berbeda dimana kepalanya berbentuk kotak, kuping pendek, dan bulu yang tebal serta halus.

5. English Angora

Seperti namanya, English angora adalah salah satu kelinci terkecil di dunia yang memiliki tampilan mirip dengan kucing angora. Kelinci ini memiliki bulu yang panjang dan beratnya mencapai 2 kilogram. Selain itu, kelinci ini juga mampu hidup hingga 12 tahun dan cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Tag : #kelinci    #spesies    #hiburan    #terkecil    #hewan    #peliharaan   

Baca Juga