Ilustrasi kabel charger rusak

6 Tips Mudah Merawat Kabel Charger HP Supaya Awet

Wanovy | Teknologi | 19-12-2021

Charger HP merupakan perangkat penting yang tidak bisa dipisahkan dari HP. Pasalnya, jika daya HP melemah, maka fungsi dari charger HP adalah untuk mengisinya kembali.

Namun sayangnya, banyak orang yang kurang peduli terhadap perawatan charger HP. Padahal, jika tidak dirawat dengan baik, charger HP bisa rusak. Tak hanya itu, juga bisa menimbulkan korsleting dan membakar benda sekitar

Sebagai pengguna, tentu Anda ingin alat-alat tersebut tidak mudah rusak agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Maka dari itu, berikut ini cara merawat kabel charger HP agar awet.

1. Jangan gulung charger asal-asalan atau tekuk kabel

Kebanyakan dari kita sering tidak memperhatikan cara menggulung dan menekuk kabel charger saat akan membawanya bepergian.

Kebiasaan menggulungnya asal-asalan atau bahkan menekuk kabel charger hingga bagian sambungan antara kabel dengan ujung USB port tidak presisi seperti awal.

Padahal tekanan dari gulungan dan tekukan yang asal-asalan itu bisa jadi salah satu penyebab kabel charger cepat rusak. Alhasil bagian dalamnya putus sehingga tidak optimal lagi untuk menghantarkan listrik. Makanya kebiasaan ini sebaiknya Anda hindari.

 2. Tarik kabel perlahan usai menggunakannya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah setelah melakukan pengisian daya dan melepas kabel dari ponsel, jangan langsung menariknya lewat gulungan kabelnya. Sebaiknya tarik kabel charger melalui ujung yang menghubungkannya pada perangkat.

Menarik melalui ujung kabel tersebut akan membuat kabel charger lebih awet. Cara ini tak hanya dapat dilakukan pada kabel charger saja ya, Anda juga dapat menerapkan pada berbagai jenis kabel lain agar tetap awet.

3. Jangan masukkan charger ke dalam tas yang penuh

Sama dengan sebelumnya, kabel yang tertumpuk atau tertekan barang-barang lain di dalam tas juga dapat menyebabkannya bengkok dan rusak meski sudah digulung dengan benar.

Jika Anda bepergian lebih baik simpan kabel milikmu di bagian terluar dari isi tas agar tidak tertumpuk dan juga mudah dijangkau saat dibutuhkan. Bahkan bakal lebih baik lagi kalau Anda bisa menyimpannya di bagian terpisah dari tas.

4. Jangan menggunakan ponsel ketika diisi

Sebenarnya hal ini tidak melukai bateraimu, melainkan lebih ke kabel. Jika Anda sering menggunakannya di kasur atau sofa sambil sedang diisi, bukan tidak mungkin kamu memanjangkan kabel itu melebihi batasnya, bahkan membengkokkannya.

Apabila Anda berada di sebelah langsung colokannya, tidak jadi masalah, tetapi jika jauh maka sebaiknya Anda tidak menggunakannya dan membiarkannya terisi dahulu sampai penuh.

5. Gulung kabel dengan lembut

Satu hal yang paling sering dihiraukan beberapa pengguna yaitu menggulung kabel dengan sembarangan. Menggulung kabel secara sembarang akan membuat kabel mudah tertekan dan tentu saja menjadi rentan rusak. Lalu, bagaimana cara menggulung kabel charger yang baik? 

Disarankan untuk selalu menggulung kabel secara longgar sebanyak tiga sampai empat kali gulungan dan menyelipkan ujung kabel dengan rapi di antara gulungan tersebut.

Cara ini membuat Anda lebih mudah untuk menyimpan kabel charger pada saku kecil di ransel atau tempat khusus kabel charger agar tetap aman dan tahan lama.

6. Lepaskan charger dari stop kontak

Saat sudah tidak terpakai lagi, pastikan charger yang Anda miliki sudah tidak terhubung lagi dengan stop kontak. Tujuannya sendiri agar kabel charger tidak mengalami kelebihan muatan yang menyebabkannya rusak bahkan terbakar.

Apalagi jika rumah Anda punya aliran listrik yang sering naik-turun atau tidak seimbang. Hal ini dijamin bakal membuat kabel charger yang Anda miliki korsleting.

Nah, itulah 6 tips mudah merawat kabel charger HP yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #kabel charger    #cara merawat kabel charger HP    #penyebab kabel charger rusak   

Baca Juga