Motor pada MotoGp memiliki Penamaan berupa Kode dengan arti tertentu.

6 Motor Yang Berkompetisi di Ajang MotoGP dan Arti Kodenya

Maraden | Otomotif | 14-09-2021

PARBAOBOA – MotoGP merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia yang disetujui dan diatur oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Sedangkan penyelenggaraan, promotoris dan hak komersial balapan MotoGP dipegang oleh Dorna Sports.

MotoGP juga menjadi ajang unjuk kebolehan dari berbagai produsen atau pabrikan motor seluruh dunia dalam menunjukkan kehebatan dan keunggulan produk mereka, khususnya dari segi mesin dan performa.

Semua motor di kejuaraan MotoGP memiliki nama dan kode unik. 6 motor yang melaju di setiap ajang MotoGP yaitu Honda RC213V, Ducati Desmosedici GP, Yamaha YZR-M1, Suzuki GSX-RR dan Aprilia RS-GP serta KTM RC16.

Berikut arti dari 6 motor yang ikut dalam kompetisi MotoGP tahun ini.

Honda RC213V

Motor balap prototipe Honda ini diberi kode RC yang merupakan motor khusus balap.

RC juga disebut-sebut juga merupakan singkatan dari Racing Competition. Kemudian dua digit angka depan yaitu 21 merupakan produksi di era millenium baru alias abad ke-21.

Sementara angka di digit ketiga tertera angka 3 merupakan generasi 3 yang didesain musim 2012 hingga sekarang.

Sedangkan angka V terakhir mengacu pada konfigurasi mesin yang digunakan yaitu V dengan di bawah 90 derajat. Ada juga yang yang mengungkapkan Angka atau huruf V itu sebagai singkatan dari Victory atau kemenangan.

Ducati Desmosedici GP

Ducati kembali turun di pentas balap motor dunia MotoGP dengan motor yang berkonfigurasi frame dari besi trellis dengan mesin V4 dengan sudut 90 derajat berkubikasi 1.000 cc.

Makanya nama motor MotoGP Ducati disebut Desmosedici atau 16 katup Desmodromic kreasi internal Ducati. Sedangkan GP merupakan kependekan dari Grand Prix.

Yamaha YZR-M1

Kode YZR pada Yamaha itu merupakan warisan dari motor GP 500 2-Tak yaitu YZR500.

Yamaha mempertahankan kode YZR karena merupakan perpanjangan dari Y itu Yamaha, sedangkan Z adalah kode spesifikasi motor kompetisi, dan R mengacu pada Roadracing alias motor balap jalanan.

Untuk M1 merupakan singkatan dari Mission 1 atau menjalani tantangan kompetisi dengan juara pertama.

Ada juga menyebutkan kode M itu dari angka Romawi yang artinya 1.000 mengacu ke kubikasi mesin MotoGP 4-Tak 100cc.

Suzuki GSX-RR

GSX merupakan kode motor dengan mesin 4-Tak produksi Suzuki.

Huruf X menandakan konfigurasi mesin inline atau segaris, sedangkan RR merupakan kode motor Suzuki untuk spesifikasi kompetisi balapan jalanan atau Roadracing.

KTM RC16

Nama motor MotoGP KTM mirip dengan Honda yang memakai kode RC. Itu karena filosofi KTM, yangmengaggap penamaan RC identik dengan motor untuk kompetisi jalanan yang merupakan kependekan dari Racing Competition.

KTM hanya berkode dua digit sesudah RC, yaitu RC16.

Ada yang menjelaskan bila angka 16 menunjukkan tahun debut motor MotoGP KTM turun balapan di MotoGP, yakni tahun 2016.

Ada juga yang membeberkan bila RC16 itu mengacu pada jumlah total katup di silinder mesin motor MotoGP KTM. Mirip dengan kata sedici di Ducati yang berarti 16, yang membuat motor MotoGP-nya diberi nama RC16.

APRILIA RS-GP

Motor prototipe dari Aprilia adalah RS-GP. Kode nama RS ini memang sudah jadi ciri khas motor balap buatan Aprilia. Sejak GP musim 2015, Aprilia turun dengan motor MotoGP hibrid di mana sasis prototipe dari Aprilia RSV4 yang dikasih kode RS-GP.

Kode RS merupakan identitas motor balap atau sport di motor Aprilia. Ada yang juga mengatakan RS itu singkatan dari Racing Sport. Kemudian embel-embel GP yang merupakan singkatan dari Grand Prix alias ajang balap MotoGP.

Tag : otomotif, olahraga, motogp, dorna Sports, arti kode motor motogp

Berita Terkait