Apple iPhone 13 Pro Max

6 Daftar HP dengan Kamera Terbaik 2021

Wanovy | Teknologi | 29-11-2021

Kamera menjadi komponen penting pada smartphone. Banyak orang akan menilai kualitas kamera ketika ingin membeli ponsel pintar tersebut.

Khususnya bagi pecinta fotografi, smartphone dengan kamera terbaik pastinya akan mendukung hobi memotret maupun membuat konten digital.

Atau saat berkumpul bersama teman-teman atau keluarga, pastinya ada aktivitas foto bareng. Rasanya kurang pas kalau tidak ada.

Kamera smartphone sendiri memiliki beberapa keunggulan yang disuguhkan, mulai dari keunggulan pada lensa, zoom yang ekstensif hingga peningkatan perangkat lunak dari sistem kamera.

Berikut ini daftar HP dengan kamera terbaik 2021 yang telah kami rangkum dari beberapa sumber:

1. iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max merupakan ponsel dengan kamera yang memukau. Masing-masing menggunakan sensor utama 12MP f/1.5 dengan piksel 1,9µm besar, ultra-wide 12MP f/1.8, dan telefoto 12MP f/2.8, dengan zoom optik 3x.

Seri ini memang sangat baik untuk mengambil foto yang andal dan video 4K yang tajam dan stabil pada 60fps. 

Kestabilan hasil rekaman pada resolusi 4K pada framerate maksimum 60fps dengan dukungan Dolby Vision sangatlah baik. Belum ada smartphone lain yang mendekati tingkat kualitas ini.

Meskipun keduanya tidak memiliki lensa makro khusus, keduanya masih bisa dibilang lebih baik untuk fotografi makro daripada pesaing mana pun.

Lensa kedua ponsel ini menghasilkan jepretan yang dibilang mumpuni dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu ada fitur fotografi dan mode sinematik. Keduanya menjadi unggulan Apple saat mengenalkan produk terbaru ke publik.

Ponsel ini sudah dapat dipesan di Indonesia, dengan harga mulai dari Rp18,449 juta pada iPhone 13 Pro 128 GB.

2. Samsung Galaxy S21 5G

Samsung dengan seri Galaxy S21 yang sudah didukung dengan 5G dimahkotai sebagai HP dengan kamera terbaik tahun ini.

Seri ini memiliki video dengan resolusi 8K dan kemampuan zoom yang luar biasa dan belum ada duanya. Bagi seseorang yang gemar fotografi, Galaxy S21 bisa menggantikan pocket camera.

Samsung menawarkan rentang zoom hingga 30x, Galaxy S21 unggul dalam hal fotografi teleskopik dan kamera utama 12 MP. Kamera ini dapat menangkap objek kecil dengan sangat bagus.

Selain itu, mode malamnya juga tak kalah luar biasa dalam meningkatkan kecerahan gambar.  Tak hanya itu, Galaxy S21 dapat mengambil gambar secara bersamaan dengan ketiga lensanya.

Anda juga dapat mengambil gambar dan merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan, dan merekam beberapa instance yang diperlambat dalam satu video slow-mo.

Key specs:  Rear camera: 12MP, 64MP (3x telephoto), 12MP (wide); Aperture: f/1.8; Stabilisation: optical; Video resolution: 8K at 24fps; Front camera: 10MP

3. Google Pixel 4a

Google Pixel 4a bukaan lebar Pixel 4a sangat cocok untuk fotografi cahaya normal maupun rendah. Pixel 4a menghasilkan gambar dengan rentang dinamis dan saturasi warna yang luar biasa, sedangkan white balance-nya bagus dan akurat.

Adanya Google meningkatkan kinerja algoritma pemrosesan HDR+ dan pengambilan gambar juga lebih cepat. 

Hal terbaik dari ponsel ini adalah kemampuan mode potretnya, baik kamera depan maupun belakang.

Harga yang lebih terjangkau dari ponsel lain, dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda.   Key specs - Rear camera: 12.2MP; Aperture: f/1.7; Stabilisation: optical; Video resolution: 4K at 30fps; Front camera: 8MP.  Harga: Rp5,5 juta - Rp7,5 juta.

4. Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mate 40 Pro memiliki kamera yang terbilang luar biasa. Ponsel ini memiliki lensa utama 50MP f/1.9, periskop 12MP f/3.4 dengan zoom optik 5x, dan lensa ultra-wide 20MP f/1.8.

Ponsel ini memiliki kemampuan penangkapan objek baik dekat maupun jarak jauh, mulai dari bidikan lanskap lebar maupun yang diperbesar. Selain itu juga dapat mengatasi hampir semua kondisi foto dengan kondisi cahaya rendah.

Selain itu Huawei Mate 40 Pro juga memiliki pengaturan di bagian depan, dengan kamera 13MP f/2.4 yang digabungkan dengan sensor time-of-flight (ToF) untuk mendeteksi kedalaman gambar.

Namun Ada banyak mode dan alat fotografi yang tersedia di Huawei Mate 40 Pro juga, dari fitur lukisan cahaya hingga mode fotografi bulan khusus.

Meski begitu ponsel ini tidak terhubung dengan Google yang biasanya ada pada ponsel Android pada umumnya. Di Indonesia Huawei Mate 40 Pro dibanderol dengan harga Rp15,999 juta.

5. Apple iPhone SE (2020)

Para pencinta produk Apple yang ingin kualitas fotonya mirip dengan iPhone 12 namun memiliki dana terbatas, seri SE (2020) dapat menjadi pilihan.

Meskipun tidak memiliki Deep Fusion low-light mode dan night mode, hasil foto tetap sangat bagus.  Adanya A13 Bionic memungkinkan tingkat eksposur yang lebih merata, dengan penggunaan Smart HDR, dan Anda juga dapat merekam video tajam pada 60fps.

Secara keseluruhan, bila dibandingkan dengan pendahulunya pada 2016, iPhone SE (2020) memiliki kamera lebih bagus bahkan pada kondisi minim cahaya. 

Key specs - Rear camera: 12MP; Aperture: f/1.8; Stabilisation: optical; Video resolution: 4K at 60fps; Front camera: 7MP. Harga: Rp6,5 juta - Rp9 juta.

6. Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki kamera berspesifikasi tinggi, tetapi kamera telefoto jadi bagian kamera yang benar-benar menonjol dengan 12MP f/3.0 dengan zoom optik 5x dan zoom digital 50x.

Pada kamera utama memiliki lensa 108MP f/1.8, dan kamera ultra lebar 12MP f/2.2. Kamera dari ponsel ini juga dapat menghasilkan video 8K dan mode Single Take, yang mengambil banyak foto dan video secara bersamaan menggunakan berbagai lensa dan mode, untuk meningkatkan peluang menangkap momen.

Meski demikian foto cahaya rendah tidak sedetail beberapa pesaing, seperti iPhone 12 Pro Max, tetapi selain itu ini adalah pengaturan kamera yang luar biasa, menurut GSM Arena.

Tag : #gadget    #kamera    #kamera hp terbaik    #apple    #samsung   

Baca Juga