Francoise Bettencourt Meyers menempati posisi pertama wanita terkaya di dunia (cnbcindonesia.com)

5 Wanita Terkaya di Dunia 2022, Warisan atau Hasil Kerja Keras?

Wulan | Internasional | 30-07-2022

PARBOABOA – Ada sederet wanita terkaya di dunia 2022 yang memiliki harta kekayaan hingga ratusan bahkan triliun rupiah. Dari 2.668 miliarder yang terdaftar dalam majalah Forbes, setidaknya ada 327 wanita yang masuk dalam daftar miliarder dunia.

Wanita-wanita ini bahkan berhasil mencatatkan kekayaan yang sangat fantastis. Mulai dari yang tertinggi memiliki jumlah kekayaan mencapai angka USD74,8 miliar atau setara dengan Rp1.075 triliun (Rp14.360 per USD).

Dari keseluruhan daftar wanita terkaya di dunia tersebut, Parboaboa.com merangkum 7 wanita terkaya di dunia 2022. Siapa saja? Yuk, simak!

5 Wanita Terkaya di Dunia 2022.

5. Jacqueline Mars: 474 Triliun

Pebisnis asal Amerika Serikat, Jacqueline Mars memiliki kekayaan sekitar Rp474 triliun berkat perusahaan yang dimilikinya, Mars Incorporated.

Adapun bisnis yang diwarisi dari kakeknya itu merupakan produsen permen favorit semua khalangan yakni, M&Ms, makanan anjing terkenal Pedigree dan berbagai produk lainnya.

Jacqueline Mars yang saat ini sudah berusia 83 tahun telah berhasil menjalankan perusahaan itu sejak tahun 1982. Selain itu, ia juga diketahui memiliki peternakan kuda di Virginia yang menjadi langganan para atlet peraih medali Olimpiade.

4. MacKenzie Scott: 634 Triliun

Setelah bercerai dari Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon dan sempat menjadi orang terkaya di dunia pada 2019 lalu, membuat MacKenzie Scott mendapatkan pembagian harta dalam jumlah yang tidak biasa.

Setelah mendapat harta tersebut, wanita ini diketahui menyumbangkan 12,5 miliar dolar AS lebih kepada 1.253 organisasi dalam dua tahun terakhir. Adapun donasi terbarunya berupa dana sebesar 122 juta dollar AS untuk pembinaan organisasi pemuda di Amerika Serikat, Big Brothers Big Sisters.

Walaupun telah membagikan hartanya, MacKenzie Scott masih tetap memiliki harta sebesar Rp634 triliun dan seperempat saham Amazon yang menjadikannya sebagai wanita terkaya di dunia 2022.

3 Alice Walton: 861 Triliun

Alice Walton merupakan cucu pendiri Walmart yang saat ini memegang kepemilikan separuh dari jaringan retail dan berbagai unit bisnis lainnya. Wanita yang kini berusia 72 ini juga ketua Museum Seni Amerika Crystal Bridges dari Yayasan Keluarga Walton.

Sebenarnya, ia sempat masuk kedalam daftar wanita terkaya di dunia tahun 2020 lalu setelah rutin masuk daftar bergengsi ini selama belasan tahun. Sayangnya, bisnis yang dijalankannya diketahui mengalami kerugian hingga 19 miliar dollar AS setelah harga sahamnya merosot pada pertengahan Mei 2020 lalu.

Kini, ia 'hanya' memiliki kekayaan sebanyak Rp861 triliun yang menjadikannya wanita terkaya ke-3 di dunia.

2. Julia Koch: 992 Triliun

Julia Koch menjadi perempuan terkaya nomor dua di dunia versi Forbes. Julia Koch sendiri merupakan istri dari mendiang David Koch, pendiri Koch Industries, perusahaan multinasional di AS.

Sosialita yang berasal dari New York ini mewarisi 42 persen saham perusahaan swasta terbesar kedua di AS sehingga kekayaannya mencapai Rp922 triliun.

Diketahui, saat ini ia disibukkan dengan berbagai aktivitas sosial dan budaya yang dimulainya sejak menjadi Ketua Penyelenggara Met Gala pada 1997 lalu.

1. Francoise Bettencourt Meyers: 1088 triliun

Status sebagai wanita terkaya di dunia dipegang oleh Françoise Bettencourt Meyers, pemilik sekaligus cucu pendiri L'Oreal Paris. Diketahui, ia memegang bisnis tersebut sejak tahun 1997 dan menguasai 33 persen sahamnya yang membuatnya memiliki kekayaan setara Rp.1088 triliun.

Selain berbisnis, wanita berusia 68 tahun ini juga aktif sebagai penulis dan merilis berbagai buku soal dewa Yunani dan alkitab.

Pada tahun 2019 lalu, ia dan keluarganya menyumbang dana sebesar 226 juta dollar AS untuk perbaikan Katedral Notre Dame Paris setelah kebakaran hebat. Uniknya, ibunya yang bernama Liliane Bettencourt juga pernah menjadi wanita terkaya di dunia sebelum meninggal tahun 2015 lalu.

Itulah sederet nama-nama perempuan yang memiliki kekayaan dengan jumlah yang fantastis. Meski berstatus sebagai ‘pewaris tahta’, kemampuan 5 perempuan di atas tak boleh dipandang sebalah mata!

Keberhasilan yang mereka raih merupakan salah satu bukti bahwa kapasitas mereka dalam mewarisi dan menjalankan bisnis tak perlu diragukan lagi. Bagaimana menurut pembaca setia Parboaboa.com?

Tag : #terkaya    #forbes    #internasional    #wanita terkaya    #francoise bettencourt meyers    #julia koch    #alice walton   

Baca Juga