Ilustrasi

5 Rekomendasi Provider Internet untuk Pasang Wi-Fi di Rumah

Wanovy | Teknologi | 28-11-2021

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama karena dibutuhkan untuk berkomunikasi, mendapatkan sarana hiburan, dan bekerja.

Tidak heran jika kebanyakan masyarakat berlangganan paket internet untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Bahkan dari mereka pun mencari paket Wi-Fi murah untuk di rumah.

Khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini, karena pemberlakuan physical distancing sehingga masyarakat pun lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah saja.

Hampir semua kegiatan seperti bekerja, belajar, dan berbelanja dilakukan dari rumah secara online. Kebutuhan akan akses digital bisa terpenuhi dengan paket internet di ponsel namun paket internet di ponsel dianggap kurang mendukung dan lebih mahal dalam penggunaan.

Oleh karena itu, banyak orang memasang WiFi di rumah untuk mengakomodasi kebutuhan semua anggota keluarga.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak provider yang menyediakan layanan internet baik yang menggunakan kabel hingga nirkabel (Wi-Fi).

Berikut daftar provider internet rumah terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan referensi yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Biznet

Biznet Home merupakan layanan internet Wi-Fi ultra cepat yang diperuntukkan bagi pengguna perumahan dan apartemen. Kecepatan koneksinya pun mencapai 150 Mbps untuk download maupun upload.

Provider ini dikenal dengan cakupan area yang luas dengan menyediakan layanan kabel fiber optik untuk pengguna di 100 kota di Indonesia.

Saat ini, Biznet masih terus mengembangkan area cakupannya agar seluruh kota di Indonesia dapat menggunakan layanan ini.

Biznet pun menyediakan pilihan paket kombo internet dan TV kabel atau internet saja yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Untuk paket internet, Biznet menyediakan paket internet bebas FUP dan kuota unlimited mulai dari 75 Mbps (Rp 325.000 per bulan) hingga paling tinggi 175 Mbps (Rp 700.000 per bulan).

Untuk paket internet+TV kabel, ada paket Home Combo 1C seharga Rp 575.000 per bulan, untuk internet up to 85 Mbps dan akses ke 54 channel TV kabel.

2. IndiHome

IndiHome merupakan layanan internet resmi dari grup PT Telkom Indonesia. Saat ini IndiHome dipakai oleh banyak masyarakat Indonesia. Meskipun dari sisi harga, layanan IndiHome sedikit lebih tinggi dibandingkan kompetitornya.

Harga paket yang disediakan IndiHome bervariasi, mulai dari harga Rp245 ribu per bulan hingga Rp955 ribu per bulan, bergantung pada jenis paket yang Anda pilih.

Kecepatan internet yang ditawarkan IndiHome mencapai 10 Mbps serta tersedia pula sekitar 109 channel televisi dan video on demand (VOD).

Untuk pelanggan baru, pemasangan layanan IndiHome akan dikenakan biaya Rp500 ribu ditambah PPn sebesar 10%.

Biaya tersebut dibayarkan sesudah proses pemasangan perangkat selesai. Pembayaran hanya tunai hanya bisa dilakukan di Plasa Telkom. Pelanggan tidak diperkenankan melakukan pembayaran secara tunai selain di Plasa Telkom.

Dengan biaya pemasangan dan biaya langganan per bulan sebesar itu, Anda bisa menikmati layanan iFlix, IPTV UseeTV, layanan telepon, serta akses gratis ke layanan streaming Catchplay. 

Adapun di tahun 2021 ini paket terbaru dari Indihome yaitu Paket 2P (Internet & TV) atau 2P (Internet & Phone), 3P (Internet, TV, Phone), Paket 1P, Paket Khusus, Dosen, Guru, Mahasiswa dan Pelajar dan Paket Gamer.

3. FastNet (First Media)

Provider internet lainnya adalah First Media dari PT Link Net Tbk. ISP ini menawarkan sejumlah paket layanan internet yang dibundel bersama TV kabel.

Kecepatan internet yang ditawarkan beragam mulai dari 20 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbs, hingga paling tinggi 300 Mbps.

Yang paling murah, ada paket Family Plus HD (up to 20 Mbps, 134 channel TV, streamtainment) seharga Rp 384.000 per bulan.

Untuk kecepatan internet yang lebih tinggi, pengguna bisa memilih paket Elite X1 4K (up to 50 Mbps, 175 channel TV, streamtainment) seharga Rp 644.000 per bulan atau paket Supreme X1 4K (up to 100 Mbps, 202 channel TV, streamtainment) seharga Rp 954.000.

4. MNC Play

MNC Play merupakan layanan internet dari salah satu grup media terbesar di Indonesia yaitu MNC Media.

MNC Play menawarkan layanan internet berbasis fiber dengan harga paling murah dibandingkan kompetitornya, yaitu dimulai dari Rp369 ribu per bulan.

Dengan harga tersebut, MNC Play menyediakan beragam layanan mencakup layanan IPTV dan MNC Now.

Karena harga paketnya lebih miring, kecepatan internet yang disediakan pun lebih rendah yaitu hanya sampai 30 Mbps plus. Sementara biaya instalasi untuk pertama kali sebesar Rp200 ribu, belum termasuk biaya PPn 10%.

Untuk paket langganan, MNC Play menyediakan paket yang berbeda untuk konsumen di area Medan dan beberapa kota di Pulau Jawa.

Secara umum, paket berlangganan dibedakan berdasarkan kategori bulan langganan, yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Beragam pilihan paket internet yang disediakan mulai dari 6 Mbps, 10 Mbps, 30 Mbps, 70 Mbps, hingga tinggi 200 Mbps. Harganya mulai dari paling murah Rp 179.000 per bulan hingga paling mahal Rp 849.000 per bulan.

5. My Republic

MyRepublic adalah perusahaan layanan internet asal Singapura yang masuk pasar Indonesia pada tahun 2015. Tidak tanggung-tanggung, MyRepublic menawarkan layanan WiFi dengan kecepatan hingga mencapai 30 Mbps.

Namun, layanan super cepat tersebut juga diimbangi dengan harga paket yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp336 ribu per bulan (edit) untuk layanan tanpa TV dan mulai dari Rp319 ribu per bulan (edit) untuk paket lengkap dengan layanan TV kabel.

Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan untuk pertama kali sebesar Rp500 ribu dan PPn 10%.

Kelebihan lain dari MyRepublic adalah tersedia layanan IPTV dan layanan internet yang dikhususkan untuk gamer dan streamer.

Layanan gaming tersebut dianggap memanjakan para gamer karena memiliki kecepatan download dan upload 1:1 dan menggunakan IP static yang lebih stabil dibandingkan IP dynamic standar.

My Republic menyediakan berbagai pilihan paket internet yang sudah dibundel dengan TV kabel. Misalnya, ada paket Jet MyRepublic (up to 20 Mbps + 63 channel TV) seharga Rp 319.000 per bulan.

Ada pula paket Fast MyRepublic (up to 50 Mbps + 75 channel TV) seharga Rp 489.000 hingga paket Gamer MyRepublic yang paling mahal (up to 150 Mbps + 75 channel TV) seharga Rp 819.000.

Itulah beberapa provider internet yang cocok untuk digunakan di rumah. Semoga bermanfaat.

Tag : #wifi    #internet    #provider    #wifi rumahan   

Baca Juga