Negara penghasil tambang terbesar di dunia (sumber: Paul Q. Warren-Columbia.edu)

7 Negara Penghasil Tembaga Terbesar di Dunia

Wulan | Internasional | 18-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Kali ini kita akan membahas tentang negara penghasil tembaga terbesar di dunia.

Tembaga merupakan salah satu logam yang banyak digunakan di dunia, salah satunya yakni dalam industri kabel listrik. Selain mudah ditekuk dan dibentuk, tembaga juga penghantar listrik yang dinilai baik.

Tembaga juga memiliki banyak manfaat untuk manusia, seperti sebagai kabel, konstruksi bangunan dan bagian dari mesin.

Tahukah kamu negara apa saja yang menghasilkan tembaga terbesar di dunia? Negara Indonesia ternyata menjadi salah satu di antaranya.

Berikut ini 5 negara penghasil tembaga terbesar di dunia.

1. Indonesia

Indonesia termasuk dalam daftar negara dengan penghasil tembaga terbesar di dunia. Diketahui, tambang terbesar di indonesia berada di wilayah Papua. Bahkan, sudah mencapai 28 miliar ton metrik. Tak hanya Papua, penghasil tembaga terbesar di Indonesia juga terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Tengah.

2. Chile

Terletak di Amerika Selatan, Chile menjadi salah satu negara penghasil tembaga terbesar di dunia. Pada 2020 lalu, Chile memiliki 200 miliar ton metrik tembaga. Salah satu tambang tembaga yang cukup populer hingga mendunia adalah Codelco.

3. Rusia

Rusia merupakan negara yang memiliki luas wilayah yang sangat besar dan memiliki cadangan tembaga hingga 61 miliar ton metrik. Di negara ini, komoditas tembaga menjadi penghasilan yang cukup signifikan.

4. China

Negara China juga diketahui memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia yakni sekitar 26 miliar ton metrik. Adapun tembang yang terkenal di negara ini adalah tambang tembaga Tongchang dan Yongping di Dexing, Provinsi Jiangxi. Bahkan sampai detik ini, Indonesia masih berkontribusi pada industri tembaga dunia sebanyak 3 persen dari total candangan tembaga di permukaan bumi.

5. Meksiko

Meksiko juga masuk dalam daftar negara penghasil tembaga terbesar di dunia. Pada tahun 2020, negara ini memiliki 53 miliar ton metrik dan menjadi kawasan tembaga terbesar di Amerika Tengah yaitu Buenavista.

6. Australia dan Peru

Australia dan peru merupakan negara penghasil tembaga terbesar di dunia.

Diketahui, Australia dan Peru memiliki cadangan sekitar 87 miliar ton metrik. Salah satu tambang tembaga yang aktif di Australia adalah Boddington, dan di Peru terletak di Antamina.

7. Amerika Serikat

Terakhir negara dengan poenghasil tembang terbesar adalah Amerika Serikat. Pada 2020 lalu, Amerika Serikat diketahui memiliki cadangan tembaga sekitar 51 miliar ton metrik. Tambang terbesar negara ini adalah Morenci yang terletak di Arizona.

Tag : #tembaga    #dunia    #internasional    #penghasil tembaga terbesar di dunia    #indonesia    #chile    #rusia    #china    #meksiko    #australia   

Baca Juga