beragam aplikasi yang telah diciptakan

9 Aplikasi Jahat, Disarankan Untuk Segera Dihapus

sondang | Teknologi | 06-07-2021

Saat ini telah terdata, ada 9 aplikasi android yang mengandung malware dari Play Store. Dikutip dari Ars Technica, Senin (5/7), aplikasi itu disebut bisa mencuri password akun milik pengguna Facebook. Parahnya lagi, 9 aplikasi itu secara total sudah diunduh lebih dari 5,8 juta kali.

Menurut perusahaan keamanan Rusia Dr. Web, aplikasi itu sekilas mirip layanan. Untuk mengelabui pengguna, aplikasi jahat itu menyamar sebagai edit foto, horoskop dan penghapus file.

Begitu pengguna memilih opsi itu, aplikasi-aplikasi tersebut kemudian menampilkan halaman login Facebook lengkap dengan kolom agar pengguna memasukan username dan password.

Setelah memasukkan password, kredensial tadi dikirimkan ke komputer yang dikontrol oleh hacker menggunakan kode jahat.

Dr. Web mengatakan secara total pihaknya telah menemukan 10 aplikasi jahat dan sembilan di antaranya tersedia di Google Play Store.

Dr.Web juga merekomendasikan untuk pemilik perangkat Android selalu menginstall aplikasi dari pengembang yang dikenal dan dipercaya. Selain itu mereka diminta juga melihat ulasan pengguna lain mengenai aplikasi.

"Ulasan tidak bisa memberikan jaminan mutlak aplikasi itu tidak berbahaya namun masih bisa memperingatkan Anda mengenai potensi ancaman. Anda juga harus memperhatikan kapan dan aplikasi mana yang meminta Anda untuk masuk ke akun Anda," jelas Dr.Web.

Dr.Web menambahkan jika curiga pada sesuatu program, sebaiknya untuk langsung dihapus saja. "Jika Anda tidak yakin bahwa apa yang Anda lakukan aman, akan lebih baik bagi Anda untuk tidak melanjutkan lebih jauh dan menghapus program yang mencurigakan," ungkap Dr.Web.

Berikut daftar sembilan aplikasi jahat bisa mencuri password Facebook.

1. PIP Photo†

2. Processing Photo†

3. Rubbish Cleaner†

4. Horoscope Daily†

5. Inwell Fitness†

6. App Lock Keep†

7. Lockit Master

8. Horoscope Pi

9. App Lock Manager

Tag : #teknologi    #metropolitan    #hiburan   

Baca Juga