Foto: Dok BPBD Bandung Barat

9 Bangunan di Cikalongwetan rusak dihantam Angin Puting Beliung

Martha | Nasional | 28-12-2021

PARBOABOA, Bandung Barat – Angin puting beliung menghantam Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, dan mengakibatkan 8 rumah warga dan 1 masjid jadi rusak karena bencana alam ini.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, kejadian alam ini merusak pemukiman warga dan masjid di Desa Cipada, kerusakan yang dialami ada yang ringan hingga berat bahkan sampai menyebabkan aliran listrik mati total.

Peristiwa angin puting beliung ini berawal dari turunya hujan yang deras, dan kemudian tiba-tiba muncul angin puting beling hingga menyapu 9 bangunan yang ada disana. Kejadian ini terjadi pada Senin (27/12) petang.

“Awalnya itu saat turun hujan deras, lalu datang angin puting beliung tersebut,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) pada BPBD Bandung Barat Asep Sulaeman, Selasa (28/12/2021).

Setelah kejadian itu para warga setempat dan petugas gabungan langsung melakukan evakuasi pohon yang tumbang menimpa rumah dan masjid warga, dengan cara memotongnya menggunakan gergaji mesin.

Beruntung nya tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu, karena saat kejadian penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri. Untuk saat ini petugas BPBD masih berada di TKP kejadian untuk membantu membereskan material bangunan dan pohon yang tumbang.

Tag : #bencana alam    #angin puting beliung    #bandung barat    #BPBD   

Baca Juga