Tempat wisata kuliner di Makasaar : Coto Makassar

5 Tempat Wisata Kuliner di Makassar yang Legendaris dan Wajib Kamu Kunjungi

Wanovy | Travel | 08-01-2022

PARBOABOA, Makassar - Makassar memiliki berbagai wisata kuliner yang perlu untuk kamu eksplor. Makanan khas yang menggugah selera dan enak di lidah, namun tetap ramah dalam hal harga.

Makassar termasuk satu dari sekian kota yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia, berkat banyaknya destinasi wisata yang cantik nan menawan.

Selagi berada di sana, wisata kuliner tampaknya tidak kalah menarik untuk dieksplorasi lebih dalam.

Aneka masakan khas Makassar siap memanjakan lidah, dijamin membuat siapapun ketagihan. Untuk memudahkan pemilihan, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Makassar yang legendaris dan wajib kamu kunjungi.

1. Coto Makassar Nusantara

Tempat wisata kuliner di Makassar yang legendaris dan wajib kamu kunjungi adalah Coto Makassar Nusantara. Coto juga jadi hidangan kuliner ikonik dari Kota Makassar.

Di sana warung coto paling terkenal yakni Coto Makassar Nusantara. Dari kalangan orang biasa, wisatawan hingga pejabat selalu mencicipi hidangan coto yang mantap dan lezat ini.

Kamu pasti akan ketagihan saat mencicipi semangkuk kecil coto dengan potongan daging empuk, yang disiram kuah gurih sedap. Supaya bikin kenyang, makannya pakai buras dan cotonya lebih terasa sedap dengan tambahan perasaan jeruk nipis.

Alamat: Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173

2. Sop Konro

Sop Konro juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Makassar yang legendaris. Sop Konro menyediakan berbagai macam masakan Iga Sapi yang memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat yang membuat kamu ketagihan. Bagian yang paling lezat biasanya terletak di sumsum tulangnya.

Kamu bisa menikmati sumsum tersebut dengan menggunakan sedotan. Makanan ini sangat cocok di sajikan pada saat udara dinging.

Salah satu tempat yang menyediakan Sop Konro yang cukup populer ialah Konro Karebosi. Untuk bisa menikmati hidangan di Konro Karebosi kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp70.000.

Alamat: Jl. Gunung Lampo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Makassar

3. Pallubasa Onta

Pallubasa Onta termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Makassar yang cukup populer yang selalu ramai dikunjungi.

Meski nama yang digunakan mengandung unsur Onta, ternyata masakannya menggunakan daging sapi berkualitas sebagai bahan dasar pembuatannya.

Kuahnya yang memiliki cita rasa kuat dan dipadukan dengan telur ayam kampung sebagai pelengkapnya, dianggap sebagai perpaduan mantap tiada dua. Wajar saja jika sajian kuliner ini selalu diburu masyarakat lokal maupun para pelancong.

Alamat: Jl. Onta Lama No.103, Mandala, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132

4. Mie Hengky

Sajian mie kering khas Makassar memang tiada habisnya. Coba saja kamu cicipi mie kering di kedai Mie Hengky. Mie kering legendaris ini  sudah berdiri sejak 1980 dan hingga kini dan rasanya pun tetap sama.

Keunggulan mie kering di sini adalah makanan dimasak per porsi sesuai pesanan sehingga tetap fresh dan rasanya otentik. Selain itu, gorengan dan ati gorengnya juga menggoda untuk dinikmati lho.

Alamat: Jl. Nusantara Kelurahan No.354, RT.002/RW.004, Butung, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173

5. Otak Otak Ibu Elly

Otak otak termasuk salah satu tempat wisata kuliner yang populer yang banyak dijumpai di beberapa daerah, salah satunya Makassar.

Umumnya kuliner ini terbuat dari campuran ikan tenggiri serta tepung gandung yang diolah sedemikian rupa, hingga melahirkan cita rasa tak tertandingi.

Cukup mudah ditemukan di manapun, namun tidak ada yang menyamai kelezatan rasa otak otak ibu Elly. Hebatnya lagi, racikan masakannya dapat bertahan sekitar 1 bulan jika disimpan dalam freezer.

Alamat: Jl. Kijang No.7C, Maricaya Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90142

Untuk sampai ke tempat-tempat wisata kuliner tersebut, kamu bisa menggunakan sarana transportasi yang ada di Kota Makassar. Ini tentu sangat memudahkan kamu yang ingin travelling dengan budget terbatas. Karena ongkos yang dipatok pun tidak terlalu mahal. Hanya mulai dari Rp 5.000-20.000 saja.

Nah, itulah 5 rekomendasi tempat wisata kuliner di Makassar yang legendaris dan wajib kamu coba jika berkunjung kesini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata makassar    #makassar    #wisata    #kuliner    #kulinermakassar    #wisatakuliner   

Baca Juga