6 Pemain Debutan Terburuk dalam Sejarah Liga Inggris, Selain Joao Felix!

Joao Felix harus masuk ke dalam daftar pemain debutan terburuk dalam sejarah Liga Inggris setelah mendapatkan kartu merah dan menelan kekalahan di laga debut bersama Chelsea melawan Fulham. (Foto: AP Photo/Alastair Grant)

PARBOABOA – Setelah bergabung dengan Chelsea, Joao Felix harus menjalani debut yang buruk di Liga Inggris. Pemain pinjaman dari Atletico Madrid ini mendapatkan kartu merah langsung pada laga perdananya di Liga Inggris.

Chelsea kalah 1-2 dari Fulham di Craven Cottage dalam laga tunda pekan ketujuh Liga Inggris 2022/2023. Padahal The Blues lebih dulu unggul di pertandingan tersebut. Satu penyebab kekalahan Chelsea adalah kartu merah yang didapatkan Joao Felix pada awal babak kedua.

Joao Felix dianggap melakukan tekel berbahaya terhadap bek sayap Fulham, Kenny Tete, yang membuat David Coote tak punya pilihan selain mengeluarkan kartu merah yang membuat pemain Portugal itu harus absen dalam tiga laga Chelsea selanjutnya.

Kartu merah di laga debut, plus melihat timnya harus mengalami kekalahan, jelas membuat Joao Felix harus menerima status sebagai debutan yang buruk di Liga Inggris.

Namun, Joao Felix bukanlah pemain pertama yang menjalani debut buruk di Liga Inggris. Berikut enam pemain yang mengalami debut buruk di Liga Inggris.

1. Alex Jankewitz (Southampton) vs Manchester United

Sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bagi Alex Jankewitz ketika ia menjalani laga debutnya bersama Southampton kala bertandang ke Old Trafford.

Namun, Theatre of Dreams terbukti menjadi tempat yang tidak baik bagi pemain berusia 19 tahun itu yang hanya bermain dalam 79 detik saja.

Jankewitz melakukan pelanggaran keras kepada gelandang MU, Scott McTominay dan langsung mendapatkan ganjarannya, membuat timnya kesulitan. Southampton bahkan kalah 0-9 yang menjadi kekalahan terbesar dalam sejarah mereka.

2. Joe Cole (Liverpool) vs Arsenal

Liverpool tampaknya menjadi tim yang beruntung bisa mendapatkan Joe Cole dengan status bebas transfer dari Chelsea pada musim panas 2010.

Pemain asal Inggris itu adalah pemain hebat di Stamford Bridge, memenangkan sejumlah penghargaan dan pada usia 28 tahun tampaknya masih dalam masa-masa keemasannya.

Liverpool pun berhasil memenangkan persaingan untuk bisa mendaratkan gelandang Inggris itu. Namun, pada laga debutnya bersama The Reds, Joe Cole tampil memalukan.

Pelanggaran tak perlu yang dilakukan kepada pemain Arsenal, Laurent Koscielny, pada laga debutnya sukses membuatnya hancur.

Kariernya di Liverpool seperti tidak meningkat dengan signifikan. Bahkan kemudian ia dipinjamkan oleh Liverpool ke Lille pada musim panas selanjutnya.

3. Laurent Koscielny (Arsenal) vs Liverpool

Lucunya, Joe Cole bukan satu-satunya pemain yang mengalami debut buruk di Anfield pada hari itu.

Laurent Koscielny, yang kemudian sukses menjadi legenda Arsenal, memulai kariernya dengan buruk bersama The Gunners. Setelah dilanggar keras oleh Cole, Koscielny dibawa keluar lapangan dengan tandu.

Setelah kembali bermain pad babak kedua, Laurent Koscielny mendapatkan kartu kuning kedua pada masa injury time yang membuatnya turut merasakan hari yang buruk pada saat itu.

4. Teddy Sheringham (Manchester United) vs Tottenham Hotspur

Satu yang menakutkan dalam sepak bola adalah momen kembali ke klub lama untuk kali pertama dengan seragam tim lain.

Teddy Sheringham yang berstatus bintang saat membela Tottenham Hotspur, harus menjalani debut bersama Manchester United (MU) dengan bertandang ke markas Spurs.

Debutnya pun tidak berjalan dengan baik. Sheringham yang direkrut MU sebagai pengganti Eric Cantona, harus melawan Spurs dalam laga debutnya. Suporter Spurs tak hanya kesal, tapi juga tertawa lepas saat melihat Sheringham gagal melakukan eksekusi penalti dan membuat bola melambung tinggi di atas mistar gawang.

Namun, Sheringham membayar kesalahan itu dengan tetap mencetak gol pertama MU dalam pertandingan itu. MU pun meraih kemenangan di markas Spurs.

5. Patrice Evra (Manchester United) vs Manchester City

Mungkin pesepak bola asal Prancis ini bakal tertawa jika mengingat laga debutnya bersama Manchester United (MU) pada 2006.

Evra merupakan bagian dari tim yang menjuarai Liga Champions pada 2008. Namun, Evra yang didatangkan dari AS Monaco, menjalani debutnya di MU dengan tampil dalam derbi Manchester dan berakhir buruk.

Evra mengakui ia memuntahkan sarapannya sebelum bertanding, sebelum ia dikalahkan Trevor Sinclair yang mencetak gol untuk membawa City unggul.

Jelang turun minum, Fergie sudah cukup melihat dan menarik keluar Evra, memberinya perawatan rambut pada jeda pertandingan. Evra pun mengingat momen itu.

"Ferguson menghancurkan semua orang dan datang kepada saya dan mengatakan, 'Anda akan duduk di sebelah saya, dan Anda akan belajar tentang sepak bola Inggris'," kenang Evra.

6. Gervinho (Arsenal) vs Newcastle United

Anda akan berpikir jika Arsenal bisa memberi saran untuk Gervinho yang baru bergabung jelang laga debut menghadapi Newcastle, mungkin Arsenal akan memintanya untuk tidak mengejar Joey Barton.

Pemain sayap ini memulai pertandingan dengan hasil imbang tanpa gol pada laga pembuka musim 2011/2012. Namun, ia mencuri perhatian setelah diusir dari lapangan karena bertengkar dengan Barton pada babak kedua.

Barton merasa kesal dengan upaya buruk Gervinho bisa mendapatkan pelanggaran dari Cheick Tiote, dan menegurnya. Bukannya mengabaikan ocehan Barton, Gervinho memutuskan untuk menantang pemain yang terkenal nakal itu.

Barton kemudian membuat kontak kecil dengan Gervinho, kemudian menamparnya, dan itu cukup untuk membuat Gervinho panas hingga mendapatkan kartu merah. Sementara Barton lolos hanya dengan kartu kuning untuk meneruskan ocehannya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS