Laut Terluas (Dok: Istimewa)

6 Laut Terluas di Dunia, Luasnya sampai Jutaan Kilometer

Martha | Internasional | 07-01-2022

PARBOABOA – Planet Bumi adalah plenet diatas tata surya yang subur dan makmur. Hampir seluruh permukaan bumi 70 persen hampir air menutupi, dengan samudra terbesar, Samudra Pasifik, menempati lebih dari sepertiga permukaan Bumi.

Semua laut yang ada di Bumi ini diperkirakan memiliki volume 1,332 miliar kilometer kubik dan kedalaman rata-rata 3,682,2 meter.

Tetapi, berbagai badan air yang membentuk wilayah lautan total ini memiliki karakteristik yang unik dan ukuran yang beragam. Beberapa diantaranya dinobatkan sebagai laut terluas di dunia.

Berikut penjelasan tentang laut terluas didunia yuk simak.

1. Laut Andaman

Lautan pertama yang termasuk dalam kategori laut terluas didunia adalah laut Andaman. Laut ini memiliki luas sekitar 564.879 km persegi, mempunyai panjang 1200 km, lebar 650 km, dan mempunyai kedalaman rata-rata 870 meter serta kedalaman maksimal lau ini mencapai 3.777 meter.

Laut Andaman ini terletak di beberapa negara yakni tenggara Teluk Benggala, barat Myanmar dan barat Thailand. Laut Andaman merupakan bagian dari Samudera Hindia.

2. Laut Bering

Laut terluas kedua adalah laut bering meiliki luas 2.261.060 km persegi dengan kedalaman rata-rata 5.075 kaki (1.547 m). Laut ini terletak di antara Alaska dan Siberia, laut bering dikenal memiliki beberapa kondisi cuaca yang paling mengerikan dan tak terduga dibumi.

3. Laut Mediterania

Laut ini terhubung ke Samudra Atlantik, dikelilingi oleh wilayah Mediterania dan hampir sepenuhnya tertutup oleh daratan, nama laut ini berasal dari kata latin yang berarti ‘pedalaman’ atau ditengah bumi.

Laut Mediterania memiliki luas 2.509.698 km persegi.

4. Laut Cina Timur

Selanjutnya adalah Laut Cina Timur yang memiliki luas 664.594 km persegi. Laut Cina Timur yang juga disebut dengan Laut Tiongkok Timur merupakan laut tepi yang membentang di sebelah timur Cina yang menghubungkan Jepang, Korea dan juga pesisir timur Cina. Menurut peta, laut Cina Timur ini merupakan bagian dari Samudera Pasifik.

5. Laut Okhotsk

Berikutnya adalah Laut Okhotsk atau laut marjinal dari barat samudra fasifik. Laut ini terletak antara Semenanjung Kamchatka Rusia di timur, Kepulauan Kuril di tenggara, Pulau Hakkaido di selatan.

Laut ini memiliki luas 1.589.700 km persegi dan kedalaman rata-rata 2.749 kaki (838 m).

6. Laut Karibia

Laut Karibia adalah laut dari Samudra Atlantik di daerah tropis dari belahan bumi barat. laut ini dibatasi oleh Meksiko dan Amerika Tengah di barat dan barat daya.

Laut ini memiliki luas 1.049.500 mil persegi dan kedalaman rata-rata 8.685 kaki (2.647 m).

Itulah beberapa daftar laut terluas didunia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita.

Tag : #laut    #terluas    #laut bering    #laut andaman   

Baca Juga