Bikin Segar di Pagi Hari, 7 Olahraga Ringan Ini Wajib Kamu Coba

Bikin Segar di Pagi Hari, 7 Olahraga Ringan Ini Wajib Kamu Coba

Sondang | Olahraga | 23-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Pagi hari merupakan awal yang baik untuk melakukan olahraga. Selain menambah semangat dan mood sepanjang hari, kamu pun bisa lebih sehat dan pastinya menambah napsu makan.

Namun, sebagian orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan olahraga. Pergi ke gym di pagi hari tampaknya bukan pilihan yang baik terlebih jika kamu butuh waktu yang panjang untuk menempuhnya.

Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan 7 olahraga ringan ini. Tak hanya cepat, olahraga ini juga sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah saja. Yuk simak kelanjutannya!

1. Jogging

Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun banyak orang memilih untuk jogging di pagi hari. Tujuan utama jogging adalah untuk mempertahankan tempo gerakan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada tubuh. Ada banyak manfaat jogging pagi yang bisa didapat.

Udara pagi yang masih segar dan ringan dari polusi membuat manfaat jogging pagi makin menyehatkan. Manfaat jogging pagi dapat memengaruhi kualitas tidur, mood, hingga mencegah risiko penyakit kronis. Manfaat jogging pagi bisa dilakukan setiap hari paling tidak 12 menit.

Jogging di luar ruangan di sisi lain membuat tubuh tetap terhubung dengan alam. Manfaat jogging pagi yang paling penting adalah mendapatkan udara segar, cukup istirahat, dan bisa membakar lebih banyak lemak.

2. Jalan Santai

Berjalan kaki merupakan aktivitas murah dan mudah yang bisa kamu lakukan setiap hari. Berjalan kaki akan lebih menyehatkan jika dilakukan di pagi hari, karena tubuh akan mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari yang baik untuk kesehatan.

Banyak manfaat yang akan kamu dapat dari berjalan kaki, seperti meningkatkan energi, memperbaiki postur, meningkatkan sistem imun, mengurangi stres, dan masih banyak lagi.

3. Stretching

Stretching di pagi hari adalah cara positif untuk memulai harimu. Jadi bukan langsung terburu-buru bangun, tapi mulailah harimu dengan melakukan peregangan otot-otot tubuh yang penting.

Stretching bisa menjaga tubuh tetap sehat karena meningkatkan aliran darah ke otot-otot tubuh yang lama beristirahat saat kita tidur. Gak heran, orang yang rajin melakukan stretching di pagi hari punya energi lebih, dan tidak mudah mengantuk saat siang.

4. Plank

Plank merupakan salah satu jenis olahraga, yang mengharuskan setiap orang yang melakukannya untuk menempatkan kedua tangannya (termasuk siku) ke permukaan lantai.

Setelah itu, memposisikan tubuh layaknya sedang melakukan push-up. Maka dari itu, karena posisinya yang mirip seperti push-up. Namun sebenarnya, plank berbeda dengan push-up.

Plank memberikan manfaat yang jauh lebih banyak jika dilakukan di pagi hari. Manfaat plank di pagi hari tidak hanya mampu membentuk dan memperkuat otot perut saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti meningkatkan vitalitas tubuh.

5. Squat

Banyak orang lupa untuk melatih tubuh bagian bawah hingga mereka banyak menemui paha-paha lemas berlemak. Nah, squat cocok untuk kamu pilih di pagi hari.

Gerakan squat adalah salah satu latihan yang baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan inti otot, jika Anda melakukan latihan ini secara teratur, maka Anda dapat mengencangkan otot paha dan bokong serta meningkatkan sirkulasi pencernaan.

6. Push Up

Push up adalah gerakan olahraga sederhana, namun efektif untuk membantu meningkatkan kekuatan di tubuh bagian atas dan inti kamu. Latihan yang menggunakan berat badan sendiri sebagai bebannya ini bisa melatih otot-otot pectoral di dada dan trisep kamu, yaitu otot-otot di bagian belakang lengan atas.

Tak perlu repot, kamu bisa melakukan push up hanya di kamar saja. Namun sebelum itu, kamu harus minum air putih terlebih dahulu setelah bangun tidur. Hal ini dilakukan agar tubuh mu dapat melakukan push up dengan baik di pagi hari.

8. Yoga

Yoga kini menjadi salah satu olahraga yang cukup banyak digandrungi. Jika sebelumnya yoga dikenal sebagai olahraga meditasi, kini yoga juga dipercaya dapat membakar kalori hingga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung, nyeri sendi, dan melawan stres. Jika dilakukan dengan benar, olahraga satu ini memang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

Cara terbaik melakukan yoga adalah saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Pikiran akan jauh lebih segar dan kamu siap melakukan aktivitas dengan penuh semangat.

Manfaat Olahraga Pagi:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

2. Menyehatkan jantung

3. Membentuk tubuh lebih bagus

4. Menjaga berat badan tetap ideal

5. Mengurangi stres

6. Menambah semangat pagi

7. Lebih disiplin bangun pagi

8. Meningkatkan konsentrasi

9. Meningkatkan rasa percaya diri

10. Memperbaiki kualitas tidur

Tag : olahraga, pagi hari, tips, jogging, jalan, squad, plank, stretching, push up, yoga

Berita Terkait