60 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Tersedia di DKI untuk Booster Kedua

Rini | Metropolitan | 24-01-2023

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyediakan 60 ribu dosis vaksin untuk mendukung penyuntikan vaksin keempat atau booster kedua yang dimulai hari ini, Selasa (23/01/2023). (Foto: Parboaboa/Lamsari)

PARBOABOA, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan 60 ribu dosis vaksin per hari untuk mendukung program vaksinasi keempat atau booster kedua COVID-19 yang dimulai hari ini, Selasa (24/01/2023).

Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, ada 300 lokasi layanan vaksinasi booster kedua di Jakarta. Seluruh lokasi tersebut melayani penyuntikan setiap hari Senin-Minggu, bahkan hingga sore dan malam hari jam 16.00-20.00 WIB.

"200 dosis disediakan per lokasi, jadi total ada minimal 60 ribu dosis vaksin disediakan tiap hari di 300 lokasi vaksin DKI Jakarta," kata Ngabila Salama dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023)

Tak hanya untuk mendukung vaksinasi keempat, Ngabila memastikan lokasi-lokasi tersebut juga turut melayani penyuntikan dosis pertama, kedua, dan ketiga.

Namun dia mengingatkan, booster kedua hanya diberikan kepada warga yang berusia 18 tahun ke atas sama dengan aturan usia penerima vaksin ketiga. Selain itu, calon pemerima vaksin keempat telah menerima suntikan dosis ketiga minimal 6 bulan sebelumnya.

Dia menambahkan, dosis keempat bisa diberikan tanpa harus menunggu tiket di aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat hanya perlu membawa nomor NIK atau fotokopi KTP ke lokasi vaksinasi.

Sementara itu, untuk suntikan dosis pertama, dan kedua dapat diberikan kepada warga yang berusia 12 tahun ke atas. "Jarak vaksin dosis berapa pun dari sembuh COVID-19 minimal 1 bulan. Jarak vaksin dosis berapa pun dari merk vaksin lain minimal 14 hari," ucapnya.

Tag : #vaksin    #dki jakarta    #metropolitan    #booster kedua    #vaksin keempat    #covid19   

Baca Juga