Apa itu Studi Kasus? Pengertian, Jenis, Metode dan Contoh Lengkapnya

Penulis : Patrick | Pendidikan | 08-11-2022

Ilustrasi Studi Kasus (Foto: www.gramedia.com)

PARBOABOA - Studi kasus merupakan salah satu metode penelitian yang banyak digunakan oleh mahasiswa di tingkat sarjana (S1), Magister (S2), maupun Doktoral (S3).

Untuk kamu yang pernah menduduki bangku kuliah pasti tidak asing lagi dengan kata studi kasus. Meskipun demikian,  secara teori metode ini dianggap lemah karena objektivitas dan kekuatan penelitian dan ketepatannya tidak memadai.

Anehnya, fakta dilapangan membuktikan sebaliknya. Studi ini banyak menghasilkan pengetahuan baru dalam berbagai ilmu seperti sosial, psikologi, sejarah, ekonomi, politik, pendidikan dan lain sebagainya.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan studi tersebut, Parboaboa ingin mengajak teman-teman semua memahami lebih lanjut tentang apa itu studi kasus.

Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan pengertian, jenis, metode dan contoh-contohnya. Simak selengkapnya!

Baca juga: Jenis Metode Penelitian Untuk Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Tahu!

Pengertian Studi Kasus

Secara singkat, studi kasus adalah penelitian tentang suatu kasus yang setiap prosesnya dilakukan secara rinci, tajam, dan mendalam. Kasus bisa berupa individu, kelompok, organisasi, maupun lembaga.

Kasus yang diteliti biasanya harus hal yang sedang terjadi sekarang (aktual), bukan yang sudah terlewati dan harus benar-benar spesifik. Dengan kata lain, peneliti lebih disarankan untuk memilih satu kasus saja, baik yang sangat sederhana maupun yang kompleks.

Jenis Penelitian Studi Kasus

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si, dalam STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA (2017) menyebut lima jenis penelitian studi kasus, diantaranya:

1. Studi Kasus Kolektif (Collective Case Study)

Studi kasus kolektif merupakan jenis studi yang meneliti lebih dari satu kasus. Dengan catatan bahwa kasus-kasus tersebut harus saling berhubungan dan peneliti harus menguasai semuanya. Dengan begitu, peneliti dapat membandingkan satu kasus dengan kasus yang lainnya.

2. Studi Kasus Retrospektif (Retrospective Case Study)

Studi kasus retrospektif merupakan studi yang memungkinkan adanya perbaikan atau treatment pada kasus yang diteliti. Treatment ini harus diselesaikan oleh orang lain yang benar-benar kompeten di bidang tersebut, peneliti hanya menyumbang masukan dari hasil penelitiannya.

3. Studi Kasus Prospektif (Prospective Case Study)

Studi kasus prospektif umumnya digunakan agar peneliti bisa mengetahui arah perkembangan dari suatu kasus. Tindak lanjut dari studi kasus ini adalah Penelitian Tindakan atau Action Research yang dilakukan oleh orang lain yang sudah ahli.

4. Instrumental Case Study

Instrumental Case Study merupakan jenis penelitian yang mengharuskan peneliti memilih kasus dengan hati-hati. Maksudnya, peneliti yakin bahwa dia bisa mendapatkan pengetahuan yang mendalam dari kasus tersebut.

5. Studi Kasus Intrinsik (Intrinsic Case Study)

Dalam studi yang terakhir, studi kasus intrinsik, peneliti bisa memilih kasus berdasarkan pada minat pribadi atau ketertarikannya pada suatu persoalan. Misalnya, kenakalan remaja, cyber bullying, fenomena single parents, bahkan fenomena “Citayam Fashion Week”.

Baca juga: Memahami Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Sebuah Perusahaan

Contoh Penelitian Studi Kasus

Secara umum, penelitian studi kasus diterapkan pada ilmu sosial dan juga pengaturan pendidikan. Contoh dari penelitian dengan metode studi kasus ini sendiri kemudian sangat beragam. Adapun contoh-contoh studi kasus sederhananya antara lain:

  1. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan seorang anak yang dibesarkan oleh orangtua tunggal atau single parent.
  2. Penelitian yang dilakukan kepada anak yang mengalami isolasi atau diabaikan kehadirannya sampai anak tersebut menginjak usia 12 tahun.
  3. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui riwayat kesehatan seseorang sejak lahir sampai menginjak usia remaja, atau bisa juga dari usia remaja misalnya 12 tahun sampai memasuki usia dewasa di usia 35 tahun.
  4. Penelitian untuk mengetahui peningkatan atau perkembangan karir seseorang di suatu lingkungan kerja atau perusahaan.
  5. Penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efek dari kelas menulis yang diikuti oleh anak-anak dari kelas VI di sekolah X.
  6. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan atau keterampilan menggambar anak-anak kelas VI di sekolah X setelah mengikuti kelas menggambar secara intensif.
  7. Penelitian yang dilakukan di sebuah perusahaan untuk mengetahui apa saja inovasi yang sudah berhasil dilakukan dan rencananya akan dilakukan oleh perusahan tersebut.
  8. Penelitian yang dilakukan di suatu perusahan yang memproduksi sepatu sehingga peneliti bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan sepatu dan berbagai kendala yang dihadapi karyawan selama proses produksi berlangsung.
  9. Penelitian yang dilakukan di sebuah jalan raya atau suatu ruas jalan untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan di ruas jalan tersebut.
  10. Penelitian terhadap implementasi kebijakan pemerintah, sehingga bisa diketahui efek dari penerapan kebijakan tersebut apakah cenderung positif atau menguntungkan dan bisa juga cenderung sebaliknya atau merugikan.
  11. Penelitian di suatu perusahaan untuk mengetahui bagaimana perusahaan tersebut bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Masing-masing perusahaan yang bekerjasama memiliki satu tujuan, yakni terus berkembang dan menjadi perusahaan yang lebih baik lagi.
  12. Penelitian terhadap kebijakan terbaru dari pemerintah di bidang perekonomian, apakah mendorong peningkatan ekonomi masyarakat atau sebaliknya.
  13. Penelitian yang dilakukan di suatu sekolah untuk mengetahui seberapa besar perkembangan anak-anak ketika berkumpul dengan anak-anak berprestasi lainnya.
  14. Penelitian yang dilakukan untuk melihat perkembangan anak-anak yang sering atau dibiasakan membaca cerita dongen sebelum tidur.
  15. Penelitian yang dilakukan di suatu daerah untuk mengetahui bagaimana perkembangan kesehatan masyarakat pasca erupsi gunung di dekat daerah tersebut.

Editor : -

Tag : #studi kasus    #penelitian    #pendidikan    #perkuliahan    #pemecahan masalah    #metode penelitian   

Baca Juga