Alex Noerdin jadi tersangka 2 kasus dugaan korupsi

Hebat! Alex Noerdin jadi Tersangka Dugaan Korupsi 2 Kasus yang Berbeda

rini | Hukum | 22-09-2021

PARBOABOA, Sumatera Selatan - Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin kembali ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaaan korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya, Palembang.

Penetapan tersangka itu dikonfirmasi oleh Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Sumsel) Victor Antonius Saragih.

"Benar hari ini akan diumumkan AN sebagai tersangka kasus Masjid Raya Sriwijaya," kata Asisten Pidana Khusus Kejati Sumsel, Victor Antonius Saragih, Rabu (22/9).

Penetapan tersangka Alex Noerdin, lantaran Alex Noerdin diduga menerima aliran dana dalam fee proyek pembangunan Masjid.

Alex terlibat dalam kasus korupsi yang menyeret dua nama pegawai BUMN selaku kontraktor, dan empat aparatur sipil negara (ASN) yang saat proses pembangunan terlibat dalam pembangunan masjid.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan Jaksa pada Selasa (27/7) lalu, Alex diduga telah menerima uang sebesar Rp2,343 miliar dan Rp300 juta untuk biaya sewa helikopter.

Awalnya kasus tersebut diselidiki karena pembangunan masjid Sriwijaya Palembang mangkrak yang dikerjakan oleh Yayasan Wakaf Sriwijaya dengan menggunakan dana hibah pemerintah Provinsi Sumsel tahun 2016 dan 2017 sebesar Rp 130 miliyar.

Akan tetapi dilihat dari pembangunan fisik tersebut diduga tidak sesuai dengan anggaran proyek tersebut.
Penetapan Alex Noerdin sebagai tersangka hanya berselang enam hari, setelah sebelumnya pada Kamis (16/9) Alex Noerdin ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi di Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi Sumatera Selatan (PDPDE Sumsel).

Tag : #hukum    #alex noerdin tersangka 2 kasus korupsim kasus masjid raya sriwijaya   

Baca Juga