Salah satu hewan terbesar laut, Hiu Paus (SHUTTERSTOCK)

7 Hewan Terbesar yang Ada di Laut, Ada Ubur-Ubur Beracun dengan Panjang 30 Meter

Wulan | Hiburan | 18-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Laut merupakan habitat yang tidak terbatas bagi berbagai makhluk hidup. Bahkan, banyak bagian laut yang belum dieksplorasi di dalamnya.

Jika mempertimbangkan luas dan dalamnya lautan, maka bukan hal yang mengherankan bila beberapa hewan terbesar di Bumi dapat hidup di laut.

Maka, itulah yang terjadi saat manusia tinggal di tempat yang belum dijelajahi, seperti lautan. Oleh karenanya, itu juga yang menjadi alasan mengapa sangat sulit untuk mengetahui ukuran makhluk laut tertentu.

Akan tetapi, sekelompok peneliti ilmiah yang memulai survei komprehensif dan tinjauan studi masa lalu, menemukan lebih banyak spesies laut terbesar.

Untuk lebih mengetahui apa saja yang mereka temukan, berikut Parboboa.com telah merangkum hewan terbesar yang ada di laut, Yuk ketahui!

1. Paus Biru

Mungkin dari kamu yang membaca artikel ini pernah sesekali melihat foto paus biru raksasa yang megah, namun jika kamu belum mengetahui seberapa skala hewan ini, maka akan sulit untuk memahami betapa besar ukuran yang dimilikinya.

Paus biru menjadi hewan terbesar di lautan yang pernah ada, bahkan sangking besarnya hewan ini mampu mengalahkan dinosaurus yang berukuran lebih besar sekalipun. Paus biru ini diketahui memiliki panjang sebesar 33 meter dengan berat yang mencapai 441.000 pon.

Hati paus biru ini saja seukuran mobil, lho. Bahkan, suara detak jantungnya dapat didekteksi dari jarak dua mil. Menariknya lari, saat paus biru lahir, mereka sudah menempati peringkat di antara hewan dewasa terbesar.

2. Ubur-Ubur Surai Singa

Sementara paus biru menjadi makhluk laut terbesar secara keseluruhan, ubur-ubur surai singa menempati urutan terastas dalam daftar sebagai yang terpanjang.

Tahukah kamu, ubur-ubur ini memiliki tentakel yang panjangnya mencapai 36,6 meter lho!

Sayangnya dengan tentakel yang panjang ini membuat mereka mudah terjerat dalam puing puing laut atau dengan tentakel lain. Hewan laut ini juga membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkontraksi lantaran mereka lebih rentan terhadap pemangsa yang menyukai lengan ubur-ubur.

Dibalik hal tersebut, konon tentakel panjang pada ubur-ubur surai singa ini dilengkapi racun. Hal tersebut digunakannya untuk memuat jebakan baik untuk mangsa.

3. Paus Sperma

Memiliki panjang hampir 24 meter, paus sperma menjadi paus bergigi terbesar sekaligus pemangsa bergigi terbesar. Jika paus sperma dapat berdiri secara horizontal, maka itu bisa setinggi gedung delapan lantai, lho.

Faktanya, paus sperma juga memilik otak terbesar dari semua hewan yang ada di planet ini. Sayangnya, hewan ini pernag diburu dengan ganas pada abad ke-18, 19, dan 20.

Para pemburu paus sperma akan mencari spermaceti, merupakan zat lilin yang pernah ditemukan di rongga kepala paus, digunakan untuk lilin, sabun, kosmetik, minyak lampu, dan banyak aplikasi komersial lainnya.

4. Hiu Paus

Hewan terbesar di laut selanjutnya adalah whale shark atau hiu paus. Salah satu ikan paling besar di dunia ini menjelajahi lautan di seluruh planet, mereka akan mencari plankton dan melakukan hal-hal lain sama seperti yang dilakukan ikan pada umumnya.

Dengan panjang lebih dari 18 meter, hewan ini termasuk sebagai hewan yang ramah, bahkan terkadang bermain dengan orang yang suka berenang dilingkungan mereka.

Namun, tersebar kabar bahwa ikan ini juga termasuk ke dalam hewan yang terancam punah lantaran mereka masih diburu di beberapa bagian dunia.

5. Hiu Basking

Jenis hiu yang menjadi hewan lautan terbesar selanjutnya adalah hius basking. Hewan ini menjadi terbesar dan pernah tercatat berukuran lebih dari 12 meter, jika diperkirakan hewan ini bisa sepanjang bus sekolah. Hal yang mengesankan dari hius basking adalah memiliki berat dalam kisaran 800 pon.

Hius basking sering terlihat dengan moncongnya yang sangat besar dan sering terbuka lebar di dekat permukaan air. Namun jika berenang di dekat hewan ini kamu tidak perlu khawatir lantaran mereka adalah hewan raksasa lembut dengan pola makan kebanyakan plankton, telur ikan, dan larva.

6. Cumi-Cumi Raksasa

Cephalopoda terpanjang dalam sejarah adalah cumi-cumi raksasa, yaitu dengan total 12 meter. Para ilmuan hanya memiliki sedikit kesempatan untuk mengamati hewan ini karena sangat sulit ditangkap di habitat aslinya.

Cumi-cumi raksasa pertama kali difilmkan di habitatnya, yakni di laut dalam pada tahun 2012 oleh sekelompok ilmuan dari Museum Sains Nasional Jepang.

Berdasarkan apa yang sudah kita ketahui dari hewan ini adalah bahwa ia memiliki jangkauan yang cukup jauh. Tentakel mereka bahkan dapat menangkap mangsa pada jarak lebih dari 30 kaki.

7. Gurita Pasifik Raksasa

Jika cumi-cumi raksasa termasuk sebagai cephalopoda terpanjang, maka gurita Pasifik raksasa merupakan cephalopoda terbesar dari segalanya. Diketahui, gurita besar ini memiliki penyebaran radial lebih dari 9,8 meter.

Walaupun biasanya berwarna coklat kemerahan, gurita dapat berubah warna ketika terancam atau membutuhkan kamuflase.

Secara alami, gurita Pasifik raksasa ini dapat membuka stoples, memecahkan labirin, dan bermain dengan mainan. Di alam liar, hewan ini dapat ditemukan di seluruh Pasifik dari Alaska hingga California, dan sejauh timur laut hingga Jepang.

Nah itulah 7 hewan terbesar di laut. Luas serta dalamnya lautan, membuat hewan-hewan di laut menjadi sulit dipahami. Meskipun misterius, ukuran mereka yang megah seperti raksasa tetap membuat kita terkagum-kagum, ya! Mana nih yang paling menarik perhatian kamu? Komen di bawah ya!

Tag : #terbesar    #hewan laut    #hiburan    #hewan terbesar di laut    #paus biru    #ubur-ubur surai singa    #paus sperma    #hiu paus   

Baca Juga