TikTok, Instagram dan Facebook menjadi aplikasi teratas dengan unduhan terbanyak di dunia (Dok: Parboaboa)

7 Aplikasi dengan Jumlah Unduhan Terbanyak di Dunia

Sondang | Teknologi | 10-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Perusahaan riset aplikasi, Apptopia telah merilis daftar aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak di dunia. Dan di urutan pertama ditempati oleh aplikasi TikTok.

Tercatat, TikTok dimiliki oleh ByteDance ini telah diunduh sebanyak 656 juta kali. Ia berhasil mengalahkan produk buatan Meta, mulai dari Instagram, Facebook, hingga WhatsApp.

Tiga aplikasi itu masing-masing menempati posisi dua hingga empat dengan jumlah unduhan 545 juta, 416 juta, dan 395 juta.

Daftar 7 Aplikasi dengan Jumlah Unduhan Terbanyak di Dunia

1. TikTok - 656 juta

Seperti yang dijelaskan di atas, TikTok menjadi aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak di dunia. TikTok adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform video music dimana pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat video pendek yang unik dengan cepat dan juga mudah untuk dibagikan dengan teman dan ke seluruh dunia.

Popularitas TikTok terdorong oleh pandemi Covid-19. Situasi pandemi memaksa orang-orang tinggal di rumah dan mencari hiburan. TikTok mendunia karena menjalankan dua strategi. Pertama, induknya yaitu ByteDance meluncurkan dua versi aplikasi untuk pasar Tiongkok (Douyin) dan pasar global (TikTok).

Strategi kedua, TikTok memiliki desain aplikasi yang memudahkan pengguna. Setelah mengunduh platform ini di ponsel, pengguna tidak perlu mengikuti akun orang lain terlebih dahulu.

2. Instagram - 545 juta

Kemudian di posisi kedua ada Instagram yang merupakan salah satu media sosial buatan Meta yang tengah digandrungi banyak orang. Penggunannya pun sangat beragam, mulai dari anak-anakl hingga orangtua. Mulai dari pelajar hingga pebisnis.

Media sosial ini fokus pada platform berbagi foto dan video ini makin meroket popularitasnya hingga mampu disamakan dengan Facebook dan Twitter.

Fitur-fitur menarik seperti filter, Instagram Story, IGTV, dan kemudahan berjejaring lainnya membuat pesona Instagram mampu melekat di hati penggunanya.

Saat diluncurkan untuk pertama kali pada 2010 silam Instagram mengklaim telah memiliki 25.000 orang pendaftar akun.

3. Facebook - 416 juta

Masih dengan produk Meta, Facebook merupakan layanan jejaring sosial media yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

Melalui Facebook, pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lain seperti membuat status, membagikan foto dan video, menambahkan teman, membuat halaman pribadi (fanspage), membuat grup/komunitas, hingga berkirim pesan melalui fitur messenger.

4. WhatsApp - 395 juta

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone, jika dilihat dari fungsinya, WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa Anda pergunakan di ponsel lama.

Namun, WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Jadi, aplikasi ini tak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan, selama data internet sobat memadai.

Meskipun merupakan aplikasi pesan instan, ada yang unik dari WhatsApp. Jadi, sistem pengenalan kontak, verifikasi dan pengiriman pesan tetap dilakukan melalui nomor ponsel yang sudah terlebih dahulu didaftarkan.

5. Telegram - 329 juta

Lanjut, ada telegram yang menduduki urutan kelima sebagai aplikasi dengan unduhan terbanyak di dunia. Telegram merupakan aplikasi perpesanan instan yang dibuat oleh kakak-beradik Nikolai dan Pavel Durov. Keduanya memiliki tanggung jawab yang berbeda ketika mengelola Telegram.

Sebagai aplikasi pesan instan layaknya WhatsApp, Telegram sedianya dapat digunakan pengguna untuk berkirim pesan, foto, dokumen, stiker, GIF, panggilan suara hingga panggilan video. Untuk fitur panggilan video, saat ini baru tersedia di obrolan pribadi saja (one-on-one chat), bukan grup.

6. Snapchat - 327 juta

Snapchat adalah aplikasi pesan mobile yang unik dimana pengguna dapat saling berkirim video dan foto yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik.

Snapchat bisa jadi aplikasi yang menyenangkan untuk berbagi momen dalam rupa video dan foto. Pengguna juga dapat membuat video/foto menjadi lebih ramai dengan menambahkan teks atau coretan pensil.

Video atau foto tersebut dinamai Snap yang kemudian dapat dikirimkan ke teman yang ada di dalam kontak. Selanjutnya, penerima dapat melihat video atau foto tersebut dengan durasi yang ditentukan oleh pengirim.

7. Zoom - 300 juta

Terakhir, ada Zoom yang merupakan aplikasi komunikasi menggunakan video dan dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop.

Zoom didirikan oleh Eric Yuan, yang saat ini menjadi CEO Zoom Technologies, Inc. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk melakukan tatap muka secara jarak jauh dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

Nah, itulah deretan aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak di dunia. Kamu punya aplikasi mana aja nih?

Tag : #aplikasi    #apptopia    #teknologi    #tiktok    #instagram    #facebook    #whatsapp    #telegram    #snapchat    #zoom   

Baca Juga