Ilustrasi aksesoris pada mobil (Dok: cekpremi.com)

Daftar Aksesoris Penting pada Mobil yang wajib Anda Miliki

Dimas | Otomotif | 08-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Aksesoris mobil merupakan salah satu aspek penting yang saat ini banyak diincar para pemilik mobil. Biasanya, para pemilik mobil akan menambahkan aksesoris ketika fitur-fitur yang disematkan pada mobil dirasa kurang lengkap.

Seperti yang kita ketahui, fungsi dari aksesoris mobil pun sangat beragam. Adakalanya aksesoris ini berfungsi untuk membuat mobil lebih rapi meski membawa banyak barang atau menjamin keamanan mobil itu sendiri.

selain itu, beberapa aksesoris yang biasanya dipasang pada mobil juga akan bermanfaat untuk membantu pengendara selama di perjalanan.

Berikut ini Parboaboa telah merangkum daftar aksesoris mobil yang wajib Anda miliki di dalam mobil, di antaranya:

1. Charger USB

Aksesoris yang satu ini sudah menjadi barang wajib setiap pengendara. Sebab, terkadang perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu lama. Jadi, kita perlu memastikan ponsel tetap aktif sampai ke tujuan.

Ketika membeli charger USB, usahakan Anda memilih Charger USB yang memiliki banyak slot sehingga bisa digunakan untuk mengisi lebih dari 1 perangkat. Harga charger USB cukupi bervariasi, tergantung model charger-nya.

2. Head Unit Android dan GPS

Selain sebagai penunjang fitur hiburan, head unit android juga bisa memenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan berkendara.

aksesoris yang satu ini dinilai memiliki fitur yang sangat lengat, mulai dari sistem hiburan, aplikasi peta atau GPS, serta tampilan kamera tampak belakang dan kamera tampak depan yang memudahkan pengendara saat hendak memarkirkan mobil.

Sementara itu, alat GPS yang dipasang khusus pada mobil bisa menampilkan peta yang lebih detail. Beberapa nama GPS yang familiar adalah Garmin, Tomtom, dan lainnya. Pengoperasian alat GPS ini diketahui tidak membutuhkan pulsa operator seluler.

3. Phone Holder

Anda bisa gunakan aksesoris yang satu ini untuk meletakkan telepon genggam Anda ketika ingin menampilkan peta perjalanan. Alat ini membuat Anda mudah mengakses peta di handphone dan bisa tetap fokus mengemudi.

Letakkan phone holder pada tempat mudah dilihat dan membuat Anda tetap nyaman. Usahakan alat ini diletakkan di bagian kabin mobil yang strategis tanpa mengganggu pandangan.

4. Trash Bin (tempat sampah)

Tempat sampah merupakan salah satu aksesoris yang wajib ada di mobil Anda. anda perlu memiliki keranjang tersebut untuk menyimpan sampah selama di perjalanan.

5. Anti Slip Dash Mat

Aksesoris lainnya yang mungkin dibutuhkan di dalam mobil adalah anti slip dash mat. Karpet ini bisa diletakkan di atas dashboard. Fungsinya agar barang-barang yang diletakkan tidak mudah bergeser.

6. Organizer

Organizer merupakan tempat untuk menata barang-barang di mobil. Perlengkapan ini biasanya tersedia mulai dari bentuk yang kecil tipis, kotak, dan besar.

Model organizer yang kecil tipis Biasanya terletak di bagian sun visor. Aksesoris ini digunakan untuk menyimpan kartu-kartu penting, seperti karcis parkir, kartu tol, dan sebagainya.

Adapun yang berbentuk kotak berguna untuk menyimpan makanan ataupun camilan bawaan Anda. Biasanya ini terletak di bagian belakang kursi mobil. Sementara yang bentuknya paling besar, terletak di bagasi dan digunakan untuk menyimpan dongkrak, kunci mekanik penting, dan sebagainya.

7. Alat pemadam kebakaran (APAR)

Alat pemadam kebakaran menjadi aksesoris mobil yang wajib ada. Pasalnya, alat pemadam api ringan atau APAR sangat berguna saat ada percikan api pada mobil. Usahakan Anda meletakkan APAR di tempat yang terjangkau, misalnya di bawah jok atau samping konsol tengah.

8. Kabel jumper

Kabel jumper juga menjadi aksesoris mobil yang tidak kalah penting. Perangkat ini sangat berguna ketika aki mobil tiba-tiba soak saat di tengah perjalanan. Anda bisa menggunakan kabel jumper untuk mengalirkan arus listrik dari aki mobil lain ke mobil Anda.

9. Pompa ban elektrik

Alat ini tentu sangat berguna ketika melakukan perjalanan jauh, telebih jika Anda berkendara di jalan tol. Berkendara dengan kecepatan tinggi harus dibarengi dengan tekanan angin ban yang ideal agar tidak terjadi kecelakaan. Pompa ban ini sangat berguna ketika Anda tidak menemukan bengkel ban terdekat.

10. Purifier

Aksesoris yang satu ini dapat membuat udara di dalam kabin mobil Anda menjadi bersih dan terasa sejuk. Saat ini tersedia banyak model purifier untuk mobil, ada yang terhubung dengan soket listrik atau ada juga yang melekat pada AC.

Nah, itulah seputar informasi mengenai daftar aksesoris penting pada mobil yang wajib Anda miliki. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #aksesoris mobil    #otomotif    #charger usb    #phone holder   

Baca Juga