Vihara terbesar pertama di Indonesia, Maha Vihara Adhi Maitreya, Medan (Website Vihara Adhi Maitreya)

5 Vihara Terbesar di Indonesia dengan Pesona Memukau yang Dimilikinya

Wulan | Nasional | 25-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Sama halnya seperti agama lain, umat buddha juga memiliki tempat atau sarana untuk berdoa yakni vihara.

Selain menjadi sarana berdoa, vihara juga memiliki banyak fungsi, seperti meditasi, sarana kemasyarakatan, tempat melakukan puja bhakti, pengembangan budaya, dan tempat untuk membangun komunitas umat Buddha di Indonesia.

Indonesia sendiri mempunyai vihara-vihara luas dengan pesona memukau, salah satunya berada di Sumatera Utara. Namun tahukah kamu, masih ada vihara lain yang tidak kalah memukau dan juga sangat indah yang terletak di Indonesia.

Apa saja ya? Berikut 5 vihara terbesar dan memukau di Indonesia yang sudah dirangkum Parboaboa

1. Maha Vihara Adhi Maitreya (Medan)

Maha Vihara Ashi Maitreya merupakan salah satu vihara terbesar di Indonesia yang terletak di kota Medan. Vihara ini berlokasi di komplek perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara No. 95-5, Medan, Sumatra Utara. Maha Vihara Adhi Maitreya terbagi menjadi tiga gedung utama yaitu; Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avalokitesvara, dan Bodhisatva Satyakalama. Vihara ini memiliki keunikan, hal tersebut terlihat dari desain arsitektur vihara yang dibuat seakan kamu tidak sedang di Indonesia melainkan seperti berada di Negeri Tirai Bambu, China.

2. Pagoda Taman Alam Lumbini (Karo)

Sama seperti Maha Vihara Adhi Maitreya, vihara ini juga terletak di Sumatera Utara lebih tepatnya di Tongkoh, Berastagi, Karo. Pagoda Taman Alam Lumbini memiliki arsitektur yang sangat indah, jika berkunjung ke lokasi ini maka kamu akan merasakan sensasi layaknya sedang berada di Thailand atau Myanmar. Selain indah dan juga besar, Vihara ini juga memiliki warna keemasan yang membuatnya semakin tampak megah meski dari kejauhan.

3. Vihara Padepokan Dhammadipa Arama (Batu)

Vihara Padepokan Dhammadipa Arama merupakan vihara tertua dan terbesar di Kota Batu. Vihara ini berlokasi di Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Vihara ini berada di atas lahan seluas 5 hektare yang terletak di dataran tinggi. Hal ini membuat tempat beribadah bagi umat Buddha ini memiliki nuansa yang sejuk, nyaman, dan sangat tenang. Jika datang untuk beribadah atau berkunjung ke lokasi ini, kamu akan melihat desain vihara yang sangat mewah dengan penggabungan warna silver dan putih.

4. Maha Vihara Mojopahit (Mojokerto)

Selanjutnya, Vihara terbesar di Indonesia adalah Maha Vihara Mojopahit. Vihara ini berlokasi di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Maha Vihara Mojopahit dibangun di atas lahan seluas 20 ribu meter persegi dengan bangunan utama berarsitektur Jawa dan beratapkan joglo. Selain terbesar dan termegah, Maha Vihara Mojopahit juga dikenal memiliki patung Buddha berwarna emas yang sedang berbaring. Bahkan, saat ini patung tersebut sudah mendapat predikat sebagai patung terbesar ketiga di Asia. Hebat ya!

5. Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat, Bogor (Bogor)

Vihara terakhir yang terdaftar dalam ketegori vihara terbesar di Indonesia adalah Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat, Bogor. Vihara ini terletak di kapung Jati, Jalan Raya Parung, Tonjong Halang, Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sama halnya seperti Maha Vihara Mojopahit, vihara ini juga memiliki patung Buddha yang sedang tertidur atau yang lebih dikenal sebagai Sleeping Buddha. Patung itu memiliki panjang 18 meter dan tinggi 3,75 meter. Selain itu, Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat juga memiliki 2.800 patung Rupang Buddha di dalam empat etalase.

Tag : #terbesar    #vihara terbesar di indonesia    #nasional    #maha vihara adhi maitreya    #pagoda taman alam lumbini   

Baca Juga