Apa Dampak Negatif Dari Gaya Hidup Boros (Dok: okezone.com)

Apa Dampak Negatif Dari Gaya Hidup Boros?

Rahma | Pendidikan | 27-06-2022

PARBOABOA - Terkadang membuat dan menjalankan perencanaan keuangan merupakan suatu tantangan bagi sebagian besar orang. Seringkali tanpa disadari, kita telah menerapkan gaya hidup boros.

Hal ini biasa terjadi karena orang tersebut tidak bisa menahan hasrat untuk berbelanja, sehingga banyak barang yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan, dan pada akhirnya menyebabkan pemborosan.

Biasanya dampak negatif dari gaya hidup boros, sering dialami oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan. Karena mereka cenderung memiliki gaya hidup konsumtif.

Banyaknya pelayanan yang menyediakan fasilitas berbelanja, apalagi dengan penawaran harga terjangkau, sering membuat banyak orang tidak berfikir panjang untuk membelinya.

Untuk itu, kalian harus tahu mengenai dampak negatif dari gaya hidup boros beserta cara mengatasinya. Karena memulai hidup hemat adalah salah satu cara, agar dapat menikmati masa depan yang sejahtera.

Contoh Gaya Hidup Boros

Terdapat banyak sekali contoh yang mungkin tidak disadari, tapi dapat menyebabkan dampak negatif dari gaya hidup boros.

Maka sebelum membahas apa dampak negatif dari gaya hidup boros, kita terlebih dahulu harus tahu mengenai contoh-contohnya. Berikut contoh gaya hidup boros yang harus kalian hindari!

1. Salah dalam menjalankan rencana keuangan

2. Boros listrik dan air

3. Boros bensin (suka berpergian dengan tujuan yang tidak penting)

4. Tergoda dengan barang diskon dan membeli barang yang tidak dibutuhkan

5. Kebiasaan jajan diluar secara berlebihan

6. Merokok

7. Hobi nongkrong dan beli kopi di cafe

8. Suka mencoba kuliner baru ditempat-tempat makan yang mahal, seperti restoran dan lain-lain

9. Sering melakukan perawatan yang tidak terlalu penting di salon, contohnya perawatan kuku

10. Membeli barang dengan harga murah tetapi tidak awet

Dampak Negatif Dari Gaya Hidup Boros

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa setiap kebiasaan pasti akan memberikan dampak bagi yang melakukannya, baik itu dampak baik (bermanfaat) atau dampak buruk (merugikan).

Maka perilaku boros pun juga akan memberikan dampak bagi individunya ataupun lingkungan sekitarnya.

Berikut ini kami akan sebutkan beberapa dampak negatif dari gaya hidup boros. Agar lebih paham, simak penjelasaannya dibawah ini ya!

1. Sulit Untuk Menabung

Apa dampak negatif dari gaya hidup boros yang paling terasa? Ya, gaya hidup boros sudah pasti dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk menabung.

Padahal menabung sangat bermanfaat untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik, yaitu karena terjaganya kestabilan kondisi keuangan.

Apalagi bila dilakukan secara konsisten dan dalam jangka waktu yang lama. Maka kamu dapat mengumpulkan uang dengan cepat, yang dapat digunakan untuk modal ataupun keperluan lainnya.

Selain itu, uang tabungan juga dapat digunakan pada saat-saat mendesak. Jadi kamu tidak perlu pusing untuk meminjam uang dengan orang lain.

2. Menyebabkan Hutang Menumpuk

Seperti yang kalian duga, apa dampak negatif dari gaya hidup boros kedua? Ya, boros akan menyebabkan orang tersebut memiliki banyak hutang.

Penyebabnya bisa dikarenakan adanya kebutuhan mendesak ataupun bisa juga karena orang tersebut tidak tahan dengan godaan berbelanja yang merupakan kebiasaanya.

3. Kehidupan Masa Tua Terancam

Setiap manusia tidak selamanya memiliki tenaga yang kuat untuk bekerja. Ada pula sebagian orang yang tidak mendapatkan tunjangan untuk hari tua dari pekerjaannya.

Oleh sebab itu, mulailah berpikir untuk menyiapkan dana untuk hari tua kelak. Agar masa tuamu dapat merasakan kenyamanan dan kebahagiaan dari hasil kerja keras yang telah dilakukan selama ini.

4. Kurang Bersyukur dan Selalu Merasa Kekurangan

Tak jarang orang yang memiliki penghasilan yang tergolong besar sering mengeluh. Ini merupakan salah satu apa dampak negatif dari gaya hidup boros yang jarang disadari.

Kurang bersyukur dan selalu merasa kekurangan biasanya akan dialami seseorang yang tidak pandai mengelola keuangan.

Gaya hidup boroslah yang menyebabkan mereka selalu merasa tidak cukup. Ini akan terus berlangsung walaupun ia mempunyai uang yang cukup banyak.

5. Kesulitan Untuk Membeli Properti di Masa Depan

Pada umunya setiap orang pasti memiliki niat untuk berumah tangga, sehingga secara otomatis timbulah keinginan untuk memiliki properti sendiri, seperti rumah maupun usaha.

Namun semua keinginan-keinginan ini hanya bisa menjadi mimpi saja, bila kamu tetap bertahan dengan gaya hidup boros.

6. Dapat Menimbulkan Stres

Apa dampak negatif dari gaya hidup boros juga berpengaruh terhadap kesehatan? Jawabannya adalah iya. Karena hidup boros dapat membuat orang tersebut mudah stres.

Menurut medis, orang yang sering stres akan lebih mudah terkena berbagai penyakit. Seperti depresi, sakit kepala, sulit tidur, stroke, dan penyakit jantung. Mengerikan bukan?

7. Menimbulkan Permasalahan dalam Keluarga

Dampak negatif dari gaya hidup boros dapat mempengaruhi lingkungan sekitar juga. Salah satunya adalah dapat menimbulkan permasalahan dalam keluarga.

Berbagai permasalahan dapat muncul dikarenakan adanya gaya hidup boros yang dilakukan oleh salah satu keluarga.

Salah satu contohnya adalah adanya teror yang dilakukan kreditur kepada kerabat dekat orang yang meminjam uang, baisanya ini terjadi karena keterlambatan cicilan.

Inilah yang pada akhirnya membuat suatu hubungan dan keluarga menjadi kurang harmonis, dan terkadang malah menimbulkan pertengkaran.

Nah seperti itulah contoh dan dampak negatif dari gaya hidup boros lengkap dengan penjelasaanya. Langkah awal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah hidup boros adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang matang.

Selanjutnya mencatat pengeluaran dan pemasukan secara rutin setiap bulannya, dapat membuat kamu lebih mengetahui kondisi keuangan pribadi.

Tag : #boros    #keuangan. pendidikan    #gaya hidup boros    #contoh    #menabung    #berbelanja   

Baca Juga