Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: FB DPP Partai Demokrat)

AHY Bertemu 2 Kandidat Capres 2024 Terkuat dalam Sehari: Probowo-Ganjar

Wulan | Nasional | 25-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui dua nama kandidat calon presiden terkuat berdasarkan beberapa hasil survei dalam waktu sehari yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Diketahui, AHY bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP Ganjar Pranowo usai salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

Sembari berbasa basi sesaat meninggalkan masjid, AHY sempat menanyakan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang telah selesai dilaksanakan sehari sebelumnya, Kamis (23/6/2022).

"Kemaren lancar ya, Rakernas?" kata AHY.

"Ya Alhamdulillah. Nge-camp dulu kita," jawab Ganjar.

Di hari yang sama, sekitar pukul 19.00 WIB, AHY juga menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kedatangan AHY ke kediaman Prabowo tersebut ditemani oleh sejumlah pengurus pusat DPP Partai Demokrat seperti Sekjen Teuku Riefky Harsya, Ketua Dewan Kehormatan Hinca Panjaitan, Bendahara Umum Renville Antonio, hingga Kepala Bakomstra Herzaky Putra Mahendra.

Sesampainya di lokasi, mereka langsung disambut Prabowo bersama Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Waketum Sugiono, dan Ketua DPP Sufmi Dasco Ahmad.

Namun, AHY tidak banyak bicara saat diminta keterangan perihal kunjungan tersebut. Ia mengaku hanya ingin bersilaturahmi. Saat ditanya mengenai kemungkinan koalisi, AHY menyebut hanya ingin berdiskusi dengan Menteri Pertahanan Jokowi itu.

"Silaturahmi," katanya.

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo diketahui adalah dua orang yang namanya moncer beberapa hari terkait survei kandidat capres 2024. Hasil survei Litbang Kompas pada Juni 2022 menempatkan Prabowo di puncak dengan elektabilitas mencapai 25,3 persen.

Sedangkan Ganjar sendiri berada di posisi kedua dengan 22,0 persen. Disusul Anies di peringkat ketiga dengan 12,6 persen.

Nama keduanya juga bersaing di urutan pertama dan kedua dalam survei yang dirilis Charta Politika untuk periode akhir Mei sampai awal Juni. Ganjar berada di urutan pertama dengan elektabilitas 31,2 persen.

Selisihnya cukup jauh dengan Prabowo di urutan kedua dengan 23,4 persen, dan Anies di urutan ketiga dengan 20 persen.

Tag : #ahy    #ketum partai demokrat    #nasional    #prabowo subianto    #ganjar pranowo    #gubernur jawa tengah    #menteri pertahanan   

Baca Juga