Risa Saraswati (Wowkeren.com)

Jangan Nonton Sendirian, Berikut 9 Film Risa Saraswati yang Bikin Merinding

Sarah | Daerah | 01-08-2022

PARBOABOA - Buat para pencinta cerita dan film horor, mungkin sudah tidak asing dengan nama Risa Saraswati.

Nama Risa Saraswati sendiri sudah sangat lekat dengan hal-hal yang berbau misteri. Risa Saraswati merupakan seorang penulis novel horor yang sudah sangat terkenal di tanah air.

Novel tulisnya telah banyak diadaptasi menjadi film layar lebar. Hampir semua novel yang ia tulis bertema horor, karena beliau disebut sebagai seorang indigo yang mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib.

Setidaknya ada 9 judul film yang diangkat dari novel karangannya. Mulai dari buku pertamanya yang berjudul Danur hingga buku keterakhirnya yang berjudul Ivanna. Yuk ikuti ulasan berikut!

Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Risa Saraswati

1. Danur: I Can See Ghost (2017)

Sebelum diadaptasi menjadi sebuah film, buku Danur ini telah mencuri perhatian para pecinta horor. Hal itu dikarenakan buku tersebut memang diadaptasi dari kisah nyata sang penulis, Risa Saraswati.

Pemeran utamanya adalah Prilly Latuconsina, Shareefa Danish, Sandrinna Michelle, Kinaryosih dan lainnya.

Film ini tercatat sebagai film horor terlaris pada tahun 2017 dengan total pendapatan kotor sebesar Rp95,7 miliar.

2. Danur 2: Maddah (2018)

Sukses dengan film pertamanya, Risa kembali menyuguhkan sekuel berjudul Danur: Maddah (2018). Film ini masih membahas tentang petualangan Risa dengan Peter cs. Pemeran utama dari film ini masih diduduki oleh Prilly Latuconsina.

3. Danur 3: Sunyaruri (2019)

Film Danur: Sunyaruri (2019) ini mengambil latar waktu ketika Risa sudah beranjak dewasa.

Setelah dewasa, Risa ingin menutup mata batinnya yang dapat melihat hal gaib. Teman-teman hantu kecilnya yang sudah menemaninya sejak lama, kini siap ia tinggalkan. Apalagi kini Risa telah memiliki calon suami sehingga ia berharap dapat hidup normal tanpa Peter dan rekan-rekannya.

4. Asih (2018)

Asih merupakan nama salah satu sosok tak kasat mata yang dikenal oleh Risa Saraswati dan ditulisnya menjadi sebuah novel. Novel ini diadaptasi ke layar lebar dengan judul yang sama, dan rilis 11 Oktober 2018.

Film Asih ini menceritakan tentang masa lalu Asih sebelum menjadi makhluk tak kasat mata.

Kisah pilu dan tragis yang dialami Asih semasa hidup membuatnya menjadi sosok hantu jahat yang tertarik dengan anak kecil. Hal itu pulalah yang membuat Riri mengaku takut dengan sosok kuntilanak.

5. Rasuk (2018)

Film Rasuk (2018) ini menceritakan tentang Langgir (Shandy Aulia) yang merasa hidupnya tidak beruntung. Langgir selalu merasa bahwa teman-temannya jauh lebih beruntung dibanding dirinya.

Ketika Langgir dan ketiga temannya memutuskan untuk pergi berlibur ke sebuah vila. Mereka harus mengalami berbagai kejadian mistis seperti kerasukan dan lain-lain.

6. Rasuk 2 (2020)

Film Rasuk 2 (2020) ini mengambil sudut pandang dari kisah Isabela (Nikita Willy) adik dari Inggrid, salah satu sahabat Langgir. Berbeda dengan film pertamanya, Rasuk 2 ini bercerita tentang kehidupan Isabela sebagai mahasiswi kedokteran forensik.

7. Silam (2018)

Film Silam (2018) ini menceritakan tentang kisah Baskara yang selalu dirundung oleh teman-temannya. Ketika mereka sedang melakukan studi tur ke sebuah museum, Baskara terjatuh.

Saat terbangun, Baskara dapat melihat makhluk tak kasat mata. Tak hanya itu, ia juga merasakan hal aneh ketika tinggal bersama pamannya. Keluarga pamannya selalu mengulang aktivitas mereka setiap hari, tanpa pengecualian.

8. Ananta (2018)

Risa Saraswati memang dikenal sebagai penulis film bergenre horor. Meski begitu, ternyata Ananta (2018) merupakan salah satu film yang diadaptasi dari buku Risa Saraswati loh.

Film Ananta (2018) ini menceritakan tentang Tania (Michelle Ziudith), siswa SMA yang pandai melukis. Namun ia memiliki sifat yang kurang baik terhadap lingkungannya.

Kehadiran Ananta (Fero Walandouw) membawa warna baru bagi kehidupan Tania. Berkat Ananta, Tania dapar menggapai mimpi dan cintanya.

9. Ivanna Van Djik

Film Ivana Van Djik ini menceritakan tentang wanita Belanda berambut pirang yang baik kepada pribumi.

Ketika Jepang masuk ke tanah air, hampir semua masyarakat Belanda yang masih tersisa akan mendapat siksaan bahkan dibunuh, termasuk Ivanna. Ivanna tewas mengerikan dengan kepala terpenggal.

Itu dia 9 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Risa Saraswati. Dari beberapa film di atas kamu pernah nonton yang mana nih?

Tag : #film horor    #risa saraswati    #hiburan    #danur    #ivana    #novel   

Baca Juga