Anime Slam Dunk (Foto: www.mainbasket.com)

Anime Slam Dunk, Anime Olahraga Basket Legendaris di Jepang

Patrick | Hiburan | 06-10-2022

PARBOABOA - Slam Dunk adalah sebuah seri manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takehiko Inoue. Anime ini menceritakan tentang klub basket SMA Shohoku di Wilayah Shonan.

Sebagai negara penghasil anime terbaik, Jepang menciptakan salah satu anime yang legendaris yaitu Slam Dunk. Judulnya mengangkat salah satu teknik memainkan bola pada pertandingan bola basket.

Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah seri anime yang diproduksi oleh Toei Animation dan telah disiarkan di seluruh dunia. Hingga akhirnya mendapatkan popularitas yang tinggi khusunya di Jepang dan beberapa negara Asia Lainnya dan di Eropa.

Sinopsis Cerita Slam Dunk

Identik dengan olahraga, slam dunk basket yang legendaris membuat orang penasaran dengan anime tersebut. Seusai dengan ceritanya anime slam dunk bercerita tentang kisah cinta dan pertandingan bola basket.

Uniknya, Sakuragi Hanamichi sebagai pemeran utama cerita ini pada awalnya tidak tahu cara bermain basket. Namun untuk menarik perhatian Haruko Akagi, perempuan yang disukainya, Ia pun bergabung dengan tim bola basket di sekolahnya.

Haruko Akagi mengidolakan Rukawa yang merupakan seorang pemain bola basket terbaik di sekolah Shohoku. Hal ini menjadi alasaan terbesar Hanamichi menjadi pemain bola basket demi mendapatkan perhatian Haruko.

Ceritanya yang seru serta dibumbui dengan kisah cinta segitiga dengan karakter tokoh yang unuk memberikan kesan humor dan penasaran bagi para penggemarnya.

Walaupun slam dunk manga ini dimuat dengan latar belakang bola basket, namun tidak memberikan cerita monoton pada penonton dan membuat penggemarnya tidak merasa bosan dengan alur cerita yang hanya fokus pada pertandingan bola basket.

Tokoh Karakter Slam Dunk

Anime slam dunk sangat menarik karena diisi dengan karakter pada tokoh-tokoh pemainnya yang keren dan unik.

Kecerdasan Takehiko Inoue sebagai pengarang cerita anime ini, menghadirkan karakter unik dan berbeda pada masing-masing tokohnya membuat ceritanya  semakin menarik.

Berikut ini beberapa karakter tokoh yang diperankan pada anime ini, simak selengkapnya:

Hanami Sakuragi

Seperti yang telah dijelaskan pada sinopsis cerita diatas, Hanami merupakan tokoh utama dalam anime ini. Keterlibatan Hanami pada dunia basket disebabkan oleh obsesinya pada seorang teman wanitanya  yaitu Haruko.

Hanami yang pada awalnya tidak bisa bermain basket, tidak disangka menjadi salah satu pemain terbaik karena keuletannya dalam berlatih, Ia terkenal karena permainan reboundnya.

Haruko Akagi

Tokoh wanita berperan sebagai wanita yang diidolakan Sakuragi. Hanya sayang, cinta Sakuragi tidak pernah terbalas oleh Haruko. Haruko Akagi berperan sebagai adik Takenori Akagi, kapten dari bola basket SMA Shohoku. Pada perjalanan cerita manga ini diceritakan bahwa Haruko mengidolakan Rukawa. Padahal sebetulnya, Haruko merupakan alasan Sakuragi untuk terjun ke dunia basket.

Kaede Rukawa

Tokoh yang satu ini diciptakan menjadi pemanis cerita. Dengan demikian plot cerita Slam Dunk semakin menarik dan membuat penggemarnya seringkali merasa kesal dibuatnya. Pasalnya Rukawa berperan sebagai bintang bola basket SMA Shohoku. Rukawa pun pesaing berat Sakuragi untuk mendapatkan cinta Haruko.

Takenori Akagi

Kakak dari Haruko Akagi ini merupakan kapten bola basket SMA Shohoku. Takenori pun membantu pebasket pemula seperti Sakuragi untuk menjadi pemain bola basket profesional. Dengan disemangati oleh adiknya, akhirnya Takenori mau melatih Sakuragi. Berkat dilatih oleh Takenori, Sakuragi pun berhasil mengalahkan tim Akagi.

Ryota Miyagi

Tokoh lainnya dari anime Slam Dunk, yang dapat membuat alur cerita lebih menarik adalah Ryota Miyagi. Ryota Miyagi diceritakan sebagai sahabat dari Sakuragi. Keduanya memiliki kisah percintaan yang hampir sama, dimana Ryota mencintai teman wanitanya di SMA Shohoku bernama Ayako. Sayangnya cinta Ryota harus bertepuk sebelah tangan.

Hisashi Mitsui

Tokoh satu ini berada di shooting guard untuk tim bola basket shohoku. Diceritakan bahwa Hisashi Mitsui mengalami cedera lutut saat latihan bola basket. Pada akhirnya, Hisashi vakum dari tim bola basket Shohoku.

Sebelum memutuskan untuk vakum, Hisashi mengantarkan tim Shohoku pada kemenangan meskipun sedang menjalani pengobatan lututnya.Berawal dari cerita manga, kini dibuat dalam berbagai versi yaitu anime, serial TV, game sampai moviesnya.

Anime ini sudah mengantongi 4 movies selama debutnya, slam dunk movies menceritakan pertandingan dan keseruan keseruan yang tidak bisa didapatkan di serial di anime dan manganya.

Mengingat kepopulerannya, akhirnya anime ini turut mengenalkan tim bola basket Jepang ke luar negeri. Bahkan salah satu stasiun TV Taiwan, menayangkan anime ini untuk mengganti acara pertandingan bola basket.

Tag : #anime    #slam dunk    #hiburan    #basket    #olahraga    #pertandingan    #kisah cinta    #jepang   

Baca Juga