One Piece (Foto: Fuji TV)

Alasan One Piece Menjadi Manga dan Anime Terbaik di Dunia

Michael | Hiburan | 31-05-2022

PARBOABOA – One Piece merupakan salah satu anime dan manga paling popular saat ini. Bukan hanya itu, One Piece juga dianggap sebagai salah satu manga terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah.

One Piece bercerita tentang petualangan bajak laut karangan dari Eiichiro Oda.

Manga legendaris dari Jepang ini pertama kali muncul pada majalan Shonen Jump edisi #34 pada tanggal 4 Agustus 1997. Sementara, untuk pembuatan animenya diproduksi oleh Toei Animation dan Fuji Television pada 20 Oktober 1999-sekarang.

Saat ini, manga One Piece sudah memiliki 1050 chapter dan anime-nya sendiri sudah mencapai 1019 episode.

Melihat dari beberapa fakta di atas, manga dan anime One Piece sudah ada lebih dari 20 tahun lamanya. Jadi, jangan terkejut jika banyak para Nakama (sebutan untuk para penggemar One Piece) yang sudah berumur 30-an hingga 40-an.

One Piece secara sederhana menceritakan tentang perjalanan Monkey D. Luffy, tokoh utama sekaligus Kapten Kru Mugiawara (Bajak Laut Topi Jerami) yang bermimpi menjadi Raja Bajak Laut dan menemukan “One Piece” (harta terbesar yang pernah ada) peninggalan dari Raja Bajak Laut sebelumnya, Gol D. Roger.

Ada banyak hal menarik yang dibahas dalam manga dan anime bergenre petualangan, aksi, fantasi, drama, dan komedi ini.

Berikut ini adalah alasan mengapa One Piece menjadi manga dan anime terbaik di dunia, seperti yang dirangkum PARBOABOA dari berbagai sumber:

Manga Terlaris dan Terpanjang di Dunia (1997-sekarang)

Seri manga One Piece yang ditulis dan digamabar oleh Eiichiro Oda terbit di majalah mingguan Shonen Jump milik Shueisha sejak 4 Agustus 1997. One Piece pun disebut sebagai manga terlaris dan terpanjang yang pernah ada.

Lebih dari dua dekade, One Piece sudah menemani para pembacanya sejak pertama kali keluar dengan nama “Romance Dawn”. Sampai sekarang One Piece masih kuat dan terpopuler.

Eiichiro Oda dalam sebuah wawancara dengan media local Jepang menyebut cerita One Piece masih panjang dan bisa terbit sampai 5 tahun lagi.

Saat ini, manga One Piece telah memasuki chapter 1050 dan anime-nya sudah mencapai 1019 episode.

Membahas Isu-isu yang Terjadi di Dunia Nyata

Daya tarik lain dari manga dan anime One Piece adalah pembahasan hal-hal serius dalam ceritanya. Dari korupsi, diskriminasi, genosida, hingga perbudakan menjadi sorotan penting dalam cerita.

Isu-isu ini diselipkan dengan luar biasa dalam genre komedi yang membuat tertawa sekaligus miris.

One Piece seperti menyiratkan permasalahan-permasalahan yang marak terjadi di dunia nyata, di mana keadilan akan selalu kalah oleh kekuasaan dan uang.

Persahabatan yang Erat

Yah, One Piece merupakan manga dan anime yang mengajarkan arti persahabatan yang erat. Lihat bagaimana Luffy dan krunya berani menantang Pemerintahan Dunia ketika Nico Robin di tahan. Atau perjuangan Luffy melepaskan Sanji dari pernikahan paksa dengan Pudding di arc Whole Cake Island.

Kedua momen itu benar-benar mengajarkan kita arti sebuah persahabatan. Bahwa, seorang sahabat harus saling menjaga dan melindungi apapun kondisinya.

Cinta dan Pengorbanan

One Piece memberikan banyak pesan moral yang membuat kita meneteskan air mata. Jika, ditanya kepada para Nakama momen apa yang membuat kalian meneteskan air mata ketika menonton One Piece? Maka banyak diantara Nakama sekalian yang akan menjawab pengorbanan Portgas D. Ace menyalamatkan Luffy dari serangan Sakazuki di Marineford.

Selain itu, masih banyak pula hal haru dan menyedihkan yang disuguhkan dalam One Piece yang tak bisa dijelaskan satu per satu.

Banyak Misteri yang Membuat Penasaran

Serial yang manganya diterbitkan di majalah Weekly Shonen Jump dan animenya diproduksi oleh Toei Animation ini masih menyimpan banyak misteri.

Sepanjang cerita, fans yang menonton dan membacanya dibuat pensaran dengan misteri-misteri tersebut.

Oleh sebab itu, banyak bermunculan diskusi dan teori dari fans. Mulai dari kekuatan karakter yang masih misterius, kemungkinan terjadinya plot twist, hingga misteri harta karun One Piece. Semakin kita membaca dan menontonnya, kita akan semakin dibuat penasaran dengan banyaknya misteri yang belum terungkap.

Dunia yang Kompleks dan Beragam

Ada begitu banyak pulau, negara, dan lautan yang telah dijelajahi oleh kru bajak laut Topi Jerami. Dari mulai empat bagian lautan dunia, Grand Line, hingga New World.

Dunia yang beigtu luas juga dilengkapi dengan masalah yang beragam. Dari mulai masalah perbudakan, diktator, perang, hingga rasisme. Semuanya ada mewarnai perjalanan dunia One Piece.

Jalan Cerita yang Memukau

Eiichiro Oda memang layak dianggap sebagai komikus yang genius. Tidak hanya dapat menampilkan pertarungan yang seru saja, ia juga dapat meracik alur cerita yang memukau.

Fans dibuat kagum dengan jalan ceritanya yang menarik dan tidak bisa ditebak. Tentu hal inilah yang membuat serial One Piece tetap dapat bertahan selama puluhan tahun.

Karakter yang Memiliki Pemikiran dan Prinsip Tersendiri

Nah, Alasan terakhir yang membuat One Piece merupakan manga dan anime terbaik adalah karakter atau tokoh yang ada dalam alur cerita memiliki pemikiran dan prinsip tersendiri.

Contoh, di pulau Manusia Ikan. Mereka sangat membenci manusia yang ada di atas laut. Sehingga ketika Luffy dan kawan-kawan ingin menyelamatkan pulau Manusia Ikan, mereka diangggap sebagai ancaman.

Selanjutnya, di arc Mariejoa, ada ras Celestial Dragon atau dikenal dengan nama Tenryubito yang memiliki kekuasaan absolut di One Piece. Ini merupakan antagonis utama yang ingin di hancurkan oleh pasukan Revolusioner yang dipimpin oleh Monkey D. Dragon (Ayah dari Monkey D. Luffy).

Nah, itulah beberapa alasan yang membuat One Piece menjadi manga dan anime terbaik di dunia saat ini.
 

Tag : #anime dan manga    #one piece    #hiburan    #eiichiro oda    #shonen jump   

Baca Juga