Apakah Kamu Tahu Kabupaten Terluas di Indonesia?

Penulis : Olivia | Nasional | 14-02-2022

Peta Indonesia (KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI)

Parboaboa, Pematangsiantar – Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah Provinsi. Satu Kabupaten akan dipimpin satu Kepala Daerah yaitu Bupati.

Apa beda Kabupaten dengan Kota?

Kabupaten dan Kota merupakan daerah otonomi yang mengatur pemerintahannya sendiri. Meski sama-sama daerah otonomi, Kabupaten dan Kota jelas berbeda.

Struktur pemerintahan di Kabupaten terdiri atas Kecamatan dan Desa. Sementara, Kota memiliki struktur pemerintahan yang terdiri atas Kecamatan dan Kelurahan.

Namun, apakah kamu tahu kabupaten terluas di indonesia?

Dikatakan Kabupaten Terluas bukan hanya karena kesejahteraa, ekonomi, ataupun pembangunan pada wilayah tersebut. Sebuah Kabupaten dikatakan Kabupaten terluas karena memiliki daerah-daerah yang membentang luas di wilayah tersebut.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki beberapa Kabupaten terluas didalamnya, 5 diantaranya yakni:

1. Kabupaten Merauke

Wilayah paling Timur Indonesia ini merupakan Kabupaten terluas, yang memiliki luas 45.000 Km. Dibandingkan dengan negara tetangga Singapura, Kabupaten Merauke memiliki 70 kali lebih luas daripada Singapura.

Wilayahnya yang luas, tak membuat biaya hidup di Merauke rendah. Untuk ruang lingkup seluruh daerah di Indonesia, Meraukelah yang memiliki biaya hidup yang paling mahal. Namun, untuk daerah Papua sendiri, Meraukelah yang memiliki biaya hidup paling murah.

Pusat pemerintahan Kabupaten Merauke berada di Merauke. Luas wilayah: 44.071,00 Km2, jumlah penduduk: 230.932 jiwa, jumlah Kecamatan: 20, jumlah Kelurahan/Kampung: 11/179.

2. Kabupaten Asmat

Kabupaten terluas berikutnya adalah Kabupaten Asmat, masih dari Provinsi Papua. Jika dijadikan Pulau, Kabupaten ini hanya akan terdiri dari 4 Kabupaten saja.

Kondisi tanah di Kabupaten Asmat, cenderung berlumpur, namun tingkat kesububurannya cukup tinggi. Pusat pemerintahan Kabupaten Asmat ada di Agats, dengan luas wilayah: 31.983 Km2, jumlah penduduk: 110.105 jiwa, jumlah Kecamatan: 19, jumlah Kampung: 221.

3. Kabupaten Ketapang

Kabupaten terluas yang berada diurutan ketiga adalah Kabupaten Ketapang, yang letaknya berada di Kalimantan Barat. Kabupaten yang satu ini memiliki luas yang melebihi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pusat pemerintahan Kabupaten Ketapang berada di Ketapang sendiri, dengan luas wilayah: 31.240 Km2, jumlah penduduk: 578.533 jiwa, jumlah Kecamatan: 20, dan jumlah Kelurahan/Desa: 9/253.

4. Kabupaten Kutai Timur

Kabupaten Kutai Timur masuk kedalam daftar Kabupaten terluas selanjutnya. Kabupaten Kutai Timur yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki luas yang sama dengan wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, ataupun Provinsi Lampung.

Pusat pemerintahan Kabupaten Kutai Timur adalah Sangatta, denga luas wilayah: 35.747,50 Km2, jumlah penduduk: 416.800 jiwa, jumlah Kecamatan: 18, serta jumlah Kelurahan/Desa: 2/139.

5. Kabupaten Malinau

Kabupaten terluas yang berada diurutan kelima yaitu Malinau. Kabupaten yang berada di Provinsi kalimantan Timur memiliki luas wilayah yang sama dengan Provinsi Sulawesi Selatan.

Pusat pemerintahan Kabupaten Malinau ada di Kota Malinaunya sendiri, dengan luas wilayah: 42.620,70 Km2, jumlah penduduk: 82.500 jiwa, jumlah Kecamatan/Desa: 15/109.

Nah teman-teman, itulah daftar Kabupaten terluas yang ada di Indonesia. Semoga menambah pengetahuan kamu tentang negara Indonesia ya.

Editor : -

Tag : #kabupaten    #kabupaten terluas    #provinsi    #luas wilayah    #jumlah penduduk    #nasional   

Baca Juga