Kantor Pos dalam air di Republik Vanuatu

Peringati Hari Pos Sedunia, Berikut 7 Kantor Pos Terunik, Salah Satunya Bisa Kirim Surat dari Neraka

rini | Hiburan | 09-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Mengirim surat melalui Kantor Pos pernah menjadi fasilitas komunikasi andalan manusia, sebelum teknologi berkembang secanggih saat ini.

Pengaruh Kantor Pos sampai saat ini tidak bisa disingkirkan dari kehidupan masyarakat, terkhusus untuk layanan pengiriman barang dan dokumen.

Biasanya bangunan Kantor Pos didirikan di lokasi yang strategis dan gampang dijangkau masyarakat. Namun beberapa Kantor Pos di penjuru dunia ini dibangun dengan keunikan dan keanehan yang sukses membuat bingung, ada yang didirikan di kota terpencil, hingga di dalam air.

Berikut 7 Kantor Pos Paling aneh yang ada di dunia:

1. Kantor Pos Bawah Air Vanuatu, Republik Vanuatu

Kantor pos bawah air Vanuatu ini didirikan di dalam laut sehingga cukup merepotkan untuk dijangkau. Kantor pos yang berlokasi di pesisir Hideaway Island, Vanuatu ini merupakan kantor pos pertama yang berada di dasar laut untuk merayakan status republik Vanuatu sebagai negara  surga bawah air. Kantor Pos ini didirikan pada 30 Juni 2003.

2. Kantor Pos China, Base Camp Everest, Nepal

Kantor pos ini berada di sekitar base camp pendakian Gunung Everest di Qomolangma, Daerah Otonomi Tibet.  Kantor pos ini dikenal sebagai kantor pos dengan lokasi tertinggi di dunia. Kantor pos ini melayani sekitar 30 pelanggan tiap hari dan hanya buka selama 7 bulan, yaitu dari bulan April hingga Oktober.

3. Kantor Pos Bay, Pulau Floreana, Kep. Galapagos

Bangunan kantor pos ini hanya berupa tumpukan kayu yang dibentuk mirip sangkar burung yang berantakan dan di sekitarnya bertumpukan papan-papan kayu tua yang bertulis nama dan tanggal surat untuk mengenang pengiriman-pengiriman surat sebelumnya.

Kantor pos ini sudah ada sejak abad ke-18, yang waktu itu dibuat oleh para penangkap ikan paus yang singgah di pulau ini untuk beristirahat. Melalui kantor tidak resmi inilah mereka mengirim surat kepada keluarga. Surat-surat tersebut nantinya akan diambil oleh para pelaut lain yang singgah sebelum pulang, untuk nantinya diantar ke alamat surat yang dituju

4. Kantor Pos Republik Molossia, Negara Mikro Molossia

Kantor pos ini beridiri di negara mikro Molossua yang terletak di Nevada, AS. Molossia sendiri adalah negara kecil yang hanya dihuni oleh 12 penduduk.

5. Kantor Pos Pangkalan Inggris, Pelabuhan Lockroy, Semenanjung Antartika

Di antara kantor-kantor pos lainnya, ini adalah kantor paling terpencil di dunia yang terletak di kutub, bagian paling utara pula. Walaupun sangat terpencil, Kantor Pos ini setiap tahunnya menerima kartu pos yang cukup banyak, yaitu sekitar 70 ribu kartu pos yang berasal dari 100 negara di dunia.

6. Kantor Pos Ochopee, Collier, Florida

Kantor Pos Ochopee menjadi kantor pos terkecil di Amerika Serikat. Ukuran bangunannya hanya tujuh kali delapan kaki. Petugas posnya juga hanya satu orang, yang bertugas mengelola surat masuk sekaligus yang mengantarkan surat ke alamat tujuan.

7. Kantor Pos Neraka, Kepulauan Grand Cayman

Kantor pos ini berada di Hell, sebuah kawasan di kepulauan Grand Cayman. Uniknya, cap pos di kantor pos ini bertulis “Kantor Pos Dari Neraka” yang seakan-akan surat dan dokumen yang dikirim berasal dari neraka.

Tag : #hiburan    #hari pos sedunia    #kantor pos terunik    #aneh   

Baca Juga