Suku di Indonesia dengan Mahar Termahal (dok istimewa)

5 Suku di Indonesia dengan Mahar Termahal

Olivia | Nasional | 12-02-2022

Parboaboa, Pematangsiantar – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keberagaman suku didalamnya. Setiap daerahnya pasti memiliki suku yang berbeda-beda, contohnya Provinsi Sumatera Utara.

Di Provinsi Sumatera Utara ada banyak suku yang bisa dijumpai, seperti suku Batak, Nias, Melayu, dan yang lainnya. Untuk suku Batak sendiri masih dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu suku Batak Toba, Simalungun, Karo, dan yang lainnya.

Suku disetiap daerah memiliki adat istiadatnya masing-masing yang sudah ada sejak dahulu. Dimulai dari pernikahan, kelahiran, kematian dan banyak lagi, tidak akan sama satu sama lain.

Kali ini kita akan membahas suku dengan mahar pernikahan termahal yang ada di Indonesia, serta faktor-faktor yang membuatnya menjadi mahal.

Berikut 5 suku di Indonesia dengan mahar termahal.

1. Suku Nias

Suku Nias yang berada di Provinsi Sumatera Utara terkenal dengan mahar termahal di Indonesia. Di dalam pernikahan adat Nias, mahar ditentukan dengan nominal tertentu.

Mahar yang digunakan laki-laki suku nias untuk melamar berupa hewan babi. Masyarakat Nias menerapkan standar 25 ekor babi untuk dijadikan mahar pernikahan.

Jika harga seekor babi 1juta, maka akan dikalikan dengan 25 ekor babi. Maka nominal yang harus dipersiapkan mempelai laki-laki sebesar 25 juta.

Semakin tinggi pendidikan calon mempelai wanita, maka semakin tinggi pula mahar yang harus disediakan.

Ada satu hal yang perlu diketahui, ketika sang mempelai pria tidak memenuhi mahar tersebut, maka Dia harus mengabdi kepada mertua hingga mahar itu dianggap lunas.

2. Suku Bugis

Mahar pernikahan didalam suku Bugis disebut dengan uang Panaik. Uang Panaik bagi suku Bugis adalah sebagai bentuk keseriusan dari calon mempelai pria untuk mendapatkan gadis pujaannya.

Nilai dari mahar tersebut disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti garis keturunan si gadis, jenjang pendidikannya, pekerjaan, bahkan di beberapa keluarga ada yang menjadikan faktor kecantikan menjadi penentu nilai uang Panaik.

Proses adat yang pajang dan meriah juga menjadi salah satu penyebab mahar di suku ini terbilang mahal. Biasa suku bugis bisa menghabiskan uang mencapai ratusan juta bahkan ada yang sampai miliaran rupiah.

3. Suku Minangkabau (Padang)

Mahar pernikahan termahal berikutnya berasal dari suku Minangkabau, Padang. Suku padang dikenal memiliki tradisi yang unik. Biasa yang melamar dan menyediakan mahar adalah pihak laki-laki, namun di suku yang satu ini pihak mempelai wanitalah yang mempersiapkan semuanya dari awal.

Proses penyambutan tidak hanya dilakukan pihak keluarga saja, kepala adat dan warga sekitar pun ikut andil. Hal inilah yang menyebabkan biaya pernikahan di suku Minangkabau terbilang mahal.

Besarnya biaya yang biasa dikeluarkan pihak mempelai wanita untuk pernikahannya nebcapai ratusan juta rupiah.

4. Suku Batak

Suku Batak menjadi salah satu suku dengan mahar pernikahan yang mahal. Ritual adat pada pernikahan suku Batak yang meriah membuat nilai mahar yang harus dipersiapkan cukup banyak. Semakin panjang prosesi pernikahan, maka akan semakin menguras kantong.

Tidak hanya itu, mahar di suku Batak juga tergantung tingkat pendidikan dan pekerjaan sang mempelai wanita.

Mahar yang didalam bahasa Batak dikenal dengan Sinamot, menjadi mahal juga karena adanya pakaian adat yang wajib digunakan saat pernikahan.

Pakaian adat dari suku Batak ini dikenal dengan Ulos, memiliki nilai yang terbilang mahal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ulos sering diberikan sebagai penanda status sosial. Biasanya jenis ulos yang diberikan kepada kedua keluarga mempelai adalah ulos yang terbaik.

5. Suku Banjar

Suku dengan mahar termahal di Indonesia berikutnya adalah suku Banjar, Kalimantan. Proses pernikahan di suku Banjar dilaksanakan sangat meriah dan cukup panjang.

Pernikahan di suku ini juga melibatkan tokoh-tokoh adat dan warga sekitar. Mahar yang dalam bahasa Banjar Maatar Jujuran, pada dasarnya akan digunakan untuk modal berumah tangga kelak.

Maatar Jujuran digunakan tidak hanya untuk biaya pesta saja, melainkan di pergunakan untuk melengkapi perlengkapan rumah tangga.

Itulah sederet suku di Indonesia dengan mahar termahal. Nah, bagi para pria, dari suku manakah calon mempelai wanita kamu?
Jangan lupa tulis di kolom komentar yaa..

Tag : #suku    #adat istiadat    #mahar termahal    #indonesia   

Baca Juga