Pintu rumah cantik, sumber: Courtina.com

7 Model Pintu Rumah Cantik Masa Kini

Wanovy | Rumah | 14-03-2022

PARBOABOA - Kita semua tahu, bahwa desain pintu itu sangat berpengaruh pada bentuk hunian. Pemilihan model pintu adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Dari sekian banyak model yang ada, salah satu yang sering menjadi andalan yakni model pintu rumah cantik.

Selain untuk keamanan dan sarana keluar masuk rumah, pintu juga mempengaruhi estetika dari rumah tersebut.

Terlebih lagi, pintu adalah hal yang pertama kali dilihat oleh tamu atau orang yang datang ke rumah kita.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari referensi model pintu rumah cantik, maka kamu sedang berada di tempat yang tepat. Berikut ini beberapa model pintu rumah cantik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Model Pintu Rumah Klasik / Tradisional

(Sumber: Pinterest.com)

Model pintu rumah cantik berikut ini adalah salah satu gaya desain pintu paling populer. Bentukan pintu jenis ini umumnya terdiri dari panel persegi dengan kombinasi yang variatif.

Terkadang dikombinasikan dengan kaca. Kebanyakan pintu dengan desain seperti ini menggunakan material kayu. Beberapa material kayu yang sering dipakai adalah kayu jati belanda dan pinus.

Desain klasik seperti ini cocok untuk gaya hunian apa saja, terutama klasik. Namun, tidak terlalu cocok untuk kamu yang ingin memiliki bukaan pintu yang besar.

Pada bagian depan desain pintu klasik ini, terdapat dua tanaman hijau dalam pot yang membuatnya semakin cantik.

Nah, bagi kamu yang lebih mementingkan fungsionalitas daripada dekorasi, tanaman hijau tersebut bisa diganti dengan rak sepatu.

2. Pintu Depan Rumah Minimalis

(Sumber: rumah.com)

Desain minimalis tren sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang. Desain minimalis memiliki karakteristik simpel, baik dalam bentuk dan fungsi.

Desain ini banyak diminati karena mampu membuat ruangan tampak lebih lapang. Begitu pula dengan desain pintu depan rumah minimalis.

Pasalnya, model pintu rumah cantik ini mempunyai detail yang sederhana dengan kombinasi satu atau dua bahan.

3. Model Pintu Minimalis dari Kayu

(Sumber: superapp.com)

Model pintu kayu ini, memadukan antara gaya modern dan klasik dalam satu bidang. Permukaan kayu horisontal yang mulus, memperoleh update kontemporer dengan adanya pegangan gagang hitam halus yang membentang dari atas ke bawah.

Bisa dibilang jika model pintu rumah cantik ini terlihat spektakuler. Model pintu ini mampu menonjolkan kepribadian dan juga gaya yang bisa disesuaikan secara ekpresif. Pintu ini sangat cocok jika dipadukan dengan tembok berwarna putih bersih.

Sedangkan untuk warna pintunya, bisa disesuaikan dengan keinginan Sedulur. Baik itu warna cokelat gelap ataupun cokelat terang, semuanya terlihat bagus, kok.

4. Model Pintu Rumah Monokrom

(Sumber: Pinterest.com)

Bagi kamu yang ingin menampilkan kesan sederhana sekaligus modern pada hunian, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan warna monokrom pada furniture, tidak terkecuali dengan pintu bagian depan.

Hal ini bisa menjadi daya tarik bagi setiap orang yang melihatnya. Seperti yang tampak pada gambar model pintu rumah cantik di atas, sebuah pintu dan jendela berbingkai hitam akan terlihat cantik jika dipadukan dengan dinding berwarna putih.

Terlebih lagi, akses krom pada gagang dan juga lubang kunci menguatkan sisi monokrom yang dihadirkan.

Namun jangan hanya melihat desainnya saja, pastikan juga bahan yang digunakan adalah kayu yang berkualitas, ya.

5. Pintu Rumah Cantik Ukir

(Sumber: Pinterest.com)

Pintu ukir yang biasanya merupakan pekerjaan pengrajin ini merupakan pilihan tepat untuk menghadirkan kesan etnik pada hunian.

Biasanya desain pintu seperti lebih cocok digunakan untuk villa atau resor karena kesan natural yang bisa diciptakannya.

Untuk memberikan tampilan yang maksimal, kombinasikan kehadiran pintu ukir ini dengan perabot rumah tangga ukir ataupun furnitur berbahan natural lainnya.

Meski bisa memberikan kesan mewah, pintu ukir memerlukan waktu cukup lama untuk pengerjaannya dan tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada pintu pada umumnya

6. Pintu Depan Rumah Lengkung

(Sumber: rumah.com)

Lengkungan pada pintu memberi kesan dinamis. Pintu depan rumah yang melengkung membuat eksterior lebih lembut, tidak terlalu kaku, walaupun sebenarnya pintu lengkung masuk ke dalam kategori desain klasik yang umumnya memberi kesan formal.

Jika kamu ingin menggunakan model pintu rumah cantik lengkung tapi tak mau tampilan rumah yang terlalu klasik, kombinasikan pintu depan yang melengkung dengan cat dinding luar rumah warna cerah.

Cara ini bisa membuat rumah tampak hangat dan ceria. Atau bisa juga kamu memadukan pintu lengkung dengan material bata expose pada dinding luar rumah untuk menghasilkan kesan natural dan homey.

Sayangnya, sebagian besar pintu depan lengkung menggunakan kayu sebagai bahan materialnya, dan dibuat secara custom-made. Akibatnya harga pintu dengan desain ini lebih mahal dari pintu biasa.

Dan waktu pengerjaannya pun lebih lama. Tetapi kini mulai banyak diproduksi pintu depan lengkung yang terbuat dari aluminium untuk mempermudah pengerjaannya

7. Model Pintu Rumah Bergaya Rustic

(Sumber: dekoruma.com)

Model pintu rumah cantik satu ini terinspirasi dari era awal perkembangan arsitektur.

Dengan banyak elemen kayu yang menonjol juga metal, desain pintu ini sangat selaras untuk menghidupkan gaya industrial ataupun old fashioned pada hunian kamu. Apalagi jika hunian memang banyak menggunakan perabot industrial ataupun old fashioned interior.

Selain sulit dicari, pengerjaan desain pintu rustic biasanya lebih sulit dan memakan waktu cukup lama karena memiliki banyak detail dan komponen pelengkap.

Namun, tentu usaha ini nggak akan sia-sia karena desain pintu seperti ini akan membuat hunian tampil beda dan menonjol.

Itulah beberapa model pintu rumah cantik yang bisa kamu jadikan bahan referensi. Semoga bermanfaat!

Tag : #rumah    #desain rumah    #rumah minimalis    #pintu rumah   

Baca Juga