ES File Manager

5 Aplikasi File Manager Terbaik Android

Wanovy | Teknologi | 09-12-2021

Berbeda dengan Windows yang memiliki File Explorer, sistem operasi mobile Android tidak dilengkapi dengan aplikasi pengelola file (file manager) bawaan sehingga sulit mengelola file dan folder di perangkat Android.

Aplikasi file manager di Android cukup penting untuk menelusuri file, memindahkan file ke lokasi lain, mengganti nama file, copy-paste file, membuat folder baru dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa file manager adalah aplikasi penting yang harus ada di dalam smartphone atau tablet Android. Kebanyakan orang cenderung memilih untuk men-download game atau aplikasi favorit lainnya.

Padahal, aplikasi file manager sangat penting untuk mengelola semua data pribadi Anda, termasuk game dan aplikasi favorit yang sudah diunduh.

Berikut adalah beberapa aplikasi file manager Android terbaik yang telah kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Files by Google

Aplikasi pertama yang cukup populer yakni Files by Google. Desainnya mirip seperti Google’s material dengan fitur multifungsi.

Files by Google hadir dengan beberapa fitur berbagai file dan pembersihan yang sangat bermanfaat. Aplikasi ini juga memiliki beberapa keunggulan seperti mem-backup data, menghapus file dan cache, memindahan, dan back up data.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah bisa digunakan untuk berbagi file secara online. Files By Google juga akan memberikan rekomendasi untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan, foto lama, duplikat, dan banyak lagi.

Selain itu,aplikasi ini juga sepenuhnya gratis untuk digunakan dan Anda tidak akan tergangu dengan iklan atau masalah privasi apa pun. Karena itulah File by Google sangat cocok untuk perangkat Androidmu.

Download Files By Google

2. Es File Explorer

ES File Explorer merupakan aplikasi file manager yang banyak digunakan karena bisa melakukan browsing dengan baik untuk menemukan data yang tertumpuk.

Aplikasi ini juga mempunyai keunggulan mulai dari desain antar muka yang sederhana, akses root, remote file manager dan dukungan penyimpanan awan.

Selain itu ES File Manager juga sudah mendukung FPT, WebDav serta fitur tambahan lainnya yang berguna.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tapi ia menawarkan versi premium yang bisa dibeli melalui Google Play Store.

Download ES File Manager

3. Amaze File Manager

Amaze File Manager cocok untuk penyimpanan file-file ringan. Memiliki desain yang ramah pengguna, terdapat fitur berbagi file, mengatur file, menghapus aplikasi, root explorer dan masih banyak lagi. Pengguna dapat mengunduhnya secara gratis di Google PlayStore. Aplikasi ini mendapat rating 3,7 dari 5 di Google Play Store.

Download Amaze File Manager

4. Astro File Manager

Astro file manager merupakan aplikasi pengelola file yang sudah hadir cukup lama. Beberapa fitur yang dimilikinya adalah mendukung penyimpanan kartu SD, penyimpanan cloud, dapat mengekstrak arsip ZIP maupun RAR, serta manajemen aplikasi.

Desain UI yang sederhana dan memudahkan pengguna. Tak hanya itu Astro File Manager juga gratis dan tanpa diselingi berbagai iklan. Aplikasi ini dapat diunduh dengan ukuran 8 MB.

Download Astro File Manager

5. Total Commander

Total Commander memiliki fitur yang cukup lengkap seperti mendukung berbagai penyimpanan jaringan, penyimpan cloud, dan memiliki berbagai tools lain seperti editor teks.

Karena itulah, Total Commander difavoritkan banyak orang, meskipun desainnya tidak sekeren yang diinginkan beberapa orang. Selain file Commander premium, aplikasi ini juga bisa diakses gratis sepenuhnya tanpa pembelian dalam aplikasi dan bebas iklan.

Download Total Commander

Tag : #file manager    #file apk    #dowload    #es file explorer    #manager apk   

Baca Juga