Pohon tumbang timpa mobil di Tangerang akibat hujan disertai angin kencang. (Foto: detikcom)

Hujan Deras dan Angin Kencang Landa Tangsel, Ratusan Rumah Warga Hancur

Adinda Dewi | Metropolitan | 20-09-2022

PARBOABOA Jakarta – Hujan deras dan angin kencang mengguyur Tangerang Selatan (Tangsel) pada Senin (19/9/2020) sore kemarin. Akibatnya ratusan rumah di Tangsel mengalami kerusakan parah.

Menurut laporan pemerintah setempat, wilayah Ciputat mengalami kerusakan paling parah, tercatat 213 rumah warga yang mengalami kerusakan atap dan tembok yang parah.

"Sehingga total, data terbaru pagi ini rumah rusak sebanyak 401," ungkap Iwan Pristiasya, Lurah Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (20/9/2022).

Menurutnya, sebagian besar kerusakan rumah warga terjadi karena angin kencang yang merusak bagian atap.

"Rata-rata kondisi rusak ringan. Karena memang kebanyakan pakai asbes," kata Iwan.

Tak hanya atap rumah dan tembok yang mengalami kerusakan, tercatat ada 4 pohon besar yang tumbang dan menutupi jalan. Bahkan ada warga juga yang terluka akibat terkena material pohon tumbang.

"Korban ada satu, kejatuhan pohon. Dibawa ke rumah sakit, kepalanya bocor," ungkap Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kota Tangsel Santosa Marhernanto, Senin (19/9/2020)

Karena hal ini, Petugas Gabungan dari unsur kelurahan dan Dinas Lingkungan Hidup turun ke lokasi untuk melakukan pembersihan reruntuhan pohon dari badan jalan. BPBD juga melaporkan adanya banjir hingga 30 centimeter terjadi di Jalan Flamboyan Bawah RT 06 RW 12, Rempoa, Ciputat Timur, Tangsel.

Tag : #hujan deras    #bpbd    #metropolitan    #bencana alam    #tangerang selatan    #banjir    #ratusan rumah rusak    #pohon tumbang   

Baca Juga