Perbedaan Hemat dan Pelit (Dok. Youtube/Lifepal)

Apakah Hemat dan Pelit itu Sama? Berikut Penjelasannya

Olivia | Pendidikan | 10-05-2022

PARBOABOA – Gaya hidup setiap individu pasti berbeda-beda, untuk beberapa orang menerapkan pola hidup hemat dan yang lainnya hidup dengan royal. Kedua pola tersebut jelas berbeda dari segi hal manapun.

Namun, untuk pola hidup hemat terkadang disamakan dengan seseorang yang pelit. Apakah hemat dan pelit itu sama? Jika berbeda, apa perbedaan antara hemat dan pelit? Jika kamu ingin tahu, yuk simak penjelasan berikut ini.

Hemat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Hemat adalah berhati-hati dalam membelanjakan uang, tidak boros, cermat dan sebagainya.

Sementara arti hemat menurut Rumah Belajar Kemendikbud adalah berhati-hati dalam membelanjakan uang, tidak boros, disesuaikan dengan pendapatan dan kemampuan.

Secara umum, hemat adalah suatu sikap dimana kita harus tahu batasan dalam penggunaan uang, jangan Lebih Besar pasak daripada Tiang yang memiliki arti lebih besar pengeluaran dibandingkan penghasilan.

Sejak dini, beberapa orang tua mengajarkan hidup berhemat kepada anaknya. Bahkan kerap menyampaikan sebuah pepatah yang bertemakan hemat, yakni Hemat Pangkal Kaya yang berarti semakin banyak menabung dan menyisikan uang maka kekayaan kita akan bertambah.

Namun untuk beberapa keadaan, pepatah tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika menerapkan pola hidup hemat. Karena dari sini akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan setiap orang.

Manfaat Hidup Hemat

Dengan melakukan pola hidup hemat, seseorang akan merasakan beberapa manfaat, seperti berikut ini.

1. Paham skala prioritas yang mengajarkanmu lebih mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Dengan ini akan membuatmu lebih berhati-hati lagi dalam mengolah keuangan.
2. Terbiasa hidup apa adanya dan kamu akan selalu merasa berkecukupan. Pola hidup seperti ini juga akan mencegah terjadinya stress berkepanjangan karena tidak merasakan beban hidup yang lebih berat.
3. Kehidupan akan lebih tenang dan bahagia karena tidak dikejar bayang-bayang kehidupan mewah namun tidak mampu.
4. Manfaat hidup hemat yang akan sangat berdampak bagi kehidupanmu adalah terhindar dari utang. Sekalipun kamu sedang membutuhkan biaya untuk hal yang penting, setidaknya sudah memiliki tabungan dari sikap hidup hemat. Hal ini akan meminimalkan masalah keuangan di masa depan.
5. Pola hidup hemat mengajarkan kita menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab, seperti saat mengambil keputusan.
6. Manfaat selanjutnya yakni kita tidak akan mudah tergoda. Hal ini sering dialami kaum wanita yang gampang tergoda dengan produk-produk diskon (potongan harga) yang diberikan salah satu pusat perbelanjaan. Dengan menerapkan hidup berhemat, semuanya akan lebih terkontrol.

Pelit

Sebelumnya dipertanyakan apakah hemat dan pelit itu sama dan jika berbeda, apa perbedaan dari keduanya. Dan setelah mengetahui apa itu hemat, coba pahami pengertian pelit berikut ini.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pelit adalah orang yang tidak suka memberi sedekah.
Dan secara umum, pelit adalah sikap dan sifat seseorang yang tidak mau membagi apapun yang ada padanya kepada orang disekitarnya. Orang pelit juga tidak suka membelanjakan uangnya demi kepentingan orang lain.

Kamu bisa menemukan orang pelit berdasarkan ciri-ciri berikut ini.

1. Orang pelit akan selalu menikmati kesendiriannya. Misalnya ketika sedang makan, seseorang yang memiliki sifat maupun sikap pelit akan cenderung pergi dan makan sendirian, sebisa mungkin tidak mengajak siapapun karena takut disuruh mentraktir.
2. Jika kamu menemukan seseorang yang menyimpan barang-barang dengan rapi, kemungkinan dia salah satu orang yang pelit. Pribadi yang seperti ini akan cenderung tidak mau berbagi barang pribadinya ke orang lain.
3. Orang yang pelit suka menabung secara berlebihan hingga lupa menyisihkan sedikit untuk jajan atau kesenangan pribadi.
4. Seseorang dikategorikan pelit tidak hanya di materi saja. Kebanyakan dari mereka akan pelit juga dengan ilmu, maksudnya tidak ingin membagi apa yang diketahui dengan orang lain yang membutuhkan. Orang seperti ini kerap menyimpan sendiri ilmu yang dimiliki.

Apa Perbedaan Antara Hemat dan Pelit?

Setelah memahami pengertian hemat dan pelit, kamu juga harus tahu bahwa keduanya tidak sama alias berbeda. Hemat dan pelit merupakan dua kata yang memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Seseorang yang hemat biasanya tahu kapan akan benar-benar mengelurakan uang untuk sesuatu hal penting.

Berbeda dengan pelit, sifat yang satu ini sebenarnya tahu kapan harus mempergunakan uang. Namun, seseorang yang pelit akan merasa berat hati untuk mempergunakan uangnya bahkan ilmunya.

Orang-orang yang pelit sering mengaku dirinya hemat, sementara sifat yang ditunjukkan jelas berbeda dengan kenyataannya.

Itulah informasi seputar perbedaan hemat dan pelit yang dari sekarang harus sudah bisa dipilah-pilah. Semoga kamu bukan orang yang pelit terutama di bidang ilmu, sama halnya seperti Parboaboa yang tidak pernah pelit berbagi informasi kepada semuanya.

Kamu juga bisa menemukan banyak informasi yang disediakan Parboaboa hanya untukmu, selamat membaca!

Tag : #Hemat    #pelit    #pendidikan    #Apa Perbedaan antara Hemat dan Pelit    #pepatah    #hidup hemat    #orang pelit    #KBBI   

Baca Juga