Alat Musik Kalimba ( Foto: hluru)

Mengenal Alat Musik Kalimba, Alat Musik Tradisional Khas Afrika

Huira | Hiburan | 25-08-2022

PARBOABOA - Pernahkah kamu mendengar nama atau alunan musik dari alat musik yang satu ini? Jika belum, yuk mengenal alat musik kalimba lebih dekat.

Kalimba atau disebut juga piano jempol ala Afrika ini merupakan sebuah alat musik perkusi, versi modern dari alat musik mbira dari Afrika Selatan. Alat musik ini terdiri dari sebuah kotak suara dengan tuts-tuts logam yang menempel ke bagian atas untuk memberikan not-not yang berbeda. Alat musik yang satu ini biasanya berbentuk persegi, namun ada juga beberapa jenis yang berbentuk bulat.

Piano ala Afrika ini menghasilkan alunan musik yang menenangkan, hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi alat musik yang satu ini. Nah, untuk mengenal lebih lanjut tentang piano jempol ala Afrika ini, yuk simak ulasan berikut.

Apa Itu Alat Musik Kalimba?

Alat musik kalimba berasal dari Afrika Selatan dan pertama kali di perkenalkan ke seluruh dunia oleh Hugh Tracey yang akhirnya berhasil mengaplikasikan skala tangga nada Do-Re-Mi versi barat pada alat musik yang satu ini.

Piano jempol ala Afrika ini memiliki tuts-tuts logam yang bisa menghasilkan nada yang berbeda-beda dan terdiri dari 8,10,11, hingga 21 tuts. Semakin banyak tuts maka akan semakin banyak pula kunci dan luas range nada yang dihasilkan.

Alat musik yang satu ini memiliki dua jenis material, yaitu kayu dan akrilik. Jika ingin lebih simple, kamu dapat memilih piano jempol ala Afrika yang terbuat dari bahan dasar kayu. Namun, jika kamu ingin piano jempol ala Afrika kamu lebih terlihat aesthetic dan elegan, kamu dapat memilih piano jempol ala Afrika dengan bahan dasar akrilik.

Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Kalimba?

Sebelum mulai untuk belajar memainkan alat musik yang satu ini akan jauh lebih baik jika kamu mengenal komponen-komponen yang ada pada alat musik ini terlebih dahulu. Seperti jumlah kunci, cara memegang kalimba yang baik, hingga teknik-teknik dasar bermain alat musik tradisional asal Afrika Selatan ini.

Alat musik kalimba dimainkan dengan cara menekan ujung tuts dengan ujung kuku jempol tangan. Pada tuts biasanya telah terdapat not angka agar kamu lebih mudah untuk memainkannya. Selain itu, sebelum menggunakan alat musik yang satu ini ada baiknya jika kamu melakukan tuning atau stem terlebih dahulu.

Tuning atau stem yang dilakukan pada piano ala Afrika ini merupakan proses penyelarasan agar nada yang dihasilkan tepat dan mampu melantunkan harmonisasi melodi yang enak untuk didengar. Nah, jika kamu ingin memiliki piano jempol ala Afrika ini, biasanya, harga alat musik kalimba berkisar diantara Rp. 100.000 – Rp. 1.000.000, tergantung dari material, ukuran, bentuk, hingga jumlah tuts yang ada.

Apa Manfaat Memainkan Alat Musik Kalimba?

Nah, bermain alat musik piano jempol ala Afrika ini ternyata dapat memberi beberapa manfaat baik untuk diri, loh. Apa saja yah? Berikut ulasannya.

1. Membantu Kamu Lebih Mengekspresikan Diri

Seperti yang kita ketahui, musik merupakan alat komunikator emosional yang sangat kuat. Nah, karena itulah dengan bermain alat musik, kamu dapat lebih mengespresikan diri kamu. Karena musik bukan hanya sekedar not dan melodi, tetapi bermusik sama halnya dengan mengungkapkan perasaan, emosi, atau kisah dari sang musisi.

2. Melatih Konsentrasi

Memainkan alat musik yang satu ini secara teratur tenyata juga mampu membantu kamu melatih konsentrsi diri, loh. Pasalnya, dengan bermain musik, kamu mampu meningkatkan fungsi otak dan juga menstimulasi fungsi kognitif. Tidak sampai disitu, dengan bermusik secara tidak langsung juga dapat melatih fokus dan konsentrasi.

Seperti ketika belajar membaca chord, menyeimbangkan nada, hingga mulai memainkan alat musik yang satu ini, tentu kamu memerlukan ketelitian dan juga konsentrasi yang tinggi.

3. Mengasah Kreativitas dan Koordinasi

Seorang musisi biasanya memiliki koordinasi dan kreativitas yang bagus. Hal ini karena musisi diharuskan untuk memiliki koordinasi diantara tangan dan mata yang tajam, serta kreativitas dalam menghasilkan alunan musik yang tepat.

4. Mengatur Suasana Hati

Manfaat bermain musik yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu lagi untuk diragukan. Pasalnya, dengan bermain alat musik ternyata mampu mengurangi rasa sakit, depresi, hingga mampu menenangkan suasana hati.

5. Membantu Aktivitas Lain

Pernahkah kamu melakukan sesuatu kegiatan sembari mendengarkan musik? Bagaimana, terasa lebih ringan dan menyenangkan bukan? Sama halnya juga ketika sedang berolahraga, melakukan kegiatan yang satu ini dengan diiringi musik pasti akan lebih bersemangat.

Gambar Alat Musik Kalimba

Alat Musik Kalimba (Foto: PEXELS)

Nah, itulah ulasan seputar alat musik kalimba. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

Tag : #alat musik tradisional    #kalimba    #hiburan    #Afrika   

Baca Juga