Monako (Foto: Getty Images)

7 Daftar Negara Terkecil di Dunia

Martha | Travel | 18-01-2022

PARBOABOA – Kemarin kita sudah membahas tentang kota terkecil di Indonesia. sedangkan sekarang kita akan membahas negara mana saja yang luas daerahnya terkecil.

Pada umumnya, setiap negara memiliki daerah kekuasaan yang cukup luas. Namun ternyata ada juga beberapa negara yang termasuk kedalam negara terkecil didunia. Apa aja ya?

Walau pun memiliki luas daerah yang kecil, tapi negara tersebut tetap diakui oleh dunia. Bahkan dinegara yang kecil ini memiliki keindahan alan yang menakjubkan.

Berikut kami beritau deretan negara terkecil di dunia, yuk simak sama-sama.

1. Vatikan

Negara terkecil pertama ada di kota Vatikan. Negara ini memiliki luas hanya 0,44 km2, ukuran yang segitu seukuran lapangan golf. Negara ini berada di dalam kota Roma, Italia dan pemimpinnya adalah Paus.

Walaupun negara ini terbilang mungil, jangan heran bila penduduk yang ada disana mencapai lebih dari 1 juta jiwa.

2. Monako

Negara yang kedua ada kota Monako dan memiliki luas hanya 2,02 km2. Negara ini berada di Eropa Barat, lebih tepatnya di sebelah Prancis.

Negara ini memiliki populasi 39,244 penduduk, serta memiliki keindahan alam yang sangat cantik.

3. Naura

Dirutan yang ketiga ada negara Naura dan dulunya dikenal dengan sebutan Pleasant Island. Luas wilayah negara ini berkisaran 21 km2. Negara ini berada di Samudra Pasifik bagian Selatan.

Dengan ukurannya yang kecil negara ini dapat menampung sekitar 11 jiwa penduduk.

4. Tuvalu

Negara yang berikutnya ada kota Tuvalu, negara ini tidak jauh dari Naura. Tuvalu memiliki luas hanya 26 km2.

Catatan populasi dari negara terkecil di dunia keempat ini mencapai 11.792 jiwa.

Negara ini memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan laut, negara ini termasuk ke dalam kepulauan Polinesia dan berada di Samudera Pasifik atau di antara Hawaii dan Australia.

Nama Tuvalu berarti 'Delapan pulau yang berdiri bersama' dalam bahasa Tuvalu. Hal ini sesuai dengan 8 pulau yang terletak di Samudera Pasifik.

5. San Marino

Negara terkecil di dunia kelima adalah San Marino dengan luas 61 mm2. San Marino pastinya terletak di wilayah Eropa.

Negara ini didirikan oleh seorang tukang batu Kristiani bernama Santo Marinus atau San Marino (dalam bahasa Italia). Negara ini juga ditetapkan sebagai negara tertua di dunia karena dibentuk pada 3 September 301. Populasi dari San Marino ada 33.938 jiwa.

6. Lienchtenstein

Negara yang keenam ada dibagian Eropa Tengah, Lienchtenstein menpunyai luas 160 km2. Lokasi dari Liechtenstein adalah antara Swiss dan Austria dengan populasi 38.317 orang. Mayoritas penduduk yang ada disana beragama Katolik Roma.

7. Pulau Marshall

Negara terkecik terakhir ada di kota Pulau Marshall, negara ini bertetanggaan dengan negara Naura. Negara ini memiliki luas 181,43 km2.

Itulah sederet negara terkecil di dunia, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat buat kalian.

Tag : #negara    #kota    #wisata    #dunia    #vatikan    #manako    #naura   

Baca Juga