Ilustrasi Seragam SMA (Dok. nusadaily.com)

Kenapa Seragam SMA Berwarna Putih Abu-Abu? Ternyata Ini Maknanya

Juni | Pendidikan | 12-08-2022

PARBOABOA – Seragam mulai diperkenalkan di Indonesia pada masa kolonialisme Belanda. Dimasa itu, seragam berfungsi sebagai penanda seorang siswa, sekaligus penanda status sosial peserta didik tersebut.

Kemudian, pada masa penjajahan Jepang, penggunaan seragam digalakkan sebagai bentuk kedisiplinan yang harus dimiliki oelh masyarakat Indonesia. Meski demikian, belum ada penentuan seragam dengan karakteristik tertentu.

Setelah Indonesia merdeka, penggunaan seragam terus berlanjut hingga tahun 1982. Dilansir dari Instagram resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat, seragam sekolah berfungsi untuk mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa serta menunjukkan identitas sekolah.

Lalu, mengapa seragam SMA berwarna putih abu-abu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Penggunaan Seragam Sekolah di Indonesia

Dilansir dari buku Sejarah SMA/MA Kelas XII IPA karya Ferry T. Indratno dkk, penggunaan seragam sekolah di Indonesia pertama kali diterapkan pada era Orde Baru atau masa kepresidenan Soeharto.

Saat itu, semangat dan jiwa nasionalisme bangsa masih sangat tinggi. Selain itu, alasan peberlakuan seragam pada siswa untuk menghindari terjadinya persaingan tidak sehat antara sesama peserta didik selama berada di lingkungan sekolah.

Dahulu, seragam sekolah belum memiliki ketetapan warna. Banyak sekolah yang membuat seragam warna warni untuk peserta didiknya. Bahkan di salah satu SMA Yogyakarta justru tidak mengenal seragam sekolah. Murid bebas pergi ke sekolah dengan pakaian yang mereka punya

Namun sejak kebijakan penggunaan seragam sekolah semakin diperketat, tidak ada satu sekolah pun di Indonesia yang tak berseragam.

Arti Warna Putih Abu-Abu pada Seragam SMA

Seperti yang kita ketahui, setiap tingkat pendidikan tentu menggunakan seragam yang berbeda-beda pula. Penetapan warna seragam itu diatur dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 Tanggal 17 Maret 1982.

Dalam SK tersebut tertulis pedoman tentang pemakaian seragam untuk seluruh sekolah dari pendidikan dasar sampai menengah secara nasional. Keputusan itu bertujuan untuk menumbuhkan rasa persamaan berdasarkan sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia.

Keputusan ini juga mengatur tentang warna dan bentuk seragam sesuai jejang yang ditempuh. Perbedaan warna ditiap jenjang tentu tentu didasari oleh makna tersendiri. Untuk anak SMA, seragam dengan warna putih abu-abu memberi arti kedewasaan dan ketenangan.

Itulah tadi penjelasan tentang sejarah penggunaan seragam dan alasan mengapa seragam SMA berwarna putih abu-abu. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran mu ya!

Tag : #seragam sekolah    #SMA    #pendidikan    #sejarah seragam    #siswa   

Baca Juga