Bridal Shower (Dok: KoinWorks)

Apa Itu Bridal Shower? Ini Penjelasan Lengkapnya

Juni | Pendidikan | 30-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Tradisi bridal shower telah menjadi trend dan kian digemari generasi sekarang. Jelang hari pernikahan, para sahabat dari pihak mempelai perempuan biasanya akan memberikan kejutan berupa serangkaian acara pesta kecil-kecilan kepada calon mempelai perempuan.

Lalu sebenarnya apa itu bridal shower? Simak ulasan berikut ini

Apa Itu Bridal Shower?

Bridal shower adalah serangkaian pesta kecil-kecilan untuk calon pengantin perempuan dalam rangka merayakan lepasnya masa lajang sebelum hari pernikahannya tiba. Biasanya acara ini dihadiri oleh teman atau sahabat dekat calon mempelai wanita.

Tujuan dari acara ini selain untuk bersenang-senang, juga sebagai momen pemberian hadiah untuk calon pengantin perempuan sebelum ia memulai kehidupan barunya bersama suami.

Sejarah Bridal Shower

Pesta kecil sebelum pernikahan mempunyai sejarah yang lebih bemakna dibandingkan dengan hanya sekadar pesta merayakan akhir masa lajangnya. Menurut World Bride Magazine, apabila ditelusuri lebih lanjut, asal-usul perayaan ini berawal pada abad ke-16 di Belanda.

Pada saat itu, acara dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu calon mempelai perempuan yang tidak mempunyai mahar pernikahan karena kondisi finansial mereka yang terbatas atau karena orang tuanya tidak merestui pernikahannya.

Para sahabat dan orang-orang terdekatnya kemudian berinisiatif memberinya hadiah untuk memenuhi rumah barunya dengan perabotan dan perkakas-perkakas kecil.

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini berkembang di tengah-tengah masyarakat Eropa. Mereka mulai rutin mengadakan pesta kecil yang dihadiri oleh para sahabat dan calon mempelai perempuan beberapa waktu menjelang pernikahan. Dari Eropa, tradisi ini kemudian masuk ke Indonesia lewat film.

Adaptasi Bridal Shower di Indonesia

Di Indonesia sendiri, perayaan ini tak kalah ramainya dengan di Negara-negara lain. Bahkan bagi generasi milenial, selebrasi tersebut seolah menjadi bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Perayaan ini biasanya diadakan di hotel, restoran ataupun rumah mempelai perempuan.

Karena sebagai tradisi perayaan, maka tak heran bila sepanjang acara akan ada sesi pemberian kado, makan bersama, saling bertukar cerita, bahkan berlibur bersama ke sebuah tempat. Ada pula yang dengan sengaja mencoret-coret wajah calon mempelai perempuan lalu mengunggah fotonya di media sosial semata untuk bersenang-senang.

Tips untuk Mengadakan Bridal Shower

Tidak ada aturan baku untuk mengadakan acara ini karena bersifat santai, layaknya pesta lajang. Simak tips-tips berikut ini.

  • Tentukan siapa yang membuat acara

Tips pertama adalah menentukan siapa yang akan menjadi planner atau istilahnya pemimpin acara. Planner ini akan menjadi orang yang bertanggung jawab menyusun jalannya acara, merencanakan keuangan, menentukan tema bridal shower, dan dekorasi bridal shower. Anggota keluarga perempuan si calon pengantin seperti ibu, saudara perempuan, atau bibi juga diperkenankan untuk membantu merancang pesta.

  • Pemilihan tempat

Venue penyelenggaraan acara ini bisa bervariasi, seperti di restoran, di tempat berkonsep outdoor seperti taman, atau di lokasi yang lebih privat seperti di rumah. Pemilihan tempat biasanya disesuaikan dengan tema bridal shower. Pertimbangan lainnya dalam pemilihan lokasi ialah tempat tinggal si calon pengantin.

  • Pemilihan tema bridal shower

Ada banyak inspirasi tema pesta yang bisa diadaptasi. Memilih salah satu tema yang spesifik itu perlu untuk mengatur dekorasi bridal shower dan agar para tamu dapat menyesuaikan dengan dresscode yang akan mereka kenakan.

  • Menyusun rangkaian acara

Umumnya ada 3 aktivitas utama yang dilakukan saat acara. Pertama, diawali dengan menikmati makanan dan minuman bersama-sama. Selepas acara makan, lalu berlanjut dengan bermain games. Momen barmain games seperti inilah yang nantinya akan menghiasi kemeriahan pesta, menciptakan banyak canda tawa dan memori tak terlupakan. Setelah sesi permainan dirasa cukup, pengantin perempuan akan mulai membuka hadiah dari sahabat dan teman-teman dekatnya.

Bridal shower diharapkan dapat menjadi momen yang menyenangkan bagi calon pengantin wanita dan orang-orang terdekatnya. Persiapkan dengan matang ya dan pastikan dia memperoleh pengalaman tak terlupakan.

Tag : #bridal shower    #sejarah bridal shower    #pendidikan    #generasi milenial    #bridesmaid   

Baca Juga