Ilustrasi apa itu NFC pada HP

Apa Itu NFC dan Kegunaannya Pada HP?

Wanovy | Teknologi | 02-02-2022

PARBOABOA - Akhir-akhir ini kamu mungkin sering melihat produk smartphone yang dipasangkan dengan fitur bernama NFC.

Akan tetapi, teknologi ini bukan barang baru. Sejak beberapa tahun lalu, beberapa pabrikan telepon pintar sudah menyematkan teknologi NFC pada beberapa seri smartphone kelas menengah ke atas ataupun pada smartphone flagship.

Lantas, apa itu NFC dan apa saja kegunaan NFC di HP? Tenang, artikel kali ini kita akan membahas mengenai NFC dan apa saja kegunaan NFC di HP. Simak informasi ini sampai selesai ya!

Apa itu NFC?

NFC atau Near Field Communication merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat yang berdekatan untuk saling berkomunikasi tanpa kontak. Teknologi NFC disematkan pada smartphone, kartu pembayaran, maupun smartband.

NFC pada smartphone beberapa tahun lalu mungkin kurang booming, tapi sekarang ini NFC sudah semakin mendapat tempat lantaran perkembangan teknologi lainnya.

Misalnya, kartu e-toll yang menjadi wajib bagi para pengemudi yang ingin masuk toll membuat smartphone NFC menjadi laku. Smartphone NFC memungkinkan pemegang kartu e-toll untuk top up saldo dan memperbarui saldo di e-toll.

Sebagai informasi, HP Android pertama yang menyediakan fitur NFC adalah Samsung Nexus S yang dirilis pada tahun 2010. Seringkali, NFC sudah terinstal pada smartphone keluaran terbaru.

Dengan demikian, kamu bisa memindahkan data secara cepat dalam jarak dekat tanpa perlu menggunakan kabel ataupun Bluetooth. Semoga penjelasan di atas bisa memuaskan pertanyaan apa itu NFC ya!

Cara Kerja NFC

Sebelum membahas apa saja kegunaan NFC di HP, ada baiknya kamu perlu terlebih dahulu memahami bagaimana cara kerja NFC.

Dilihat dari cara kerjanya, NFC agak mirip dengan bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi.

Pada NFC, teknologi yang digunakan adalah Radio-frequency identification (RFID) jenis lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi. NFC bisa digunakan untuk menginduksi arus elektrik di komponen pasif untuk hanya mengirim data

Komponen pasif tersebut tidak harus memiliki daya, mereka bisa mengandalkan medan elektromagnetik yang diproduksi komponen aktif NFC ketika dua komponen saling didekatkan. Hal ini menjadi pembeda antara NFC dan bluetooth.

Teknologi NFC tidak bisa mengisi daya antar perangkat. Meski demikian, teknologi power sharing atau berbagai daya dengan menempelkan dua perangkat, menggunakan basis prinsip teknologi yang serupa dengan NFC.

Frekuensi yang bekerja saat mentransmisikan data melalui NFC sebesar 13,56 megahertz. Itu artinya, data bisa ditransfer dengan kecepatan mulai dari 106, 212, hingga 424 kilobit per detik. Tergolong cukup cepat dalam urusan transfer data antar perangkat.

Kegunaan NFC di HP

Setelah mengetagui apa itu NFC, kini saatnya kamu mengetahui apa saja kegunaan NFC di HP. Kegunaan NFC sendiri ada beragam. Yang paling terkenal di Indonesia adalah NFC dapat digunakan untuk menyimpan data kartu elektronik pembayaran. Ini biasa digunakan ketika kamu menggunakan fasilitas KRL dan lain sebagainya.

Namun NFC sendiri sebenarnya punya lebih banyak kegunaan. Berikut ini adalah kegunaan NFC di HP.

1. Transfer File

Secara umum, kegunaan NFC di HP adalah untuk menghubungkan dua perangkat secara dua arah serta menerima dan mengirim informasi. Koneksi tersebut tidak bergantung kepada jaringan Wi-Fi ataupun LTE.

Berbeda dengan Bluetooth yang harus melakukan pairing terlebih dahulu, NFC hanya tinggal tempel agar bisa tersambung. Praktisnya koneksi NFC tersebut dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti menghubungkan smartphone ke wireless router, headset, ataupun speaker yang sudah dilengkapi NFC.

2. Menghubungkan WiFi

Beberapa tempat, seperti hotel, menyediakan alat yang namanya WiFi porter. Alat ini membuatmu langsung dapat mengakses WiFi yang diperuntukkan untuk umum itu tanpa perlu mengisi kata sandi. Cukup dengan menempelkan smartphone ber-NFC, koneksi WiFi akan langsung tersambung.

3. Bagikan Kontak

Kegunaan NFC di HP yang berikutnya adalah memungkinkan kamu mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain, tanpa harus memasukkan detail secara manual.

Untuk melakukan ini, buka Kontak yang ingin kamu bagikan, lalu sentuh ponsel secara bersamaan dan pilih mengirim. Kontak yang kamu kirim akan disimpan ke Daftar Kontak di perangkat lain.

4. Mengecek Saldo e-Money

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, NFC kian populer di Indonesia berkat adanya kebijakan cashless untuk transaksi di gerbang jalan tol. Oleh sebab itu, setiap pengendara yang hendak mengakses jalan tol harus punya kartu e-money.

Sebagian besar ATM masa kini pun mendukung fungsi untuk mengecek dan mengisi saldo kartu e-money. Hanya saja, fungsi itu ternyata bisa dilakukan oleh HP dengan NFC. Kamu pun bisa mengecek dan mengisi saldo kartu e-money kapan saja dan di mana saja.

5. Melakukan Pembayaran

Berbelanja di pusat perbelanjaan memang paling enak kalau pakai kartu debit. Sehingga, kamu tidak perlu pusing-pusing antre ke ATM dan mengambil uang sesuai dengan dana yang kamu anggarkan untuk belanja. Hanya saja, akan lebih praktis lagi ketika kartu debit itu dihubungkan ke smartphone.

Kemudahan yang seperti ini tentu menjadi kenyataan berkat adanya NFC. Tinggal tempel smartphone pada NFC alat penerima pembayaran di mall, transaksi pun beres.

Beberapa produsen pun mewujudkan pembayaran via HP dengan aplikasi pendukung, seperti Samsung Pay dari Samsung dan Apple Pay buat ponsel iPhone. Adapun kedua aplikasi juga bisa tersambung ke akun dompet digital.

6. NFC Tag

NFC Tag merupakan sebuah tag atau stiker kecil yang mengandung chip NFC. Biasanya, tag ini berisikan alamat web ataupun tindakan tertentu di HP seperti menyalakan WiFi atau membuka aplikasi tertentu.

Kelebihan NFC Tag adalah kamu tidak perlu aplikasi tambahan seperti QR Code. Kamu cukup menempelkan HP-mu ke tag tersebut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

NFC Tag sendiri sudah dimanfaatkan untuk beberapa sektor, seperti pada toko-toko ataupun perusahaan untuk menunjukkan detail harga dan barang, dan juga menandai lokasi.

7. Bagikan Aplikasi

Kegunaan NFC di HP yang berikutnya adalah kamu bisa membagikan aplikasi dengan mudah. Kamu tidak dapat mengirim aplikasi secara langsung ke ponsel orang lain. Akan tetapi, ketika kamu membuka aplikasi dan menyentuhkan ponselmu bersamaan.

Kamu bisa mengarahkannya untuk membuka aplikasi Play Store sehingga mereka dapat mengunduh dan memasangnya sendiri. Jika ponsel lain sudah memiliki aplikasi yang di-install, kamu dapat membukanya dengan mengirimkannya dari ponselmu.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai apa itu NFC dan apa saja kegunaan NFC di HP yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Tag : #gadget    #android    #fitur    #nfc   

Baca Juga