Trofi Liga 1 Indonesia (Foto: Liga Indonesia Baru)

5 Tim Kandidat Juara BRI Liga 1 Musim 2022/2023

Michael | Sepakbola | 23-07-2022

PARBOABOA – Sebanyak 18 tim akan bersaing memperebutkan gelar Liga 1 2022/2023 yang dimulai Sabtu (23/7/2022). Namun setidaknya hanya ada lima tim yang layak menjadi kandidat juara BRI Liga 1 musim ini.

Bali United sukses meraih gelar juara dalam dua musim beruntun. Setelah meraih sukses pada Liga 1 2019, Serdadu Tridatu kembali keluar sebagai jawara pada musim 2021/2022 setelah kasta tertinggi sepak bola Indonesia sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

Tim yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta itu bertekad kembali meneruskan kejayaan musim ini. Namun mereka juga perlu sadar bahwa tim-tim lain sedang menyusun strategi untuk bersaing ke dalam jalur juara.

Beberapa klub besar bahkan melakukan perombakan besar-besaran di dalam komposisi skuad masing-masing. Itu membuat perebutan juara Liga 1 berpotensi semakin sengit dibandingkan musim sebelumnya.

Lantas, tim mana saja yang mempunyai peluang besar untuk keluar sebagai kampiun Liga 1 2022/2023? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta tidak begitu impresif sejak kali terakhir menjuarai Liga 1 edisi 2018. Kepergian Stefano ‘Teco’ Cugurra membuat Macan Kemayoran sempat terseok-seok meski sudah berganti-ganti pelatih.

Tercatat, Persija Jakarta sudah tujuh kali berganti pelatih sejak Teco hengkang ke Bali United. Nama terkenal seperti Ivan Kolev hingga Angelo Alessio gagal memperbaiki performa dan kualitas tim.

Kemunduran Persija dibuktikan lewat hasil akhir klasemen Liga 1 dalam tiga musim terakhir. Persija tidak menjadi pesaing gelar juara karena selalu finis di papan tengah klasemen.

Namun memasuki musim baru ini, Persija melakukan banyak pembenahan. Manajemen kembali menarik perhatian dengan mendatangkan pelatih yang sudah lama berkarier di pentas Eropa bernama Thomas Doll.

Selain itu, Persija Juga merekrut empat pemain asing tenar seperti Ondrej Kudela, Michael Krmencik, Hanno Behrens, dan Abdulla Yusuf Helal. Kualitas tim yang meningkat diperkirakan bakal membuat Macan Kemayoran kembali berada di jalur persaingan gelar juara.

2. Persib Bandung

Persib Bandung mulai berbenah usai menyelesaikan musim Liga 1 2019 dengan mengecewakan. Mereka akhirnya menunjukkan perubahan pada Liga 1 edisi 2020.

Sayangnya Liga 1 2020 terpaksa dibatalkan akibat pandemi COVID-19. Padahal skuad Maung Bandung sedang bagus dengan catatan tiga kemenangan beruntun di awal musim.

Saat kompetisi kembali bergulir pada musim 2021/2022, Persib semakin impresif. Meski sempat tertahan empat hasil imbang secara beruntun di putaran pertama, pasukan Robert Rene Alberts sukses memenangkan lima pertandingan berturut-turut di putaran kedua Liga 1 2021.

Catatan itu membuat Persib harus bersaing dengan Bali United sebagai pemuncak klasemen. Sayangnya sembilan hasil imbang hingga akhir musim menahan tim Pangeran Biru di posisi runner-up.

Perekrutan beberapa pemain seperti Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan Daisuke Sato akan menambah kedalaman skuad. Kemudian kedatangan Ciro Alves dari Persikabo 1973 sebagai salah satu top skor Liga 1 musim lalu menjadikan Maung Bandung kandidat terkuat juara kali ini.

3. PSIS Semarang

PSIS Semarang mungkin tak masuk daftar tim langganan juara Liga 1. Mereka pun belum pernah menjadi kandidat juara di era Liga 1.

Dalam empat tahun terakhir, prestasi terbaik mereka adalah finis di urutan ketujuh Liga 1 2021/2022. Namun Laskar Mahesa Jenar menunjukkan peningkatan performa dari musim ke musim.

Di Liga 1 2021/2022, PSIS Semarang berhasil menahan imbang tim-tim besar seperti Persija, Bali United, dan Arema. Mereka bahkan berhasil mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-2.

PSIS sedang berusaha masuk ke dalam barisan klub papan atas setelah merekrut Carlos Fortes dan Taise Marukawa menjadi pemain terbaru klub.

Ketajaman Carlos Fortes sebagai top skor Liga 1 2021/2022 diharapkan dapat menghasilkan banyak gol di musim 2022/2023. Kualitas Taisei Marukawa sebagai pemain terbaik Liga 1 2021/2022 juga berpotensi memperbesar peluang juara bagi PSIS.

4. Bhayangkara FC

Tanpa perlu berlama-lama Bhayangkara FC langsung mendominasi panggung tertinggi sepak bola Indonesia saat mulai memakai nama Liga 1 pada tahun 2017.

Musim lalu Bhayangkara FC sempat menjadi salah satu kandidat juara Liga 1. Sayangnya tim berjuluk The Guardians ini seperti kehabisan bahan bakar di momen-momen penting akhir musim.

Menggandalkan pemain-pemain papan atas seperti Andik Vermansyah, Ruben Sanadi, hingga Anderson Salles, Bhayangkara FC bisa menjadi tim Kuda Hitam di Liga 1 musim ini.

Terlebih Bhayangkara FC berhasil merekrut penyerang asal Spanyol Youssef Ezzejjari yang luar biasa bersama Persik Kediri musim lalu. Bhayangkara juga berhasil mendapatkan winger asal Maroko, Youness Mokhtar.

5. Bali United

Bali United menjadi tim yang paling menjanjikan pada beberapa tahun terakhir. Sebagai tim yang belum memiliki rekam jejak pengalaman sebanyak klub lain, Bali United sudah membuktikan diri bahwa mereka adalah raksasa saat ini.

Sejak kasta tertinggi sepak bola Indonesia memakai nama Liga 1 pada 2017, Bali United langsung bergerak ke papan atas klasemen menjadi pesaing juara meski finis sebagai runner-up.

Kemampuan finansial yang mencukupi memungkinkan Serdadu Tridatu mencari pemain berkualitas. Selain itu, Bali United juga sukses membujuk Stefano Cugurra menjadi pelatih utama.

Kehebatan juru taktik asal Brasil itu terbukti berhasil. Di musim perdananya, Bali United keluar sebagai juara Liga 1 2019. Bali United kembali menjadi kampiun Liga 1 di musim 2021/2022.

Bali United kedatangan beberapa pemain lokal di bursa transfer musim ini, seperti Ardi Idrus, Novri Setiawan, dan Ramdani Lestaluhu. Komposisi pemain dan pelatih yang sudah saling memahami satu sama lain membuat Serdadu Tridatu masih menjadi calon kuat juara Liga 1 musim 2022/2023.

Itulah lima kandidat juara untuk BRI Liga 1 musim 2022/2023, layak untuk dinantikan bagaimana kiprah kelima tim di atas selama gelaran kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia yang akan dimulai hari ini, Sabtu (23/7/2022).
 

Tag : #bri liga 1    #pssi    #sepakbola    #psis semarang    #bali united    #persib bandung    #persija jakarta    #bhayangkara fc   

Baca Juga