Alat Musik Ritmis (Dok: Parboaboa.com/EsterM)

Alat Musik Ritmis: Pengertian, Contoh, dan Cara Menggunakannya Yang Wajib Kamu Pahami

Ester | Pendidikan | 07-05-2022

PARBOABOA – Memiliki bakat dalam bidang musik adalah salah satu kebanggasn tersendiri untuk setiap orang. Terlebih dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan bermain alat musik kita dapat meningkatkan kemampuan kognitif kita sendiri.

Kemampuan kognitif adalah sebuah aktivitas mental yang dapat membuat seseorang mampu mempertimbangkan, menilai, atau menghubungkan suatu peristiwa dengan baik.

Hal itulah yang menjadikan banyak orang yang mulai mempelajari cara bermain alat musik. Sebelum mencoba untuk bermain alat musik, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis dari alat musik yang akan kamu mainkan. Dengan begitu, kamu akan semakin mudah dalam mempelajari alat musik yang ingin kamu mainkan.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, alat musik memiliki jenisnya masing-masing. Berdasarkan fungsinya, alat musik dibagi menjadi 3 jenis yakni alat musik ritmis, harmonis, dan melodis.

Di ulasan ini kami akan membahas mengenai pengertian, contoh, dan cara menggunakan alat musik ritmis.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah semua alat musik yang tidak memiliki nada diatonis atau pentatonis. Alat musik ritmis dikenal dengan jenis alat musik yang menghasilkan bunyi unik dan tidak terdapat pada alat musik melodis maupun harmonis.

Walaupun tidak memiliki nada, namun alat musik ritmis dapat memberikan irama yang berhubungan dengan birama dan ketukan. Selain itu, alat musik ritmis juga sering digunakan oleh banyak orang pada sebuah acara tertentu.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Fungsi alat musik ritis adalah sebagai pengiring dalam sebuah lagu atau digunakan untuk mengatur tempo lagu.

Tidak hanya itu, beberapa fungsi lain dari alat musik ritmis adalah sebagai berikut:

1. Patokan dalam lagu

Alat musik ritmis dapat memberikan birama atau ketukan dalam sebuah lagu. Hal itu yang menjadikan banyak orang kerap menggunakan alat musik ritmis menjadi sebuah patokan dalam lagu atau penanda mulainya sebuah lagu.

2. Penyempurna Instrumen

Biasanya, selain dijadikan penanda mulai sebuah lagu alat musik ritmis juga sering dijadikan sebagai penyempurna dalam instrumen seperti dalam pertunjukan orkestra.

3. Pengiring Koreografi

Selain dalam lagu, alat musik ritmis juga sering dipakai dalam koregrafi. Biasanya alat musik ini dijadikan penanda untuk melakukan perpindahan gerak atau pengiring dalam sebuah tarian.

Contoh Alat Musik Ritmis

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi alat musik ritmis, selanjutnya kami akan memberikan contoh alat musik ritmis yang wajib kamu ketahui. Selain contohnya, kami juga akan memberikan bagaimana cara memainkan alat musik ritmis sesuai dengan alat musik itu sendiri.

Berikut yang termasuk alat musik adalah:

1. Kendang

Kendang adalah salah satu alat musik gamelan yang berasal dari Jawa. Alat musik ini terbuat dari kayu luang dan dilapisi kulit lembu atau kerbau serta disambungkan dengan kawat.

Cara memainkan kendang adalah dipukul dengan tangan. Namun, terkadang beberapa pemain kendang menggunakan stik atau panggul kendang saat mengiringi jaipong atau pencak silat.

2. Triangle

Mungkin banyak dari kalian yang sudah cukup mengenal triangle. Alat musik ritmis yang satu ini dikenal dengan bentuk segitiganya yang memiliki sedikit bagian tidak utuh. Biasanya, triangle terbuat dari baja yang membuatnya berbunyi nyaring.

Cara memainkannya cukup dipukul dengan stik.

3. Drum

Bisa dibilang, contoh alat musik ritmis yang paling sering ditemukan adalah drum. Umumnya, drum memiliki beberapa bagian seperti bass drum, snare, tom-tom, dan cymbal.

Drum juga sering disebut sebagai alat musik ritmis modern. Cara memainkan cukup dengan memukulnya dengan stik dan menginjak pedal untuk mengeluarkan bunyi dari bass drum dan hit-hat cymbal.

4. Tamborin

Contoh alat musik ritmis selanjutnya adalah tamborin. Tamborin adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan atau ditabuh. Suara yang dihasilkan oleh tamborin biasanya akan dipadukan dengan jenis alat musik lainnya.

Umumnya tamborin terbuat dari kayu atau besi. Sedangkan untuk kerincing tamborin sendiri terbuat dari logam kecil.

5. Marakas

Marakas adalah salah satu alat musik yang berasal dari Amerika Latin. Cara memainkannya pun cukup mudah. Pengguna tinggal menggoyangkan marakas itu sendiri. Biasanya marakas dipakai untuk mengiringi tarian salsa.

6. Gong

Gong adalah salah satu alat musik yang dikenal dengan bahan leburan logam. Gong dimainkan dengan cara ditabuh dengan penabuh khusus yang ukurannya cukup besar. Biasanya, gong dipakai untuk mengiringi gamelan.

7. Rebana

Rebana adalah salah satu alat musik yang sudah identik dengan pertunjukan kasidah. Biasanya, rebana terbuat dari kayu jati, kayu nangka, mangga, dan mahoni.

Cara memainkan rebana cukup dipukul dengan tangan pada bagian kulitnya.

8. Tifa

Tifa merupakan sebuah alat musik yang cukup mirip dengan kendang. Biasanya, alat musik ini dipakai untuk mengiringi tarian perang.

Cara memainkannya cukup dipukul menggunakan tangan.

9. Cajon

Contoh alat musik ritmis selanjutnya adalah cajon. Cajon memiiliki bentuk kotak kubus dan terbuat dari kayu tipis atau triplek. Biasanya, cajon dipakai untuk mengiringi instrumen musik pop atau akustik.

Cara memainkannya pun cukup dipukul sama seperti tifa atau kendang.

10. Gandrang

Gandrang merupakan alat musik yang mirip dengan kendang atau tifa. Yang membedakan adalah, gandrang memiliki ukurang yang lebih besar.

Cara memainkannya pun sama saja. Penggunanya cukup memukul alat musik ini dengan tangan.

Demikianlah pengertian, contoh, dan cara memainkan alat musik ritmis yang wajib kamu pahami. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu.

Tag : #alat musik ritmis    #alat musik    #pendidikan    #contoh alat musik ritmis    #fungsi alat musik ritmis   

Baca Juga