Daftar air terjun tertinggi di dunia (Foto: superlive.id)

9 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Panoramanya Sangat Spektakuler!

Wulan | Internasional | 21-11-2022

PARBOABOA - Apakah kamu penasaran dengan air terjun tertinggi di dunia? Berikut ini sembilan air terjun yang termasuk paling tinggi di dunia.

Air terjun menjadi salah satu tempat wisata alam yang banyak diminati. Seperti namanya, tempat ini merupakan air yang turun dari ketinggian sehingga menghasilkan pemandangan dan suara yang indah.

Di bawah air terjun biasanya ada sungai yang akan mengalir ke dataran rendah. Air terjun pada umumnya berada di dataran tinggi dengan suasana yang sejuk. Selain itu, air terjun sangat berhubungan dengan ketinggian, beberapa di antaranya bahkan menjadi air terjun tertinggi di dunia.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar air terjun tertinggi, simak penjelasan berikut.

Air Terjun Tertinggi di Dunia

1. Angel Falls

Angel Falls atau Air Terjun Bidadari menjadi air terjun tertinggi pertama di dunia yang berada di Venezuela. Air ini ada memiliki ketinggian sekitar 3.212 kaki atau 979 meter. Dari ketinggiannya ini, UNESCO menjadikan Angel Falls sebagai situs warisan dunia pada tahun 1994.

Selain ketinggiannya yang menyita banyak perhatian, Angel Falls juga memiliki aliran air yang deras dan mengalir ke Sungai Churun. Masyarakat setempat sering menyebut Angel Falls sebagai el Salto Angel. Penamaan tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan atas pilot yang menemukan lokasi air terjun ini

Kini, Angel Falls sudah dijadikan sebagai tempat wisata. Meskipun demikian, ekosistem di sekitar air terjun tersebut masih terjaga dengan baik.

2. Tugela Falls

Air terjun terbesar di dunia yang kedua yaitu Tugela Falls. Air terjun ini memiliki ketinggian 948 meter. Letak Tugela Falls ini ada di Afrika Selatan. Air terjun ini memiliki debit air yang deras, apalagi saat musim hujan.

Adapun keunikan yang dimiliki Tugela Falls dapat dinikmatu setelah hujan, sebab ketika hujan reda maka akan muncul pantulan cahaya matahari dari air terjun ini. Selain itu, Tugela Falls juga memiliki dinding yang indah.

3. Utigard Falls

Air terjun tertinggi selanjutnya yaitu Utigard Falls yang berada di Norwegia tepatnya di Sogn, Oq Fjordane Stryn. Ketinggian air terjun ini sekitar 818 meter. Utigard Falls merupakan air terjun ini yang belum masuk dalam daftar penggunaan hidroelektrik di negara tersebut.

Baca juga: 10 Air Terjun di Indonesia Terindah

4. Monge Falls

Monge Falls juga termasuk dalam kelompok air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini mempunyai ketinggian 2.540 kaki atau 744 meter. Sama seperti Utigard Falls, Air Terjun Monge juga ada di Norwegia.

Sayangnya, air di Monge Falls saat ini sudah tidak sederas dahulu. Sebab, air yang ada sebagian telah dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. Sehingga saat musim kemarau tiba, Monge Falls tidak mengeluarkan air sedikitpun.

5. Mutarazi Falls

Air terjun Mutarazi atau yang sering dikenal sebagai Mtarazi merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 762 meter (2.499 kaki). Mutarazi Fall terletak di Taman Nasional Nyanga, Zimbabwe.

Saat kamu berkunjung ke air tejun ini, ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan. Misalnya terjun payung dari puncak air terjun. Tentu saja aktivitas ini harus dilakukan dengan persiapan dan pengamanan tingkat tinggi.

Selain itu, ada juga aktivitas bernama skywalk dan skyline. Skywalk adalah jembatan gantung yang menghadap ke air terjun. Jembatan itu bisa goyang saat ada orang yang lewat di atasnya. Sedangkan skyline adalah zipline 400 meter yang terbentang dari satu sisi ke sisi lain. Aktivitas tersebut sangat menantang dan cocok untuk Anda yang memiliki keberanian tinggi. Tentu saja aktivitas tersebut harus dilakukan dengan pengamanan yang terjamin.

6. Yosemite Falls

Air terjun tertinggi selanjutnya yaitu Yosemite Falls yang letaknya ada di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggain sekitar 2.425 kaki atau 739 meter. Air terjun ini juga memiliki anak sungai yang bernama Yosemite.

Uniknya, air terjun ini memiliki banyak lembah yang membuat air jatuh di atasnya menjadi terpecah.

Nah, jika kamu datang ke lokasi Yosemite Falls, maka kamu bisa menyaksikan percikan air yang cantik saat berbenturan dengan lembah yang ada di bawahnya.

7. Pieman Falls

Air terjun Pieman ini terletak di Taman Nasional Alpine, Victoria, Australia. Pieman Falls memiliki ketinggian sekitar 2.346 kaki atau 715 meter. Dari ketinggiannya tersebut membuat Pieman Falls sebagai air terjun tertinggi nomor tujuh di dunia.

8. Espelands Falls

Norwegia nampaknya menjadi negara yang cukup banyak memiliki air terjun tinggi. Espelands Fall memiliki ketinggian 703 meter atau 2.307 kaki. Letaknya ada di Hardanger Fjord, Norwegia. Di bawah air terjun ini ada sungai yang mengalir bernama Sungai Opo.

9. Lower Vallery Falls

Masih dari Norwergia, air terjun tertinggi yang terakhir adalah Lower Vallery Falls. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 655 meter. Air terjun ini sudah menggunakan hidroelektrik. Tenaga yang dihasilkan dari air terjun tersebut akan ditangkap untuk menghasilkan hidroelektrik.

Sehingga saat musim kemarau tiba, aliran airnya tetap terjaga. Selain itu, jika kamu berkunjung ke air terjun yang satu ini kamu akan disuguhi pemandangan indah yang dimilikinya.

Nah, itulah sepuluh air terjun tertinggi di dunia dengan pemandangan indah yang dimilikinya. Dari beberapa rekomendasi di atas, adakah yang masuk ke dalam liburan impian kamu?

Tag : #tertinggi    #air terjun    #internasional    #angels falls    #tugela falls    #utigard falls    #monge falls    #mutarazi    #fakta dunia   

Baca Juga