Sedikitnya 51 napi dilaporkan tewas dalam kebakaran di penjara Kolombia. CNN

Kebakaran yang Dipicu Kerusuhan di Penjara Kolombia menewaskan 51 Napi

Dion | Internasional | 29-06-2022

PARBOABOA, Bogota - Sedikitnya 51 narapidana tewas dalam kebakaran yang melanda sebuah penjara di Kolombia pada Selasa pagi waktu setempat. 

Dilansir CNN, Rabu (29/6/2022), kebakaran dipicu oleh kerusuhan yang terjadi di penjara dengan hunian terpadat itu. Otoritas lokal menyebutnya sebagai insiden paling mematikan dalam sejarah negeri itu. 

Kebakaran terjadi di lembaga pemasyarakatan Kota Tulua, menyusul kerusuhan antarnarapidana di dalam penjara tersebut. Sebanyak 24 orang juga dilaporkan mengalami luka-luka, termasuk sejumlah sipir penjara. 

Menurut Menteri Keadilan Kolombia Wilson Ruiz, insiden bermula pada pukul 02.00 dini hari ketika sejumlah napi terlibat perkelahian. 

Di tengah perkelahian, seorang napi diketahui membakar kasur sehingga membuat api langsung menjalar ke seluruh bagian penjara, kata Ruiz dalam konferensi persnya, Selasa. 

"Petugas lembaga pemasyarakatan sempat berusaha mengendalikan kebakaran, tetapi apinya terlalu besar sehingga mereka tak dapat berbuat apa-apa hingga pemadam kebakaran tiba untuk mengendalikan situasi," kata Ruiz. 

Penjara dengan penjagaan sedang ini menaungi napi dengan hukuman ringan dan napi yang akan segera dibebaskan. 

Penjara-penjara di Kolombia terkenal padat. Rata-rata penjara di sana memiliki tingkat keterisian 20 persen di atas kapasitas normal. 

Menurut Ruiz, lembaga pemasyarakatan di Kota Tolua ini memiliki kelebihan kapasitas sebesar 17 persen, dan menjadikannya salah satu penjara dengan kapasitas yang tergolong rendah. 

Perkelahian mematikan serta kerusuhan sudah sangat lumrah di Kolombia dan negara-negara tetangganya. 

Pada Maret tahun ini, 24 napi teaas dalam kerusuhan di penjara Picota di Bogota. Saat itu para napi berunjukrasa atas buruknya sistem penanganan Covid-19. 

Pada 2021 lalu 50 napi di penjara Brasil terbunuh, dan 16 di antaranya dipenggal. Sementara di Venezuela, puluhan orang juga tewas dalam kebakaran penjara pada 2018 lalu. 

Tag : #kebakaran    #kolombia    #internasional    #napi    #kerusuhan    #tulua   

Baca Juga