Gunung Terpendek di Indonesia (Foto: shutterstock/Berta)

7 Gunung Terpendek di Indonesia yang Cocok Didaki oleh Pemula

Ester | Nasional | 12-10-2022

PARBOABOA – Siapa nih yang hobi naik gunung atau pemula dalam mendaki gunung? Nah, ulasan kami di bawah ini akan membantu kamu dalam mendaki gunung untuk pemula, sebab kami akan memberikan daftar gunung terpendek di Indonesia yang dapat menjadi rekomendasi gunung untuk didaki bagi pemula.

Jika kamu bukan pemula dalam mendaki gunung, daftar gunung terpendek di bawah ini tentu dapat menjadi wawasan tambahan untuk kamu atau bahkan dapat menjadi salah satu rekomendasi gunung yang dapat kamu naiki nantinya.

Lalu gunung apa sajakah yang menjadi gunung terpendek di Indonesia? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

1. Gunung Nglanggeran

Gunung terpendek di Indonesia yang pertama adalah Gunung Nglanggeran. Gunung yang satu ini memang menjadi salah satu gunung yang sering digunakan para pemula untuk mendaki karena ketinggiannya hanya mencapai 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Selain itu, jalur di gunung ini juga ramah untuk para pendaki dan tidak terlalu sulit untuk dilalui. Meski demikian, nuansa yang disajikan oleh gunung ini tetap indah dan dapat dinikmati oleh siapa saja.

2. Gunung Batu Jonggol

Gunung terpendek di Indonesia selanjutnya adalah Gunung Batu Jonggol. Gunung ini berada di daerah Jonggol, Jawa Barat yang memiliki ketinggian 875 mdpl. Tentu hal ini dapat menjadi salah satu rekomendasi gunung yang cocok untuk didaki oleh para pemula.

Selain itu, jalur pendakian yang disajikan oleh Gunung Batu Jonggol juga tidak terlalu sulit untuk dilalui. Selain itu, pemandangan dari gunung ini juga tidak boleh diragukan karena kamu akan disajikan dengan samudera awan yang eksotis dipuncaknya.

3. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung terpendek di Indonesia yang berada di daerah Mojokerto. Gunung ini memiliki pesona yang mirip dengan Gunung Semeru yang terkenal dengan keindahannya.

Dengan ketinggian 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan sering dijadikan salah satu gunung untuk pendaki pemula karena jalur yang diberikan cukup ramah.

4. Gunung Andong

Selanjutnya adalah Gunung Andong. Gunung terpendek yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan gunung pendakian para pemula karena hanya membutuhkan 2 jam untuk sampai ke puncak jika tidak berhenti berjalan.

Gunung yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 1.726 mdpl dimana ketinggian tersebut masih sangat cocok untuk didaki para pemula. Selain itu, jalur yang berikan di gunung ini juga terkesan ramah dan mudah untuk dilewati siapa saja.

5. Gunung Pulosari

Jika membahas gunung terpendek di Indonesia, tidak lengkap jika tidak memasukkan Gunung Pulosari di dalamnya. Gunung yang berada di daerah Pandeglang, Banten ini memiliki ketinggian 1.346 mdpl dan hanya memiliki waktu 2 jam untuk sampai ke puncaknya.

Selain itu, kamu juga akan disajikan dengan panorama dah sepanjang jalur pendakian. Meski demikian, gunung yang satu ini menjadi salah satu gunung aktif di Indonesia yang tetap masih bisa kamu daki.

6. Gunung Batur

Gunung Batur adalah salah satu gunung terpendek di Indonesia yang dikenal sangat cocok untuk didaki para pemula. Gunung yang berada di daerah Kintamani, Bali ini memang dikenal dengan jalur pendakiannya yang mudah.

Tidak hanya itu, gunung ini juga menyajikan pemandangan yang sangat indah dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam untuk sampai puncak. Tidak heran mengapa Gunung Batur menjadi salah satu gunung favorit banyak orang untuk didaki.

7. Gunung Ungaran

Daftar gunung terpendek di Indonesia yang terakhir dan cocok untuk didaki para pemula adalah Gunung Ungaran. Gunung ini berada di daerah Semarang, Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 2.050 mdpl.

Untuk mencapai puncak gunung ini, kamu hanya membutuhkan waktu 4 jam jika berjalan terus. Meski demikian, hal tersebut akan terbayar jika sudah sampai ke puncak karena panorama yang disajikan oleh Gunung Ungaran ini sangat indah.

Tag : #gunung    #terpendek    #nasional    #pendaki    #jonggol    #jawa    #bali   

Baca Juga