Statue of Unity yang berada di India menjadi patung terbesar di dunia (STATUEOFUNITY.IN)

7 Patung Tertinggi di Dunia, 182 Meter Menyentuh Awan

Wulan | Internasional | 16-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Patung biasanya menjadi ikon disebuah daerah atau tempat. Maka tak jarang jika patung menjadi daya tarik wisata yang memiliki nilai seni tinggi.

Daya tarik wisata tidak hanya terletak pada nilai seninya, tetapi juga dari ketinggian yang dimilikinya. Ada beberapa patung tertinggi di dunia yang kerap menjadi destinasi wisata di berbagai tempat.

Seperti Liberty (New York) atau Christ the Redeemer (Brazil). Tidak hanya cantik dan megah, tapi juga memiki ketinggian yang luar biasa. Inilah beberapa patung tertinggi di dunia yang telah dirangkum Parboaboa dan bisa kamu masukan dalam list perjalanan wisatamu nanti.

Deretan Patung Tertinggi di Dunia

1. Statue of Unity (182 M)

Patung tertinggi di dunia yang berada di posisi pertama adalah Statue of Unity di India. Patung ini diresmikan pada 2018. Statue of Unity terletak di pulau yang berada di dekat sungai, menghadap ke Bendungan Narmada dekat Rajpipla atau sekitar 100 km tenggara kota Vadodara.

Statue of Unity dibangun untuk menghormati pahlawan kemerdekaan dan Menteri Dalam Negeri pertama di India, bernama Sardar Vallbhbhai Patel. Selain itu, patung ini dibangun di atas lahan lebih dari dua hektare. Diketahui, pembangunan patung ini sudah memakan biaya sebesar Rp 6 triliun, Lho.

2. Spring Temple Buddha (153 M)

Patung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Spring Temple Buddha yang berada di Tiongkok. Patung ini terletak di daerah terpencil di Fodushan Scenic Area, Provinsi Henan. Diketahui, tinggi pantung ini mencapai 153 Meter.

Adapun pembangunan patung ini dimulai tahun 2008. Selain itu patung ini juga dibuat dengan beberapa benda-benda mahal seperti 108 kg emas, 3300 ton tembaga, dan 15 ribu ton baja.

3. Laykyun Sekkya (116 M)

Lakyung Sekkya merupakan patung tertinggi di dunia yang berada di Myanmar. Patung ini dibangun pada tahun 1996 dan selesai pada tahun 2008.

Daya tarik yang dimiliki patung ini tidak hanya terletak pada ketinggiannya, namun juga pada bentuknya yang unik. Hal tersebut membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke lokasi patung ini.

4. Ushiku Daibutsu (100 M)

Patung Ushiku Daibutsu yang terletak di Ibaraki, Jepang, merupakan salah satu patung tertinggi di dunia. Proyek pembangunan patung ini dimulai pada 1995 dan selesai pada 2002.

Ushiku Daibutsu memiliki ketinggian 330 kaki atau sekitar 100 meter. Jika ditambah dengan permukaan alasnya, maka ketinggian patung ini bisa mencapai 390 kaki atau 120 meter.

5. Sendai Daikannon (100 M)

Sendal Daikannon merupakan patung Nyoirin Kannon atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dewi Kwam Im. Sendai Daikannon terletak di Sendai, Jepang. Patung dengan tinggi 330 kaki atau sekitar 100 meter ini merupakan patung dewi tertinggi di Jepang dan termasuk patung tertinggi di dunia.

6. Guishan Guanyin of Thousand Hands and Eyes (99 M)

Guishan Guanyin of Thousand Hands and Eyes juga masuk kedalam kategori patung tertinggi di dunia. Patung ini terletak di Weishan, Provinsi Hunan, Cina. Diketahui, patung ini terbuat dari perunggu yang berlapis dengan emas.

Patung Guishan Guanyin of Thousand Hands and Eyes dengan ketinggian 99 meter ini menggambarkan Avalokitesvara. Dalam proses pembangunannya, patung yang mempunyai 33 lengan ini memakan biaya hingga Rp500 miliar. Wah fantastis banget ya!

7. Peter the Great (98 M)

Patung Peter the Great Statue memiliki tinggi sekitar 98 meter dan berada di Moskow, Rusia. Meskipun termasuk patung tertinggi di dunia, namun patung ini beberapa kali masuk kategori patung terjelek di dunia.

Patung ini didedikasikan untuk pemimpin dan kaisar Peter the Great. Peter  sendiri dianggap sebagai pemimpin yang berpengaruh dan dikenal karena memodernisasi Rusia.

Itulah beberapa patung tertinggi di dunia yang harus kamu ketahui. Mana nih yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu? Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita ya, kids. Terimakasih

Tag : #tertinggi    #patung tertinggi    #internasional    #statue of unity    #spring temple buddha    #laykyun sekkya    #ushiku daibutsu   

Baca Juga