Ilustrasi aplikasi presentasi selain Power Point gratis dan punya banyak fitur

5 Aplikasi Presentasi Selain Power Point Gratis dan Punya Banyak Fitur

Wanovy | Teknologi | 05-01-2022

PARBOABOA - Pernahkah kamu merasa bosan mengerjakan tugas presentasi menggunakan aplikasi Power Point? Ternyata ada banyak loh alternatif aplikasi yang dapat kamu gunakan.

Power Point sendiri adalah salah satu software yang selalu diandalkan untuk membuat presentasi yang berkualitas. Software besutan Microsoft tersebut memang populer di seantero dunia.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa ada banyak aplikasi presentasi selain Power Point yang juga bisa diandalkan ketika hendak membuat presentasi.

Tidak hanya menyediakan template yang menarik. Beberapa aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk menghasilkan desain grafis yang membuat audiens tidak bosan mendengar presentasimu.

Berikut ini beberapa aplikasi presentasi selain Power Point gratis dan punya banyak fitur, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Prezi

Prezi merupakan salah satu aplikasi presentasi selain Power Point gratis yang cukup berbeda dari aplikasi lain di pasaran. Alih-alih membuat slide demi slide, aplikasi ini memberi kita satu kanvas raksasa. Kita bisa memperbesar atau memperkecil tampilannya menggunakan fitur zooming.

Dengan begitu, pengguna bisa membuat model presentasi yang lebih unik dan variatif. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan memungkinkan pengeditan bersama-sama.

Selain itu, Prezi juga menerapkan sistem penyimpanan cloud dalam software-nya sehingga mudah untuk digunakan kapan saja. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan pengguna lainnya dalam membuat sebuah presentasi.

Prezi dilengkapi dengan berbagai template dan efek yang menarik untuk presentasimu. Jika sudah selesai, presentasi yang kamu buat di Prezi dapat kamu download dan presentasikan secara offline.

2. Canva

Aplikasi presentasi selain Power Point selanjutnya adalah Canva. Aplikasi ini sangat cocok dipakai untuk membuat presentasi langsung di browser secara cepat.

Canva menyediakan akses ke lebih dari 8000 template yang bisa kamu manfaatkan saat membuat presentasi, lengkap dengan tools desain yang bisa memaksimalkan komunikasi visual dari presentasi kamu.

Menariknya, pengguna bisa mengundang teman untuk mengedit tayangan slide bersama dan membagikan presentasi yang sudah selesai dengan mudah.

Namun, Canva tidak bisa mengimpor presentasi dari Power Point ataupun mengekspor presentasi yang sudah selesai ke format yang dapat diedit Power Point.

3. Visme

Visme menawarkan semua alat yang kamu butuhkan untuk presentasi. Tak hanya sekedar aplikasi untuk presentasi biasa, Visme juga memberikan infografis, visualisasi data, laporan, demo produk, dan resume. Kamu pun bisa menggunakan template yang memang disediakan oleh aplikasi ini secara gratis.

Tak hanya itu saja, tampilan background HD dan layout yang disajikan oleh aplikasi presentasi selain Power Point yang satu ini juga tampak sangat profesional.

Aplikasi ini dikemas dalam jutaan gambar gratis, ribuan ikon vektor, alat grafik, dan ratusan jenis font. Sehingga kamu bisa membuat konten visual dengan Visme dengan menambahkan animasi, interaktivitas penuh, dan audio.

4. Google Slides

Perusahaan besar Google juga menghadirkan aplikasi pembuatan presentasi. Kurang lebih sama seperti Google Docs dan Google Sheets, Google Slides adalah aplikasi yang diusung oleh Google.

Pengguna dapat mengunduh secara gratis dan membuat ataupun mengedit presentasi mereka. Selebihnya, pengguna dapat mengunduhnya melalui iOS maupun Android.

Google Slides juga memiliki sejumlah fitur umum layaknya PowerPoint. Melansir dari TechRadar, aplikasi ini mendukung penyematan video, pembuatan diagram, hingga menambahkan animasi ke dalam slide.

Pilihan template dari Google Slides cukup terbatas namun pengguna bisa mengimpor ratusan template tambahan secara gratis ataupun membuatnya sendiri. Selain itu, Google Slides juga memungkinkan pengguna mengedit presentasi bersama-sama dengan bantuan internet

5. KeyNote

Aplikasi presentasi selain Power Point gratis yang berikutnya adalah KeyNote. Ini merupakan aplikasi presentasi unggulan Apple, layaknya Microsoft PowerPoint dalam Windows.

Desainnya sangat mengedepankan kemudahan, elegan, dan halus saat digunakan.

Terdapat beberapa fitur pendukung yang kuat, yaitu ia mampu membuat grafis, efek interaktif, serta ikon dan gambar. Semuanya dapat melengkapi presentasimu agar lebih menarik.

Ada lebih dari 30 efek sinematik untuk teks dan objek yang disediakan oleh KeyNote. Selain itu, mengedit dan melihat hasil presentasi yang kamu buat menjadi lebih mudah dengan menggunakan iPhone atau iPad.

Nah, itulah 5 aplikasi presentasi selain Power Point gratis dan mempunyai banyak fitur yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

Tag : #presentasi    #power point    #canva    #prezi   

Baca Juga