Urutan agama terbesar di dunia (Foto: iStock.com)

8 Agama Terbesar di Dunia berdasarkan Jumlah Pemeluknya

Wulan | Internasional | 25-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Ada beberapa agama terbesar di dunia yang wajib diketahui oleh semua orang sebagai bukti toleransi antar umat beragama.

Agama merupakan sistem yang mengatur kepercayaan serta peribadatan kepada Tuhan serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan.

Sampai detik ini, setidaknya ada 4.200 agama dan kepercayaan di dunia berdasarkan sejumlah perhitungan. Beberapa agama ini mempunyai jumlah pengikut yang beragam, ada yang paling besar dan ada pula yang paling kecil. Akan tetapi, yang sering menjadi perhatian publik adalah agama terbesar di dunia saat ini.

Lantas, seperti apa urutan agama terbesar di dunia? Yuk simak!

1. Kristen

Agama terbesar di dunia pada urutan pertama yakni Kristen dengan total pemeluknya yang mencapai 2, 38 miliar jiwa. Agama ini mendominasi sekitar 33,5 persen populasi di muka bumi. Persebaran  agama Kristen utamanya terdapat di kawasan Eropa dan Amerika. Selain itu agama Kristen juga tersebar luas di kawasan Kiribati, Malta, Rumania, Tonga, Venezuela, Samoa, Paraguay, dan sekitarnya.

2. Islam

Agama Islam berada di urutan kedua sebagai agama terbesar di dunia. Agama Islam mendominasi kepercayaan penduduk di dunia yang mencapai 24,3% atau setara dengan 1,8 miliar pengikut. Didirikan oleh Nabi Muhammad pada tahun 610 M, agama Islam diikuti oleh muslim yang mempercayai Allah, Muhammad sebagai Rasul Allah, Sunnah, dan Alquran sebagai kitabnya. Komunitas muslim sendiri terdiri dari dua kelompok, yakni Syiah dan Sunni.

3. Hindu

Di posisi ketiga ada agama Hindu, dengan total kira-kira 1,1 miliar penganut di seluruh dunia. Praktiknya sudah ditemukan sejak tahun 1,500-an sebelum Masehi. Persebaran agama ini berada di area Bangladesh, Sri Lanka, Malaysia, Inggris, India, Nepal, dan sebagainya.

4. Buddha

Dengan total sekitar 507 jiwa pengikut, agama Buddha menempati posisi keempat dalam agama terbesar di dunia. Tahun 600 SM, Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Sang Buddha mendirikan agama tersebut.  Menjadi agama Dharma yang sama seperti agama Hindu, ajaran dari agama ini berdasarkan pada kehidupan setelah kematian, karma, dan juga reinkarnasi. Kitab suci dari agama ini adalah Tripitaka yang memiliki arti Tiga Keranjang.

5. Shinto

Agama Shinto mengajarkan penganutnya untuk memuja dan berbakti kepada raja. Agama ini memadukan antara paham serba jiwa dengan pemujaan pada gejala-gejala alam dengan mempercayainya bahwa semua benda baik yang hidup atau mati dipandang sebagai ruh atau spirit. Jadi, dalam kepercayaan agama Shinto, semua benda di dunia, baik yang bernyawa atau tidak, pada hakikatnya memiliki ruh, spirit, dan kekuatan yang wajib dihormati.

6. Sikhisme

Sikhisme pertama diperkenalkan pada 1469-1539 M oleh Guru Nanak di negara bagian Punjab, India. Sikhisme adalah agama Dharma terbesar ketiga yang diikuti oleh pengikut dengan sebutan 'Sikh', yang identik dengan penggunaan turban bagi laki-laki. Kitab suci dari agama ini adalah Guru Granth Sahib yang pada awalnya ditulis dalam naskah Gurmukhi.

7. Yudaisme

Agama monoteistik ini muncul di Timur Tengah sekitar abad ke-8 SM hingga memiliki 14 juta pemeluk. Saat ini terdiri dari tiga cabang utama yakni, Yudaisme Ortodoks, Yudaisme Konservatif, dan Yudaisme Reformasi.

8. Taoisme

Taoisme adalah agama rakyat terbesar selanjutnya yang berkembang di Cina sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Diketahui jumlah agama ini sudah mencapai 12 juta pengikut.

Tag : #terbesar    #agama terbesar di dunia    #internasional    #kristen    #islam    #hindu    #buddha    #shinto    #sikhisme    #y   

Baca Juga